Sukses

Mengenal Earmold pada Alat Bantu Dengar dan Cara Membersihkannya

Liputan6.com, Jakarta Alat Bantu Dengar (ABD) menjadi benda yang sangat penting bagi sebagian penyandang Tuli dan Hard of Hearing (HoH).

Setiap alat bantu dengar memiliki bagian bernama earmold atau cetakan telinga. Melansir pusatalatbantudengar.com, earmold merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari semua alat bantu dengar model Behind The Ear (BTE).

Earmold yang pas dan nyaman sama pentingnya dengan alat bantu dengar itu sendiri. Cetakan telinga ini bisa disediakan dari berbagai bahan yang berbeda dari lembut ke keras dan dalam segala bentuk dan warna.

Menurut penulis konten Ruang Mendengar, dr Witha Noviali, sama dengan telinga, alat bantu dengar pun harus dijaga kebersihannya termasuk di bagian earmold.

“Semakin sering alat bantu dengar digunakan, tentunya semakin banyak debu yang menempel pada alat bantu dengar, termasuk kotoran telinga juga akan menempel atau masuk ke dalam earmold,” tulis Witha dalam unggahan Instagram @ruangmendengar dikutip Jumat (23/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan

Guna menjaga alat bantu dengar tetap berfungsi dengan baik, Witha membagikan 4 langkah membersihkan earmold sebagai berikut:

-Lepaskan earmold dari alat bantu dengar.

-Rendam earmold dan tubing dalam air sabun hangat kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air mengalir.

-Keringkan earmold dan tabung dengan air puffer/blower untuk meniup gelembung udara yang tersisa dalam tabung.

-Setelah benar-benar kering, pasangkan kembali earmold dan tubing.

3 dari 5 halaman

Jika Tidak Dibersihkan

Jika tidak dibersihkan, selain fungsinya yang bisa terganggu, tentu penggunanya juga akan merasa kurang nyaman saat menggunakan earmold yang penuh dengan kotoran telinga, lanjut Witha.

“Pastinya ingin tetap nyaman dong ya teman-teman saat menggunakan alat bantu dengar, yuk jangan lupa bersihkan alat bantu dengar teman-teman ya, termasuk earmold dan tubing-nya.”

Witha juga menjelaskan bahwa earmold yang digunakan perlu diganti dalam kurun waktu tertentu terutama pada anak. Waktu penggantian earmold ini tergantung pada usia yakni:

-Anak usia 1, setiap 2 bulan.

-Anak usia 2, setiap 4 bulan.

-Anak usia 5, setiap 9 sampai 12 bulan. 

 

4 dari 5 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini