Sukses

Bukan Sekadar Permainan, Boccia Jadi Olahraga Paling Inklusif bagi Semua Ragam Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Badan amal Boccia England mengklaim bahwa boccia adalah olahraga paling inklusif yang bisa ditemukan. Ini memberikan kesenangan bagi seluruh keluarga dan dapat dimainkan oleh siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin, kemampuan, atau ragam disabilitas.

Permainan ini awalnya dirancang untuk orang-orang dengan cerebral palsy. Ini adalah satu-satunya pilihan olahraga yang tersedia bagi mereka karena tingkat disabilitas mereka.

Menurut penyandang cerebral palsy Louis Saunders yang baru-baru ini mewakili Paralimpiade GB di Tokyo, ia suka olahraga tapi tidak ada olahraga yang cocok baginya selain boccia.

“Saya tidak cukup kuat untuk bola basket kursi roda, tidak cukup cepat untuk balap kursi roda, dan tidak cukup gesit untuk tenis kursi roda,” kata Louis mengutip Disability Horizons, Jumat (18/3/2022).

“Saya suka olahraga, saya ingin menjadi yang terbaik dan sayangnya saya tidak benar-benar memiliki kesempatan itu karena sifat disabilitas saya. Tapi itu dulu sebelum boccia, sekarang saya diberi kesempatan dan saya memanfaatkannya sebaik mungkin,” tambahnya.

Simak Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Memainkan Boccia

Boccia adalah olahraga bola target. Bisa dilakukan antar individu, berpasangan, atau tim yang terdiri dari tiga orang. Setiap tim memainkan bola dengan warna berbeda.

Bola digelindingkan dari posisi duduk yang ideal untuk pengguna kursi roda. Pemain mendorong bola untuk mendarat di dekat bola putih sebagai target. Jika pemain tidak dapat menangkap dan mendorong bola, ramp atau bidang miring dapat digunakan.

Ini adalah olahraga dalam ruangan, dimainkan di lapangan yang ukurannya kira-kira sama dengan lapangan bulu tangkis.

Satu set bola boccia terdiri dari satu bola jack putih, enam bola merah, dan enam bola biru. Bola terbuat dari kulit dan diisi dengan butiran plastik kecil. Mereka tersedia dalam berbagai tekstur, lebih lembut atau lebih keras

3 dari 4 halaman

Main Boccia di Rumah

Olahraga boccia juga dapat dilakukan di rumah. Ada banyak tantangan keterampilan boccia yang dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.

Jika tidak punya satu set bola boccia, maka dapat diganti dengan barang-barang rumah tangga umum seperti kaos kaki yang digulung-gulung menyerupai bola.

Jika ingin terlibat lebih jauh dan lebih serius, maka para penyandang disabilitas bisa mulai berlatih dan menempatkan boccia sebagai permainan keterampilan, ketepatan, dan strategi. Para penyandang disabilitas juga dapat memasuki klub boccia dan bertanding di berbagai ajang seperti paralimpiade.

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS