Sukses

Tak Disangka, Keenam Hal Ini Sebabkan Kulit Mengalami Penuaan

Jangan sampai lengah, keenam hal ini dapat sebabkan kulit mengalami penuaan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan kulit terlihat tua dan berkerut adalah mimpi buruk semua wanita. Maka dari itu, ubah cara Anda merawat kulit mulai sekarang. Selain lakukan perawatan teratur, hapus hal-hal sepele berikut yang menyebabkan kulit Anda jadi tampak lebih tua. Simak apa saja penyebabnya seperti yang dilansir majalah Health & Beauty, Sabtu (28/5/2016).

1. Membersihkan kulit secara berlebihan

Kulit yang terasa kesat dan ketat memang terasa bersih, namun itu juga artinya minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit dan menjaganya tetap kenyal sudah hilang

Untuk kulit kering / sangat kering cukup bersihkan kulit sekali sehari saja di waktu malam dengan susu pembersih , sedangkan untuk kulit kombinasi ataupun berminyak bisa dibersihkan pagi dan malam dengan pembersih lembut.

2. Menggunakan produk perawatan dengan gerakan dari atas ke bawah

Kulit secara alami akan makin mengendur, dan jika tiap hari ditarik dari atas ke bawah saat membersihkan dan melembapkan maka hal ini mempercepat pengenduran, bahkan mempercepat timbulnya kerutan, terutama sekitar mata.

Saat Anda membersihkan maupun melembapkan wajah ingatlah untuk melakukannya dengan gerakan ke atas, dari dagu ke arah dahi.

3. Tak menggunakan tabir surya

Tahukah Anda, walaupun Anda hanya terpapar matahari selama 5- 10 menit saja tanpa tabir surya itu sudah cukup untuk merusak sel-sel kulit ?

Akibatnya sebetulnya tak hanya rusaknya sel-sel kulit dan timbul penuaan berupa kulit kering, berkerut dan bernoda saja, tapi juga sangat berpotensi untuk mempertinggi resiko timbulnya kanker kulit!

4. Tak menjaga postur tubuh yang baik

Tanpa sadar Anda sering duduk membungkuk di kursi dengan dagu yang disangga telapak tangan. Postur tubuh yang buruk seperti itu tak hanya akan membuat punggung jadi bungkuk serta pegal di leher tapi juga membuat kulit seputar dagu jadi kendur dan berkerut.

Begitu halnya dengan menundukkan kepala saat membaca atau main HP. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama maka beban yang timbul di leher akan membebani juga kulit seputar dagu dan mengakibatkan kendur dan kerut.

5. Minum dengan sedotan

Hal yang sangat sepele ini ternyata jika sering dilakukan akan berakibat buruk pada kulit, karena saat Anda mengerucutkan bibir itu akan mengakibatkan timbulnya garis kerut di seputar bibir dan di sisi kanan-kiri bibir.

6. Tak berolahraga teratur

Berolahraga akan meningkatkan aliran darah ke kulit, mengakibatkan kulit terlihat dan terasa lebih sehat. Yayasan Jantung Amerika (American Heart Associates) menganjurkan minimum untuk melakukan kegiatan aerobik dengan intensitas sedang selama 30 menit, atau 25 menit untuk yang intensitas tinggi dan dilakukan setidaknya tiga kali seminggu. Semua jenis olahraga mulai dari yoga, spinning dengan sepeda statis, jogging, zumba, semuanya pasti memberi efek positif bagi kulit.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini