Sukses

Sambut Hari Batik Nasional, Pendopo Gelar Acara Seru

Berbagai desainer dan produk batik ternama akan dipamerkan dalam acara ini.

Liputan6.com, Jakarta Pendopo Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia merupakan unit usaha yang bertujuan memperkenalkan dan memasarkan hasil karya anak bangsa dengan cara melakukan kerjasama dengan banyak perajin tradisional. Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional 2 Oktober 2015, Pendopo Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia menggelar program National Batik Day Celebration with Pendopo.

Acara yang digelar selama dua minggu hingga 4 Oktober 2015 di Fashion Atrium Kota Kasablanka ini, akan memamerkan berbagai jenis batik, mulai dari teknik pembuatannya, simbol yang digunakan, hingga budaya yang melatarbelakangi guratan batik tersebut. Bahkan tak hanya batik lingkup keraton yang akan dipamerkan, namun juga mengedepankan batik daerah pesisir yang kaya warna dan motif.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/9/2015), Nana Puspa Dewi, Corporate Marketing Director Kawan Lama Group mengatakan, “Salah satu misi PENDOPO adalah mengedukasi masyarakat agar lebih memahami batik sebagai hasil karya perajin yang memiliki proses pembuatan secara tradisional, sehingga masyarakat dapat menghargai dan mencintai batik sebagai salah satu warisan bangsa yang telah diakui dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka PENDOPO secara konsisten hanya menjual batik tulis, cap, dan kombinasi untuk menjaga kelestarian budaya bangsa.”

Lebih jauh Nana menuturkan, National Batik Day Celebration with Pendopo menghadirkan beragam koleksi desainer batik dan kerajinan Indonesia. Untuk produk fashion, berbagai brand batik ternama turut meramaikan acara ini, seperti Danar hadi, Batik Semar, Batik Chic, Batik Farhan, Batik Fadly, Mahadevi, dan Alleira.

Tak hanya itu, berbagai perlengkapan bernuansa batik juga turut dihadirkan, seperti sepatu, beranekaragam tas, taplak meja, cover disepenser, selimut, hingga sarung bantal. Acara ini juga akan dilengkapi dengan serangkaian workhsop bertema Daur Ulang. Melalui workshop yang digelar pada 26 Sepetember 2015 tersebut, pengunjung akan diedukasi tentang tata cara membuat beragam kerajinan tangan cantik yang dibuat dari kain perca batik. Puncaknya pada 3 Oktober 2015, akan ada kegiatan mencanting bersama dengan puteri Indonesia, Anindya Kusuma Puteri. (Ibo/Bio)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.