Sukses

Hadapi 7 Risiko Ini Bila Anda Tak Mengaplikasikan Pelembap Wajah

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tahu bahwa pelembap penting untuk permukaan kulit wajah. Namun, apakah Anda tahu mengapa? Selain jawaban untuk melembapkan wajah yang kering, ada beberapa efek penting yang perlu Anda ketahui dari sebuah pelembap.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Jumat (19/2/2016), berikut adalah beberapa risiko yang akan terjadi bila Anda tidak mengenakan pelembap wajah.

1. Menyebabkan lebih banyak keriput
Meninggalkan pelembap dalam rutinitas Anda sehari-hari dapat menyebabkan keriput yang lebih dalam di masa mendatang. Ketika lapisan kulit terluar mengalami gangguan, yang terlihat adalah wajah Anda terlihat kering. Namun, sebenarnya yang terjadi adalah peradangan kronis pada kulit Anda. Dr. Whitney Bowe, seorang dokter kulit memperingatkan bahwa rendahnya tingkat peradangan yang berkelanjutan dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan mempercepat penuaan.

2. Keriput Anda tampak lebih buruk
Ya, jarang menggunakan pelembap akan menyebabkan keriput yang sudah Anda miliki lebih terlihat. Dr. Whitney mengatakan bahwa kulit yang mengalami dehidrasi akan menunjukkan hal ini. "Ingin menyamarkan keriput? Tepuk-tepuk kulit Anda dengan pelembap yang mengandung asam hyaluronic," papar Dr. Whitney.

3. Dalam udara dingin, kulit Anda akan tampak kusam bersisik
Pada musim dingin, tingkat kelembapan menurun, mengakibatkan kulit Anda kering dan membentuk sisik yang membuat iritasi, kemerahan, dan pengelupasan pada wajah lebih mudah terjadi.

4. Memperburuk jerawat
Pelembap adalah teman terbaik bagi wajah Anda yang memiliki noda. Kulit wajah yang kering dapat membuat jerawat Anda lebih parah. Jika dengan memakai pelembap, Anda takut terasa terlalu berminyak, pilihlah pelembap yang sesuai dengan kebutuhan Anda, saperti pelembap bebas minyak dan pewangi.

2 dari 2 halaman

Kehilangan lapisan perlindungan

5. Kehilangan lapisan perlindungan
Banyak dari bahan perawatan kulit yang paling efektif cenderung menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Ketika Anda tidak menggunakan pelembap untuk menyeimbangkan hal ini, maka akan menyebabkan efek samping, seperti kulit merah dan mengelupas. Biasanya bila hal ini sudah terjadi, orang-orang akan berhenti menggunakan produk apapun yang sedang mereka gunakan saat itu, sehingga mereka hanya akan mendapatkan efek samping, bukan manfaat penuh dari produk tersebut.

6. Makeup Anda tidak akan terlihat sempurna
Anda selalu memiliki garis-garis halus di bawah mata Anda? Ketika Anda tidak menggunakan pelembap sebagai landasan riasan wajah Anda, produk makeup akan menetap pada daerah kering pada kulit dan bahkan meresap melalui garis-garis halus.

Dr. Whitney menyarankan untuk mendapatkan hasil terbaik, tunggu sekitar lima menit sebelum memakai foundation, sehingga pelembab yang Anda gunakan dapat benar-benar terserap. Cara lainnya adalah, Anda dapat menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik, agar warnanya bertahan lebih lama.

7. Kulit terasa gatal
Kulit kering tidak hanya dapat menyebapkan pengelupasan, namun juga rasa gatal. Semakin sering Anda menggaruk wajah Anda, semakin banyak bekas luka yang akan Anda dapatkan di sana. Apakah beberapa alasan ini belum cukup untuk membuat Anda rajin memakai pelembap wajah?

Loading