Sukses

Meriahkan HUT RI, Pemkab Tangerang Adakan Lomba Boccia untuk Anak Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI (HUT ke-77 RI), Kabupaten Tangerang melaksanakan perlombaan Boccia National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI). Perlombaan cabang olahraga Boccia ini digelar di Lapangan Tenis Puspemkab Tangerang pada Selasa (16/8).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, gelaran ini dikhususkan untuk para disabilitas yang memiliki semangat mengikuti perlombaan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan.

Menurutnya, dalam perlombaan ini banyak sekali manfaat positif yang didaptkan. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas jasmani dan rohani peserta.

“Ini meningkatkan kualitas jasmani dan rohani para atlet. Dengan mengucapkan Bismillah lomba olahraga Boccia National Paralympic Of Indonesia Kabupaten Tangerang secara resmi dibuka,” katanya, dikutip dari laman tangerangkab, Rabu (17/8/2022).

Adapun, Boccia merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) yang dilombakan dalam ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah. Boccia ini merupakan olahraga yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas cerebral palsy atau gangguan koordinasi tubuh.

“Walaupun mereka dalam keterbatasan, mereka harus terus semangat dan tentunya berprestasi di bidangnya,” tandas Maesyal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Main Boccia

Cabang olahraga boccia dimainkan dengan bola-bola khusus hampir seukuran bola tenis yang beratnya 275 gram.

Jumlah bola dalam permainan tersebut adalah 6 bola biru, 6 bola merah, dan ada pula satu bola putih.

“Jadi nanti bola putih dilempar, kalau kita pakai bola biru berarti lawan pakai bola merah. Kita bermain dengan melemparkan bola yang harus mendekati bola putih.”

3 dari 4 halaman

Bisa Beregu atau Single

Permainan boccia dapat dimainkan secara beregu atau single, lanjut Vino. Namun, kebetulan ia dipilih sebagai pemain single di Peparnas kali ini.

“Jadi boccia itu ada dua, ada single ada beregu, kebetulan saya dapat yang single.”

Selain bisa single atau beregu, boccia juga memiliki kelas-kelas tersendiri tergantung tingkat disabilitas atletnya.

“Boccia ini ada kelas-kelasnya, 1 sampai 5, tapi yang dipertandingkan di Peparnas ini cuma sampai 4. Kelas 1 itu disabilitasnya paling berat, jadi melempar bolanya bukan pakai tangan lagi tapi pakai mulut.”

 

4 dari 4 halaman

Apa itu Boccia?

Boccia adalah olahraga bola target. Bisa dilakukan antar individu, berpasangan, atau tim yang terdiri dari tiga orang. Setiap tim memainkan bola dengan warna berbeda.

Bola digelindingkan dari posisi duduk yang ideal untuk pengguna kursi roda. Pemain mendorong bola untuk mendarat di dekat bola putih sebagai target. Jika pemain tidak dapat menangkap dan mendorong bola, ramp atau bidang miring dapat digunakan.

Ini adalah olahraga dalam ruangan, dimainkan di lapangan yang ukurannya kira-kira sama dengan lapangan bulu tangkis.

Satu set bola boccia terdiri dari satu bola jack putih, enam bola merah, dan enam bola biru. Bola terbuat dari kulit dan diisi dengan butiran plastik kecil. Mereka tersedia dalam berbagai tekstur, lebih lembut atau lebih keras

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS