Sukses

Pastikan Penyandang Disabilitas Bisa Salurkan Hak Suara, Gubernur Sulsel Kunjungi Berbagai TPS

Ada 16 penyandang disabilitas yang menggunakan hak suaranya di TPS 05, Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakukkan, Kota Makassar pada Rabu (14/2).

Liputan6.com, Jakarta - Memastikan penyandang disabilitas mendapat pelayanan terbaik saat menyalurkan hak suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin berkunjung ke berbagai tempat pemungutan suara (TPS).

Ada 16 penyandang disabilitas yang menggunakan hak suaranya di TPS 05, Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakukkan, Kota Makassar pada Rabu (14/2).

"Saya bersama Pangdam dengan Kapolda dan Ketua KPU dengan Kejaksaan dan Pak Walikota Makassar dan jajaran lainnya melakukan pemantau di TPS ini. Hasilnya TPS ini terdapat 261 pemilih dan 16 orang diantaranya disabilitas," kata Bahtiar Baharuddin, dilansir Antara.

Bahtiar hadir langsung meninjau proses pemilihan di TPS yang terletak di Sentra Wirajaya, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kemensos RI di Jalan AP Pettarani.

Kehadirannya menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan pemilu berjalan dengan lancar. Terdapat 261 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lokasi tersebut.

Selain di Makassar, Bahtiar juga melakukan pemantauan TPS di Kabupaten Maros, dimana terdapat penyandang disabilitas sebagai salah seorang peserta.

Dia memastikan warga termasuk penyandang disabilitas bisa menggunakan hak suaranya dengan baik dalam Pemilu 2024.

"Kami sudah lihat prosesnya, kami memastikan saudara kita yang disabilitas dipastikan terlayani, kita lihat seluruh proses dan persiapan dari kawan-kawan KPPS sangat baik," sebutnya.

Ia yakin tingkat partisipasi masyarakat akan tinggi dalam pemilu kali ini.

"Mudah-mudahan cuacanya cerah. Pantauan lancar, aman alhamdulillah dengan itu juga senang kita lihat TPS pakai baju adat dengan senyum penuh riang gembira,".jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini