Sukses

Mengenal Gangguan Bicara dan 3 Kategori Umumnya

Liputan6.com, Jakarta Speech impairment atau gangguan bicara memengaruhi orang yang memiliki masalah berbicara dengan nada suara atau tempo yang teratur.

Gangguan bicara mempersulit orang untuk berkomunikasi dengan benar. Kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.‌

Gangguan ini dapat menyebabkan frustrasi dan rasa malu pada orang yang menyandangnya. Orang yang memiliki gangguan bicara mengalami kesulitan mengucapkan suara bicara yang berbeda. Mereka mendistorsi suara beberapa kata dan meninggalkan suara lain sepenuhnya.

Simak Video Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Tiga Kategori Umum

Ada tiga kategori umum gangguan bicara yakni gangguan kelancaran, gangguan suara, dan gangguan artikulasi.

-Gangguan kelancaran dapat digambarkan sebagai pengulangan suara atau ritme yang tidak biasa.

-Gangguan suara berarti seseorang memiliki nada suara yang tidak biasa. Ini bisa berupa nada, kualitas, resonansi, atau volume yang tidak biasa.

-Gangguan artikulasi, jika orang memiliki gangguan artikulasi, orang tersebut dapat mendistorsi suara tertentu dan dapat juga sepenuhnya menghilangkan suara.

3 dari 4 halaman

Gagap

Salah satu gangguan bicara paling umum adalah gagap. Ini adalah gangguan kelancaran umum yang memengaruhi tiga juta orang Amerika.

Biasanya memengaruhi anak kecil yang baru belajar berbicara, tetapi dapat berlanjut hingga dewasa.

Gangguan bicara dan bahasa adalah dua kata yang sering digunakan secara bergantian, tetapi mereka adalah dua jenis masalah yang sangat berbeda.

Berbicara adalah aktivitas yang menggunakan otot rahang, lidah, bibir, dan pita suara. Bahasa adalah seperangkat kata dan simbol yang dibuat untuk mengkomunikasikan pesan. Gangguan bahasa dan bicara dapat memengaruhi orang secara terpisah, atau keduanya dapat terjadi secara bersamaan.

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas