Sukses

5 Makanan yang Baik untuk Hindari Gangguan Pendengaran Ini Mudah Ditemukan

Beberapa kasus gangguan pendengaran dapat dihindari dengan konsumsi makanan sehat terutama yang mengandung vitamin dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa kasus gangguan pendengaran dapat dihindari dengan konsumsi makanan sehat terutama yang mengandung vitamin dan mineral.

Menurut dr. Vika Damay dari Klikdokter, ada 5 jenis makanan yang sebenarnya cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan baik untuk kesehatan pendengaran. Kelima makanan tersebut adalah:

Pisang

Pisang mengandung kalium dan magnesium sehingga menjadikannya salah satu makanan untuk pendengaran yang baik.

“Nutrisi dalam pisang juga membantu mengontrol pengeluaran glutamat yang merupakan salah satu penyebab kehilangan pendengaran akibat suara bising,” ujar Vika mengutip Klikdokter, Kamis (16/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ikan dan Brokoli

Ikan

Ikan memiliki kandungan omega-3, terutama ikan salmon, tuna, atau sarden.

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa peningkatan asupan omega-3 dapat menurunkan risiko hilangnya pendengaran akibat usia.

“Vitamin D yang terkandung dalam ikan juga memperkuat tulang-tulang telinga Anda.”

Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin K, vitamin C, dan serat.

Fungsi dari ketiganya adalah membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan telinga. Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran ini dapat membantu menjaga kesehatan telinga.

3 dari 6 halaman

Bawang Putih dan Kacang-Kacangan

Bawang Putih

Makanan untuk pendengaran berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan peradangan, terutama di sekitar organ pendengaran.

Kacang-kacangan

Makanan untuk pendengaran yang satu ini biasanya dijadikan camilan. Alasan kacang-kacangan sehat untuk pendengaran adalah karena kandungan zinc di dalamnya.

Konsumsi zinc juga menjadi salah satu cara mengatasi gangguan pendengaran berupa tinnitus, atau rasa berdenging di telinga. Zinc juga membantu sistem imun sehingga telinga tidak mudah mengalami infeksi.

4 dari 6 halaman

4 Kandungan Makanan yang Baik untuk Pendengaran

Vika juga menyebutkan 4 kandungan makanan yang baik untuk pendengaran. Keempat kandungan tersebut adalah kalium, magnesium, asam folat, dan zinc.

Kalium

Salah satu kandungan penting pada makanan untuk memperbaiki pendengaran adalah kalium. Tugasnya adalah mengkonversi suara menjadi sinyal yang dapat diinterpretasi oleh otak.

Magnesium

Magnesium dipercaya dapat mengatasi radikal bebas yang timbul dalam tubuh ketika terdapat suara berisik. Magnesium bekerja dengan membentuk pelindung untuk sel-sel telinga bagian dalam dan melebarkan pembuluh darah.

 

5 dari 6 halaman

Asam Folat

Asam folat bekerja dengan mendukung metabolisme homosistein dan menjaga agar aliran darah pada organ pendengaran tetap lancar.

Zinc

Terakhir, kandungan yang sebaiknya dimiliki oleh makanan untuk memperkuat pendengaran adalah zinc. Kandungan ini bermanfaat untuk penyembuhan sel yang mengalami kerusakan akibat infeksi.

6 dari 6 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.