Sukses

Sempat Tak Bisa Beraktivitas, Kakek Disabilitas Korban Pencurian Kursi Roda di Bekasi Dapat Bantuan

Usai video CCTV detik-detik pencurian viral di media sosial, sang kakek kini sudah mendapat bantuan kursi roda baru.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral di media sosial kasus pencurian kursi roda milik kakek disabilitas di Bekasi, Jawa Barat.

Pencurian terjadi di depan ruko Telaga Mas Duta Harapan Bekasi Utara, sekitar pukul 01:00 WIB pada Minggu 29 Oktober 2023.

Usai video CCTV detik-detik pencurian viral di media sosial, sang kakek kini sudah mendapat bantuan kursi roda baru dari Dinas Sosial setempat. Hal ini terlihat dalam unggahan Instagram @jabarquickresponse.

“Dinas Sosial setempat sudah turun tangan, dan memberikan bantuan kepada kakek tersebut,” menurut kanal resmi aduan kemanusiaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu pada Jumat (3/11/2023).

Dalam video singkat, kakek yang diketahui bernama Sutrisno menerima langsung bantuan kursi roda itu disaksikan masyarakat setempat.

Dalam keterangan video dijelaskan bahwa bantuan itu datang dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga relawan kemanusiaan.

Tak hanya kursi roda, bantuan yang terkumpul terbilang melebihi ekspektasi awal. Pasalnya, banyaknya pihak yang ikut berpartisipasi membantu lansia tersebut.

“Ditambah bantuan-bantuan dari banyak relawan kemanusiaan yang sudah berhasil mengumpulkan dana dari masyarakat, dan bahkan melebihi ekspektasi awal,” tulis @jabarquickresponse.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hambat Aktivitas Kakek Disabilitas

Kursi roda adalah satu-satunya alat yang membantu mobilisasi Sutrisno. Ia bahkan telah memodifikasi kursi roda itu agar sesuai dengan kebutuhan pribadinya.

Menurut warga setempat, setelah kursi roda itu hilang, aktivitas sehari-harinya otomatis terhambat.

Bahkan, ia sempat berjalan merangkak, setelah kursi roda modifikasinya dicuri oleh dua pria tak dikenal beberapa hari lalu.

Pria lansia itu diketahui sehari-hari mencari nafkah dengan meminta-minta dan tinggal sebatang kara.

3 dari 4 halaman

Polisi Buru Pelaku Pencurian Kursi Roda

Mendengar kejadian ini, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing menerangkan, kasus ini telah ditangani oleh Polsek Bekasi Utara.

"Anggota telah melakukan olah TKP dan mencari saksi-saksi serta bukti-bukti di sekitar lokasi. Kami sedang dalami," kata Erna dalam keterangannya, Kamis (2/10/2023) mengutip News Liputan6.com.

Sementara, Kapolsek Bekasi Utara Kompol Yuliati belum bersedia membeberkan secara gamblang kronologi pencurian. Dia menyampaikan, anggotanya saat ini sedang melakukan penyelidikan.

"Anggota sedang di TKP," katanya singkat.

4 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian Berdasarkan Video yang Viral

Dalam sebuah video CCTV yang viral di media sosial, terlihat Sutrisno tengah tidur lelap di emper toko.

Tanpa disadari sang kakek, pria berhelm putih perlahan menghampiri kursi roda yang diparkir tepat di depan tempat si kakek tidur. Pria itu menengok ke segala arah sambil jalan mondar-mandir untuk memastikan situasi aman.

Dia tak sendiri, ditemani oleh rekannya yang mengendarai sepeda motor dan bersiaga tak jauh darinya.

Setelah merasa situasi aman, pria berhelm putih yang tak dikenal langsung mendorong kursi roda itu menjauh dari Sutrisno.

Akibatnya, Sutrsino tak dapat mobilisasi. Seperti diketahui, bagi penyandang disabilitas, kursi roda dan alat bantu lainnya bukanlah sekadar alat, tapi sudah dianggap sebagai anggota tubuh. Dengan kata lain, kehilangan kursi roda bak kehilangan kaki. Terpaksa ia pun merangkak.

Video pencurian diunggah di akun Twitter @kegblgnunfaedh dan menarik perhatian lebih dari sejuta warganet.

Melihat kejadian ini, warganet pun meradang dan memberi berbagai komentar. Tak sedikit yang menyebut bahwa kedua maling itu keterlaluan karena mengambil kursi roda dari penyandang disabilitas yang bahkan tak punya tempat tinggal.

“Kalau yang dicuri punya orang kaya kemungkinan dia bisa beli lagi, kalau yang dicuri punya si kakek, Anda keterlaluan, tempat tinggal saja dia enggak punya,” tulis pengguna X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.