Sukses

Anak Muda Singapura Berlomba-Lomba Ciptakan Teknologi untuk Bantu Penyandang Disabilitas

Para mahasiswa Singapura berlomba-lomba untuk menghasilkan solusi teknologi yang membantu penyandang disabilitas bisa lebih mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Para mahasiswa berlomba-lomba untuk menghasilkan solusi teknologi yang membantu penyandang disabilitas bisa lebih mandiri.

Kompetisi yang diadakan Sabtu Lalu itu merupakan acara tahunan di Perpustakaan Nasional Singapura. Ini merupakan tahun keempat Tech 4 Good dari organisasi nirlaba Engineering Good memamerkan beberapa penemuan pemenang dari 30 siswa berusia antara 15 dan 25 tahun.

Salah satu pemenang, mahasiswa Politeknik Singapura Gerald Tan, Faith De Vera dan Cody Tan, memamerkan prototipe tempat jarum suntik cetak 3D hasil rancangan mereka, dikutip Straitstimes.

Penemuan teknologi ini tersedia gratis di GitHub, platform hosting pengembangan perangkat lunak online memungkinkan lebih banyak desainer membangun ide untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Adapun tiga sorotan dari daftar pemenang diantaranya sebagai berikut:

1. Jarum suntik yang terinspirasi braille

"Membagikan obat dalam jumlah yang tepat sering kali jadi "tebak-tebakan" yang rumit bagi penyandang disabilitas visual yang mungkin kesulitan melihat tulisan berukuran kecil yang tercetak pada jarum suntik," kata mahasiswa applied artificial intelligence and analytics, Cody Tan, 20 tahun.

Selama penelitiannya, ia berbicara dengan seorang senior dengan daya penglihatan rendah yang mengatakan bahwa ia sering berjuang untuk memberikan obat kepada anjing pemandunya.

Tan mengatakan, "Ia hanya harus menebak, tapi kadang-kadang ia agak takut. Ini menjadi perhatian karena pengukuran ini bisa sangat penting."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Jarum Suntik Cetak 3D

Tim pemenang, Tan dari Singapore Polytechnic merancang tempat jarum suntik cetak 3D dengan garis timbul tebal yang menunjukkan pengukuran hingga mililiter bagi penyandang disabilitas visual untuk membaca dengan jari mereka saat mereka mengambil cairan.

Dipasang pada jarum suntik standar, pemegang memandu pengguna untuk menarik jumlah cairan yang tepat melalui sentuhan, merasakan garis tebal yang bekerja seperti Braille, sistem penulisan taktil.

Produk yang memenangkan Penghargaan Paling Berdampak ini juga dapat bermanfaat bagi mereka yang mungkin perlu mengambil cairan di tempat gelap atau sudut sempit di mana pandangan mereka terhadap jarum suntik tidak terlihat, kata Tan.

Anggota tim Faith De Vera, 20 tahun, mengatakan tim berharap untuk menyempurnakan produk dan mengembangkan ukuran baru, diantaranya seukuran pena insulin atau jarum suntik lain yang biasa digunakan.

"Kode untuk produk kami adalah open source. Orang lain dapat menggunakan kode dan mendesain produk dengan lebih baik. Itu akan menjadi misi yang tercapai bagi kami," katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

2. Lengan Kamera Robot

Orang dengan distrofi otot--penyakit yang menyebabkan hilangnya massa otot, seringkali membutuhkan bantuan untuk menopang perangkat seluler mereka untuk panggilan video atau untuk mengambil gambar.

Mengambil foto dapat menjadi tantangan bagi orang-orang ini karena mereka perlu mengangkat ponsel untuk waktu yang relatif lama, kata Alencia Tan, 22 tahun, yang kelompoknya dari Institut Teknologi Singapura memenangkan Penghargaan Advokat Terbaik Sabtu lalu.

"Beberapa dari mereka sangat tertarik dengan fotografi tetapi harus mendapatkan pembantu untuk membantu mereka setelah beberapa saat," kata Tan, seorang mahasiswa desain mekanik dan teknik manufaktur.

"Ini adalah proses yang rumit bagi mereka dan kami ingin membantu orang-orang ini untuk mengambil gambar secara mandiri."

Lengan robot yang dirancang oleh tim membantu orang dengan distrofi otot mengambil foto sendiri.

Lengan dapat dipasang ke kursi roda untuk memegang perangkat seluler pengguna, dan dipasangkan dengan aplikasi yang dapat secara otomatis memusatkan gambar yang diambil.

Teknologi pelacakan mata menggunakan kamera ponsel memungkinkan pengguna aplikasi untuk menginstruksikan lengan robot untuk mengambil foto dengan berkedip, tanpa mengharuskan pengguna menyentuh ponsel.

 

4 dari 4 halaman

3. Filter Pesan Spam

Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh tim siswa kelas 3 Sekolah Menengah dari School of Science and Technology, Singapura, bertujuan untuk menyaring bahasa kotor dan pesan spam untuk membantu orang-orang dengan kesulitan intelektual berkomunikasi dengan cara yang lebih dapat diterima secara sosial.

Aplikasi, yang disebut Friendly, menangguhkan sementara pengguna mengirim teks ketika mendeteksi pesan spam.

Mengirim spam ke obrolan grup adalah reaksi umum di antara orang-orang dengan disabilitas intelektual, terutama ketika mereka tidak segera mendapatkan balasan, menurut pekerja sosial yang diwawancarai tim, kata anggota tim Kiran Lim, 15 tahun.

Ia mengatakan filter dimaksudkan "untuk mendorong keterampilan sosial yang baik dan menciptakan ruang yang aman untuk belajar", dan batas waktu dapat membantu mengajar pengguna untuk memiliki kesabaran dan "menahan dorongan untuk spam, mengingatkan mereka bahwa spam tidak meningkatkan kemampuan mereka untuk menjangkau orang lain".

Filter berjalan di latar belakang dan memberikan petunjuk komunikasi sosial yang ramah kepada pengguna saat mendeteksi pesan yang tidak masuk akal atau berulang yang dapat menyinggung penerima.

Pengguna diminta untuk mengakui pengingat untuk berkomunikasi dengan baik sebelum pembatasan dicabut.

Pernyataan masalah yang ditangani proyek tim tersebut disampaikan oleh the Movement for the Intellectually Disabled of Singapore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.