Sukses

Prestasi Atlet Paratenis Meja David Jacobs Semasa Hidup, Raih 13 Medali Emas di Berbagai Kejuaraan Internasional

Dunia olahraga Indonesia tengah berduka lantaran kehilangan atlet disabilitas berprestasi David Jacobs.

Liputan6.com, Jakarta Dunia olahraga Indonesia tengah berduka lantaran kehilangan atlet disabilitas berprestasi David Jacobs.

Atlet paratenis meja ini mengembuskan napas terakhir pada Jumat, 28 April 2023 pukul 03.30 WIB di Rumah Sakit Husada.

Berita meninggalnya David Jacobs dibenarkan Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Indonesia atau NPC Indonesia Rima Ferdianto.

"Iya benar. Saya sedang dalam perjalanan menuju Jakarta (ke rumah duka)," ujar Rima mengutip Antara, Jumat (28/4/2023).

Di masa hidupnya, pria bernama lengkap Dian David Michael Jacobs itu dikenal sebagai atlet paratenis meja kebanggaan Indonesia. David bermain dalam nomor individu maupun ganda.

Sejauh ini, pria 45 tahun ini tercatat telah mengoleksi 13 medali emas, empat medali perak, dan empat medali perunggu. Perolehan ini tentunya mengharumkan nama Indonesia.

Melansir berbagai sumber, medali-medali itu diraih David dalam berbagai kejuaraan dunia seperti Paralympic, Kejuaraan Dunia, Asian Para Games 2014 dan 2018, Kejuaraan Asia pada 2015 dan 2019, dan ASEAN Para Games.

Dedikasinya sebagai atlet bahkan ditunjukkan hingga akhir masa hidupnya. Sebelum meninggal, David dikabarkan tengah mengurus surat-surat untuk ikut turnamen. Hal ini disampaikan Sekjen Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) DKI Jakarta, Arifin Thahir.

Menurut Arifin, atlet paratenis meja David Jacobs tengah berada di Jakarta mengurus surat-surat untuk mengikuti turnamen para tenis meja di Slovenia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Tak Sadarkan Diri di Pinggir Jalur Kereta Api

Sehari sebelum dinyatakan meninggal, David Jacobs sempat ditemukan tak sadarkan diri di pinggir jalur kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, membenarkan penemuan atlet paratenis meja Indonesia David Jacobs yang tergeletak tak sadarkan diri di pinggir jalur rel kereta antara Gambir dan Juanda kilometer (KM) 4+700 pada Kamis, 27 April 2023. Saat itu, David ditemukan oleh petugas pengamanan stasiun.

"Betul petugas pengamanan stasiun mengamankan jalur KA antara Gambir - Juanda KM 4+700 pada Kamis 27 April 2023 karena ditemukannya seseorang yang tergeletak di pinggir jalur rel pada lokasi tersebut pukul 21.22 WIB," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4/2023).

3 dari 4 halaman

Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Eva mengonfirmasi, identitas pria yang tergeletak di pinggir jalur kereta api memang David Jacobs. Petugas pun melarikan David ke rumah sakit.

"Petugas langsung melakukan evakuasi untuk pertolongan lanjut dengan membawa ke RS Husada, Jakarta Pusat menggunakan ambulans stasiun," tambah Eva.

Eva menyampaikan, pihaknya memperoleh informasi dari rumah sakit (RS) bahwa Dian David Michael Jacobs itu meninggal dunia pada Jumat (28/4/2023) sekitar pukul 03.30 WIB.

Pihak Eva tidak mengetahui lebih lanjut perihal penyebab David tidak sadarkan diri di jalur rel kereta.

"Belum diketahui penyebab keberadaannya di jalur rel, saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan," kata dia mengutip News Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

4 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir

Ucapan belasungkawa ramai di media sosial, termasuk dari akun Instagram resmi NPC Jakarta yang mana David Jacobs adalah ketuanya.

“Selamat jalan pahlawan olahraga Indonesia. Duka kami yang begitu mendalam atas kepergian olahragawan paratenis meja Dian David Michael Jacobs,” mengutip unggahan Instagram @npcindonesia.

Bagi NPC, David adalah seorang olahragawan, senior, sahabat, teman, panutan yang sangat baik di lapangan maupun di luar lapangan. David pun meninggalkan segudang prestasi untuk Indonesia.

“Selamat jalan, semoga tenang di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Kami akan meneruskan perjuangan ini untuk Indonesia,” tulis NPC.

Sehari sebelum meninggal, David Jacobs melalui akun Instagram resminya @davidjacobs_tabletenis77 masih mengunggah foto di Instagram Story. Dia juga membagikan kolase foto kebersamaan bersama dengan keluarga.

Unggahan tersebut pun dibanjiri ucapan duka dari para pengikutnya di Instagram.

“Turut berduka cita om, terima kasih sudah memberi warna tenis meja Indonesia,” ujar seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.