Sukses

Kisah Olivia, Anjing Disabilitas yang Terkenal dengan Kursi Roda Merah Muda

Disabilitas tak hanya dapat disandang oleh manusia tapi juga oleh hewan. Salah satunya Olivia, anjing jenis golden retriever yang harus menggunakan kursi roda untuk berjalan.

Liputan6.com, Jakarta Disabilitas tak hanya dapat disandang oleh manusia tapi juga oleh hewan. Salah satunya Olivia, anjing jenis golden retriever yang harus menggunakan kursi roda untuk berjalan.

Anjing usia 4 ini mulai viral karena mengenakan kursi roda bernuansa merah muda dengan dua roda kecil di depan dan dua roda besar di belakang.

Untuk berjalan, ia cukup menggunakan dua kaki depannya, roda di belakang akan mengikuti dan membantunya berpindah.

Melansir New York Post, Olivia mengalami cedera di tulang belakang saat usianya menginjak 3 bulan. Akibatnya, kedua kaki belakang tidak dapat difungsikan.

“Saat masih kecil, Olivia mematahkan tulang punggungnya karena jatuh yang melumpuhkannya dari leher ke bawah. Golden retriever ini diadopsi oleh pemilik baru di Sorocaba, Brasil, dan diberi kesempatan kedua di atas kursi roda,” mengutip New York Post, Senin (7/3/2022).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tumbuh Sehat

Pemilik barunya, Mariana Camargo de Oliveira mengatakan bahwa Olivia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk rehabilitasi dan terapi fisik.

Melihat video yang beredar, kini ia dapat berlari ke sana-ke mari dengan bantuan kursi roda yang terlihat nyentrik.

Olivia juga didandani dengan beberapa pita merah muda yang ditempel di bulunya.

“Anjing disabilitas ini dapat merasakan angin di wajahnya berkat kursi roda merah muda khusus.”

Olivia sekarang berkembang pesat dengan roda barunya yang dilengkapi dengan aksesori yang serasi. Selain itu, dia juga memiliki kolam renang sendiri.

"Ketika saya mengadopsinya, dia tidak bisa bergerak, dia bahkan tidak memiliki kekuatan untuk menyeret dirinya sendiri," kata Mariana, mengutip Metro.

3 dari 4 halaman

Tak Diinginkan Pemilik

Kecelakaan Olivia terjadi pada Maret 2018 saat bermain di rumah barunya. Mariana sedih dengan keputusan pemiliknya bahwa mereka tidak menginginkan anjing itu setelah menjadi disabilitas.

"Saya terkejut dengan kurangnya cinta dan empati dari keluarga, dan saya merasakan sesuatu yang lebih kuat, seolah-olah dia sudah menjadi milik saya," jelasnya.

"Segera setelah saya mengadopsinya, kami membelikannya kursi roda."

Olivia menjalani rehabilitasi selama tujuh bulan dengan banyak fisioterapi. Ini membantunya mendapatkan otot yang cukup untuk menopang tubuhnya di kursi.

Saat ini, dia menggunakan kursi untuk jalan-jalannya sehari-hari. Kursi roda merah muda cerahnya seolah menjadi harapan baru bagi Olivia, dia dapat berjalan dan berlari bersama ketiga saudara anjingnya Sid, Sun dan Jade.

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.