Sukses

5 Ras Anjing Penolong Terbaik untuk Penyandang Disabilitas

Anjing penolong tidak diadopsi sebagai hewan peliharaan tetapi ada untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan spesifiknya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian penyandang disabilitas mungkin membutuhkan bantuan anjing yang cerdas dan penyayang untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Tentu saja, anjing-anjing penting dengan pekerjaan yang sangat penting ini disebut sebagai “anjing penolong”.

Berdasarkan Undang-Undang Penyandang Disabilitas Amerika (ADA), anjing penolong dilatih secara khusus untuk melakukan tugas bagi penyandang disabilitas yang mungkin akan kesulitan menyelesaikan tugas tersebut. Artinya, anjing penolong tidak diadopsi sebagai hewan peliharaan tetapi ada untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan spesifiknya.

Meskipun ada anjing penolong berbeda yang dilatih untuk membantu penyandang disabilitas tertentu, mereka tetap terpisah dari anjing terapi dan anjing pendukung emosional.

Dan meskipun anjing pemandu bisa dari berbagai bentuk dan ukuran, mereka semua harus memiliki beberapa ciri yang sama — kecerdasan, ketenangan, dan keramahan — dan mereka harus bersedia dan mudah untuk dilatih.

Dilansir dari Dog Time, berikut lima ras anjing pelayan terbaik.

1. Anjing Labrador

Sebagai salah satu ras anjing yang paling populer untuk diadopsi — dan juga salah satu yang paling cerdas — tidak mengherankan jika Labrador Retriever menjadi anjing penolong yang sangat baik.

Awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing pemburu, anak-anak anjing ini sangat tanggap dan sabar, yang merupakan sifat bagus untuk anjing pelayan yang baik. Mereka juga cukup besar untuk dapat membantu membawa barang-barang sederhana ke mana-mana dan sangat membantu bagi mereka yang memiliki gangguan mobilitas.

Anak-anak anjing ini dapat dilatih untuk berbagai macam tugas, sehingga menjadikannya ideal untuk membantu penyandang disabilitas apa pun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. German Shepherds

Meskipun sebagian besar kita mengasosiasikan German Shepherds sebagai anjing penjaga atau polisi, mereka juga bisa menjadi anjing penolong yang hebat. Mereka cerdas, berperilaku baik, dan cukup mudah dilatih. Mereka juga merupakan ras berukuran besar dan sangat kuat, sehingga menjadikannya anjing yang bagus sebagai anjing penuntun bagi tunanetra.

German Shepherds memiliki keseimbangan yang baik dalam semua sifat yang dibutuhkan anjing penolong, yang menjadikannya tidak hanya sempurna sebagai penolong Anda tetapi juga sebagai hewan peliharaan biasa.

3. Anjing Golden Retriever

Karena ada kesamaan antara Labrador Retriever dan Golden Retriever, tidak mengherankan jika Golden Retriever juga ada dalam daftar ini. Anak-anak anjing ini sama cerdasnya dengan anak-anak anjing Labrador dan merupakan anjing yang sangat lembut.

Golden Retriever adalah pekerja keras yang suka menyenangkan manusianya. Mereka juga mampu menggigit dengan lembut, sehingga sangat cocok untuk mengambil barang bagi mereka yang memiliki gangguan mobilitas. Golden Retriever juga bisa menjadi anjing terapi dan pendukung emosional yang hebat. Golden Retriever bisa melakukan apa saja.

 

3 dari 4 halaman

4. Pudel Standar

Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi Poodle bisa menjadi anjing penolong yang hebat. Jangan biarkan potongan rambut mewah mereka membodohi Anda; anak anjing cantik ini sangat cerdas dan sangat mudah dilatih.

Mereka juga ramah dan memiliki indra penciuman yang tajam. Hal ini membuat Poodle mampu mendeteksi alergen makanan dan menyelamatkan penderita alergi yang mengancam jiwa.

Poodle standar adalah yang terbesar dari rasnya dan mampu membawa serta mengambil barang untuk penyandang disabilitas fisik.

 

4 dari 4 halaman

5. Anjing Pomeranian

Terkadang hal baik datang dalam paket kecil. Contohnya anjing Pomeranian. Anak-anak anjing kecil ini mungkin tidak tampak seperti anjing penolong yang ideal, tetapi kecerdasan dan antusiasme mereka menjadikan mereka penolong yang sangat baik.

Faktanya, mereka bagus sebagai anjing peringatan medis. Jika Anda menderita diabetes, ini berarti mereka dapat mendeteksi dan memperingatkan Anda jika gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Mereka juga dapat mendeteksi kondisi medis seperti serangan asma atau serangan jantung. Pom dapat menjadi anjing yang dapat mendengar dengan baik dan mengingatkan mereka yang Tuli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.