Sukses

Pemerintah India Mendirikan Taman Sensorik Ramah Penyandang Disabilitas

Taman sensorik dibangun seluas 10.000 kaki persegi yang dibangun oleh Costford. Taman ini bisa menjadi ruang bermain inlkusif dengan fasilitas stimulasi sensorik.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak penyandang disabilitas seringkali melewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman alam bebas. Baik karena kurangnya landai kursi roda dan stigma yang sering membuat mereka terikat di rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah India membangun taman sensorik yang baru diresmikan.

Fasilitas ini diperkirakan memakan biaya hingga Rs 30 lakh (Rp58.086.000).

“Tujuannya adalah untuk menyediakan area bermain yang inklusif di mana anak-anak berkebutuhan khusus dan orang tua mereka dapat menghabiskan waktu berkualitas. Proyek ini juga ingin membuat tempat-tempat umum lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas,” kata seorang pejabat Departemen Keadilan Sosial, dilansir dari newsindianexpress.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibangun seluas 10.000 kaki persegi

Taman sensorik dibangun seluas 10.000 kaki persegi dan dilengkapi fasilitas stimulasi sensorik.

“Taman sensorik telah dirancang dengan fasilitas untuk permainan luar ruangan yang akan merangsang indera anak seperti sentuhan dan perasaan. Untuk ini, berbagai jenis ubin dan bahan alami seperti batu dan kerikil telah digunakan sebagai lantai. Ubin bertekstur juga akan memberikan akupresur bagi penyandang disabilitas dan anak-anak pada spektrum autisme saat mereka berjalan. Air terjun buatan juga telah disediakan di area tersebut dengan alunan musik lembut saat air mengalir,” jelas P B Sajan, direktur bersama, Costford.

Lahan yang landai juga telah disediakan sehingga orang yang menggunakan kursi roda dapat memasuki taman. Ada juga taman dengan terowongan dan lorong bundar seperti labirin dengan pagar bambu. Tanaman berbunga yang berbeda di taman memberi anak-anak kesempatan untuk mengalami penglihatan dan penciuman.

Fasilitas lainnya termasuk area pertunjukan dengan fasilitas tempat duduk dalam berbagai warna, dan pencahayaan khusus untuk memberikan stimulasi sensorik kepada anak-anak. Ini adalah taman sensorik ketiga yang didirikan oleh Costford. Dua yang pertama didirikan di National Institute of Speech and Hearing (NISH) di ibu kota dan National Institute of Physical Medicine and Rehabilitation (NIPMR) di Thrissur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.