Sukses

6 Tips Masak dengan Aman untuk Penyandang Disabilitas Netra

Keterbatasan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas netra menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk masak.

Liputan6.com, Jakarta - Masak merupakan keterampilan dasar yang kini harus dimiliki semua orang, tak terkecuali penyandang disabilitas netra.

Namun, keterbatasan dalam melihat yang dimiliki oleh penyandang disabilitas netra tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Menyadari hal ini, seorang penyandang disabilitas netra asal Kanada, Tamara, membagikan tips masak dengan aman untuk para penyandang disabilitas netra sepertinya.

Mulai dengan Menyusun Peralatan Dapur

Tamara mengungkap, memasak tentunya dimulai dari penyusunan peralatan dapur dengan rapi.

“Organisasi atau penyusunan dapat membuat dampak yang jauh berbeda,” katanya di kanal YouTube pribadinya, Unsightly Opinons yang diunggah pada 7 Oktober 2021.

Lebih lanjut, menurut Tamara, hal ini mengingat kesulitan melihat membuat penyandang disabilitas netra kerap kesulitan juga dalam mencari dan mengambi peralatan dapur.

“Jika Anda mengatur di mana tempat berbagai perlatan dapur, akan lebih mudah untuk Anda mencarinya ketika alat tersebut dibutuhkan,” lanjut wanita yang juga seorang albino tersebut.

Hadapkan Pisau ke Arah Talenan

Lebih lanjut, Tamara menyarankan untuk selalu menghadapkan pisau atau benda tajam lainnya ke arah talenan untuk menghindari bahaya.

“Dengan begitu, jika Anda tak sengaja memegang pisau dari arah samping, Anda tidak akan menyentuh mata pisau,” ungkapnya seraya mencontohkan tangannya yang menyentuh pisau dari arah samping, tetapi tidak menyentuh mata pisau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Miliki Sarung Tangan Anti Pisau

Untuk perlindungan yang lebih maksimal, Tamara menyarankan penyandang disabilitas netra untuk memiliki sarung tangan anti-pisau.

“Ini benar-benar mengubah hidupku dalam memasak. Sebab, aku sempat terus-menerus cedera saat masak, baik karena pisau, alat pengupas, parutan, dan lainnya,” dia menjelaskan.

“Anda benar-benar bisa mencoba menggunakan pisau di atas tangan yang telah menggunakan sarung tangan anti pisau ini, dan Anda tidak akan pernah cedera,” tutur Amara.

3 dari 4 halaman

Gunakan Pisau yang Sangat Tajam

Tamara menyarankan untuk menggunakan pisau yang sangat tajam untuk memotong.

“Sebab, justru semakin besar pisau dan semakin tajam pisau, itu akan mencegah Anda terkena goresan,” tuturnya.

Sediakan Mangkuk di Bawah Sendok

Ketika ingin menuangkan sesuatu ke atas sendok, Tamara menganjurkan untuk menaruh mangkuk di bawah sendok sebagai wadah.

“Jadi, meskipun aku menuangkan air terlalu banyak, air itu akan jatuh ke mangkuk,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Ketahui Bagian Tengah Kompor Sebelum Menyalakan

Menyalakan kompor merupakan bagian yang tak boleh tertinggal dalam memasak. Di saat yang sama, jika gagal, hal ini paling mungkin untuk menimbulkan bahaya. Apalagi, untuk penyandang disabilitas netra.

Untuk itu, Tamara menegaskan untuk meraba bagian tengah kompor terlebih dahulu sebelum menyalakan.

“Yang harus Anda lakukan adalah mengecek dan merasakan bagian tengah kompor. Jadi, panci harus diletakkan di tengah terlebih dulu sebelum menyalakan kompor,” pungkas Tamara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.