Sukses

6 Tips yang Mempermudah Traveler Kursi Roda di Setiap Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Sejak diterbitkannya undang-undang perlindungan dan hak penyandang disabilitas, seperti American Disability Act (ADA), semakin hari dunia terus berusaha mempermudah untuk diakses para penyandang disabilitas.

Terutama destinasi wisata, mereka menambahkan potongan trotoar yang lebih mulus, atraksi ramah kursi roda, dan transportasi yang mudah diakses untuk menyambut wisatawan dari semua kemampuan dengan lebih baik.

Namun, terlepas dari adaptasi sosial ini, pengguna kursi roda dihadapkan pada masalah lain: Bagaimana kita mencapai ke sana tanpa kursi roda kita rusak selama penerbangan? Karena berdasarkan laporan, maskapai penerbangan merusak rata-rata 29 kursi roda per hari.

Jika Itu masalah Anda, cobalah lakukan 6 tips berikut ini, yang dilansir dari CNTraveler.

1. Hubungi Maskapai Penerbangan

Segera setelah Anda memesan penerbangan, hubungi maskapai penerbangan secara langsung. Ingatkan mereka saat Anda terbang, berikan nomor konfirmasi Anda, dan jelaskan bahwa Anda akan membawa kursi roda Anda.

Beri tahu mereka detail kursi Anda (tinggi, berat, panjang, dan lebar) untuk meminimalkan masalah saat Anda tiba di bandara.

Jika Anda memiliki kursi roda bertenaga, Anda harus memberi tahu mereka apakah baterai Anda basah, kering, atau sel gel. (Jika Anda tidak yakin jenis baterai apa yang Anda miliki, hubungi pemasok kursi roda Anda untuk mengetahuinya).

Beri tahu maskapai tentang kebutuhan pribadi juga, seperti jika Anda memerlukan kursi lorong untuk naik ke pesawat, atau jika Anda memerlukan asisten untuk membantu memindahkan Anda ke kursi pesawat.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Simpan Bagian Kursi Roda yang Dapat Dilepas

Setelah Anda berada di pintu pesawat dan siap untuk naik, lepaskan semua bagian kursi roda Anda yang tidak ingin dirusak oleh maskapai atau awak darat. Selalu lepas sandaran kepala dan penyangga lutut, serta beberapa kursi roda juga memiliki joystick yang dapat dicabut dan dilepas.

Selalu bawa tas jinjing untuk menyimpan bagian-bagian ini, dan bawalah bantal sendiri ke pesawat dan meletakkannya di kursi Anda. Bagasi di atas kursi Anda adalah tempat yang tepat untuk meletakkan suku cadang Anda, sehingga aman selama perjalanan, pramugari selalu dengan senang hati membantu. Melepas suku cadang sebelum naik pesawat memungkinkan Anda merasa paling nyaman selama penerbangan dan tidak terlalu stres tentang apa yang mungkin rusak.

3. Kemas Barang di Tas Ransel dengan Cepat

Setelah terbang berkali-kali, ada beberapa item yang saya tidak akan lagi terbang tanpanya. 

Ikatan ritsleting dan selotip berguna untuk perbaikan cepat jika kursi roda Anda sedikit rusak selama penerbangan. Anda mungkin perlu mengemas bubble wrap, selotip, dan kantong plastik sehingga Anda bisa menutup joystick (karena mungkin milik Anda tidak mudah dilepas) dengan membungkusnya dengan bubble wrap, meletakkan kantong plastik di atasnya jika hujan turun pada saat kedatangan, dan kemudian membungkus selotip di sekitar tas untuk menahannya di tempatnya.

Beberapa strip velcro dengan panjang yang berbeda juga bisa berguna jika kursi lorong tidak memiliki cukup tali untuk membantu Anda merasa aman atau jika "harness" tambahan diperlukan selama perjalanan Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Rencanakan Kebutuhan Kamar Kecil Anda

 

Sebagai pengguna kursi roda, dapat mengakses kamar kecil saat terbang bisa jadi lebih dari sekadar tantangan. Toilet di pesawat sangat kecil, dan jika Anda perlu pindah ke toilet, tidak ada banyak ruang untuk bermanuver di dalam ruangan.

Lebih buruk dari itu, jika Anda tidak dapat mentransfer diri sendiri dan membutuhkan bantuan total, ruang untuk orang tambahan tidak ada. Sampai saatnya tiba ketika pesawat dapat diakses sepenuhnya, hanya ada beberapa opsi bagi kami pengguna kursi roda yang dapat membantu.

Anda mungkin memilih untuk mulai mengosongkan perut sehari sebelum penerbangan. Meskipun ini tidak ideal untuk kesehatan, ini bekerja untuk beberapa orang.

Juga kurangi asupan makan makanan ringan sehari sebelum terbang. Anda bisa makan hal-hal seperti dada ayam panggang, keju, dan kerupuk. Mungkin semakin sedikit Anda makan sehari sebelumnya, semakin baik bagi Anda, ini adalah pilihan makanan "aman" Anda.

Anda tentu tidak ingin makan makanan yang berat dan berminyak sehari sebelum atau pada hari penerbangan karena itu dapat mengganggu perut.

Pakai celana untuk bepergian hanya dalam keadaan darurat. Pilihan lain yang mungkin cocok untuk Anda adalah kateter kondom untuk pria atau kendi urinoir, sambil ditutup dengan selimut di tempat duduk Anda. Meskipun tidak satu pun dari opsi ini yang ideal, tidak dapat diaksesnya toilet maskapai membuat pengguna kursi roda tidak memiliki pilihan lain. Penting untuk merencanakan ke depan.

 

4 dari 4 halaman

6. Laporkan Setiap Kerusakan Kursi Sebelum Meninggalkan Bandara

Saat Anda mencapai tujuan dan kursi roda Anda dikembalikan kepada Anda, selalu periksa untuk melihat apakah ada kerusakan selama penerbangan. Jika ada masalah, segera beri tahu staf bandara. Setelah mereka membuat laporan di pintu gerbang, terus turun ke area pengambilan bagasi dan meminta Complaint Resolution Official (CRO).

Dengan CRO laporan kerusakan akan diajukan, dan Anda akan menerima nomor referensi untuk klaim Anda. Meskipun maskapai mungkin menawarkan untuk memperbaiki kerusakan Anda, perhatikan: kerusakan tersebut mungkin tidak selesai secepat yang Anda butuhkan.

Jika terbang di AS, Anda harus online untuk mengajukan laporan ke Department of Transportation.

Di situs web ini, pilih saja “mengajukan keluhan konsumen” dan mengisinya. Semua orang berharap untuk menghindari kerusakan, tetapi jika itu terjadi, penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki kursi Anda secepat mungkin.

Meskipun tantangan sebagai pengguna kursi roda selalu bisa muncul dalam berbagai bentuk ataupun situasi, bersiap dan mengetahui hak-hak Anda dapat mengurangi stres, serta Anda dapat menjadi pendukung terbaik untuk apa yang Anda inginkan dan butuhkan dari pengalaman terbang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.