Sukses

Penyandang Tunanetra Tegar Maulana Ciptakan Lagu Islami saat Menunggu Waktu Sholat

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari ketidaksengajaan, penyandang tunanetra asal Surabaya, Jawa Timur, Tegar Maulana Razzak berhasil ciptakan lagu islami bertajuk Ramadhan.

Seperti disampaikan sang ibu, Naning, di balik terciptanya lagu Ramadhan berawal ketika keduanya menunggu waktu salat.

"Lagu Ramadhan itu sebenarnya tiba-tiba, nunggu waktu salat lah dianya (Tegar) mencet-mencet piano dan nyanyi. Saya langsung minta untuk mengulang dan merekam. Itu hanya sepenggal karena sudah mau salat akhirnya disudahi besok lagi," kata Naning kepada kanal Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks, Jumat (23/4/2021).

Lagu ini kemudian direkam dalam bentuk video yang menampilkan Tegar sedang bernyanyi sambil bermain piano. Kemudian, hasil rekamannya dibagikan ke Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) yang merupakan yayasan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Video tersebut diunggah di kanal YouTube Ananda Mutiara Indonesia oleh ketua Umum Yayasan Ananda Mutiara Indonesia, Yenni Darmawanti, SE.

Setelah diunggah, tanggapan baik pun berdatangan dari warganet. Bahkan menurut Yenni, ada orangtua asuh yang ingin memberikan beasiswa untuk Tegar setiap bulannya setelah menonton video tersebut.

“Alhamdulillah videonya saya share di grup dan membawa hasil. Ada yang berminat menjadi orangtua asuh meskipun tidak besar sebulan Rp 100 ribu,” ujar Yenni melalui pesan singkat.

“Saya tanyakan lagi pada ibu Tegar kebutuhan yang sangat diperlukan apa, ternyata les vokal. Jadi kami pengurus sepakat menambahkan supaya tegar bisa segera les vokal dan semakin baik lagi,” tambahnya.

Dengan bantuan dari Y-AMI melalui program beasiswa disabilitas berprestasi, Tegar akan mendapatkan beasiswa senilai Rp 500.000 setiap bulan untuk les vokal.

2 dari 4 halaman

Prestasi Tegar

Di usia 11 yang masih terhitung sangat muda, Tegar telah berhasil mengukir berbagai prestasi dan tampil di berbagai acara.

Beberapa prestasi yang sempat ia raih adalah:

-Juara 2 baca puisi dengan peserta umum.

-Juara 1 baca puisi dengan peserta ABK.

-Juara harapan 1 ajang bakat ABK di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

-Juara 1 lomba alat musik dengan peserta umum tingkat Jawa Timur.

-Juara 2 lomba puisi dengan peserta umum tingkat Jawa Timur.

-Juara 2 pencarian bakat dengan peserta umum.

-Juara 2 psikologi mencari bakat untuk ABK.

-Juara harapan 1 lomba piano klasik nasional dengan peserta umum dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini