Sukses

Gandeng Yayasan Thisable, Dukcapil Bakal Sinkronkan Data Disabilitas

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan sinkronkan data penyandang Disabilitas dengan semua pihak berkompeten termasuk dengan yayasan Thisable dan panti-panti yang melakukan pendataan Disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan sinkronkan data penyandang disabilitas dengan semua pihak berkompeten termasuk dengan yayasan Thisable dan panti-panti yang melakukan pendataan Disabilitas.

Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri David Yama mengungkapkan, pihaknya akan mengukuhkan kerja sama data disabilitas bersama Yayasan Thisable.

Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan Yayasan Thisable dijadwalkan berlangsung 10 April 2023 mendatang. 

"Jadi kami minta teman-teman di yayasan untuk membantu Dukcapil membuka data disable mereka," kata David, dikutip laman resmi Dukcapil Kemendagri, Jumat (7/4/2023).

David menjelaskan, ini adalah tindak lanjut dari gerakan bersama pencanangan pendataan disabilitas antara Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan Kantor Staf Khusus Presiden RI bidang Sosial yang dimulai sejak 14 Maret 2022 lalu. Kerjasama Dukcapil-Yayasan Thisable nanti akan meliputi pendataan, perekaman, penerbitan dan pemutakhiran data kependudukan bagi penyandang disabilitas. 

Dalam kerjasama Dukcapil-Yayasan Thisable ini, data milik Thisable akan diserahkan kepada Dukcapil untuk kemudian disinkronkan dengan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

"Begitu datanya ada, langsung kita input ke SIAK. Kita sesuaikan, kita padu-padankan, bener gak datanya, yang belum ada di SiAK akan kita munculkan" ujar David.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerahasiaan Data Terjamin

Dalam rapat David mengungkapkan, kerahasiaan data disable yang dimiliki Yayasan Thisable harus terjamin. Ia menegaskan bahwa data kaum disable termasuk data rahasia yang tidak boleh terekspos.

David menegaskan, kerjasama antara Dukcapil Kemendagri dengan berbagai instansi, lembaga dan juga organisasi masyarakat seperti ini penting dilakukan untuk memastikan validasi data penduduk.

 

3 dari 3 halaman

Data Akurat by Name by Adress

Dengan kerjasama pemutakhiran data seperti ini, maka data yang dimiliki mitra Dukcapil diharap semakin akurat karena data yang sudah dipadu-padankan dengan data Dukcapil akan valid by name by adress. 

"Pentingnya data yang bersumber dari Dukcapil Kemendagri. Supaya akurat, by name by adress," Tegas David. 

Rencananya, PKS Dukcapil Kemendagri-Yayasan Thisable akan ditandatangani oleh Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi dan Angkie Yudistia serta turut diundang sejumlah yayasan disabilitas lainnya.

Sebagai informasi, Yayasan Thisable adalah yayasan yang fokus di bidang sosial utamanya terkait kaum disabilitas. Yayasan ini digawangi oleh Staf Khusus Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.