Sukses

Cara Pilih Foundation untuk Kulit Gelap

Liputan6.com, Jakarta Foundation adalah salah satu perlengkapan makeup wajib punya bagi wanita. Namun, jika memilih warna foundation yang tidak tepat, wajah Anda bisa terlihat seperti topeng.

Kulit sawo matang dan gelap punya tantangan tersendiri saat memilih foundation agar warna terlihat lebih alami di kulit. Penting untuk mengetahui cara memilih foundation agar riasan Anda maksimal. Simak cara tersendiri agar foundation terlihat alami di kulit gelap, seperti yang dilansir dari Allure.com pada Rabu (17/8/2016) berikut ini.

1. Jangan lihat warna dari kemasannya

Warna yang ada pada kemasan seringkali beda dengan warna saat digunakan di kulit, seperti yang disampaikan oleh Ashunta Sheriff, perias wajah Taranji Henson, bintang serial TV Empire dan Alicia Keys. Anda benar-benar harus mencobanya langsung di kulit untuk menilai cocok atau tidak warna foundation tersebut di kulit Anda.

2. Siapkan kulit sebelum pakai foundation
Artinya kulit harus bersih dan menggunakan primer ataupun pelembap tanpa minyak, seperti yang disampaikan oleh Janice Kinjo sebagai penata rias Mary J. Blige. Kulit gelap cenderung berminyak, oleh karena itu menggunakan primer sangat penting supaya foundation tahan lebih lama dan tak cepat luntur oleh minyak di kulit. Jika kulit cenderung kering, gunakan pelembap sebelumnya karena saat mengering, kulit gelap cenderung berwarna abu-abu dan dan justru merusak warna dari foundation.

3. Hindari bahan zinc oxide
Bahan tabir surya ini sering dimasukkan dalam foundation dan pelembap, padahal zinc oxide bisa meninggalkan bekas putih keabu-abuan di kulit sawo matang-gelap.

4. Pilih warna satu tingkat lebih terang
Wanita biasanya disarankan untuk memilih foundation yang persis dengan warna kulit, namun untuk kulit gelap disarankan untuk memilih satu warna lebih terang. Mengapa? Saat udara bercampur dengan foundation, terjadilah proses oksidasi yang membuat warna foundation jadi lebih gelap, dan akhirnya membuat wajah tampak kusam.
Tapi, tiap merk memiliki jangka waktu oksidasi yang berbeda. Ada yang dalam waktu sejam sudah teroksidasi, adapula yang waktunya lebih lama. Jika Anda mengetahui bahwa merk foundation yang Anda pakai memiliki masa oksidasi yang lebih lama, maka Anda dapat memilih warna foundation yang persis dengan warna kulit Anda.

5. Campur warna
Mencampur dua atau lebih warna foundation sering digunakan saat pilihan warna foundation tak sebanyak sekarang. Jika Anda tak bisa menemukan warna foundation yang cocok untuk kulit, tak ada salahnya pakai cara klasik ini. Perhatikan bahwa foundation yang Anda campur tersebut punya tekstur yang sama, misalnya mencampur foundation yang matte dengan foundation matte lainnya.

(Ardi Suryaatmaja)