Sukses

Nasib Lokakarya Seni Penyandang Disabilitas di Tengah Pandemi

Penerapan protokol kesehatan selama pandemi melemahkan beberapa sektor kegiatan masyarakat, termasuk didalamnya lokakarya seni para penyandang disabilitas. Pandemi COVID-19 membuat Koneksi Kreatif Saint John merasakan pembatasan yang menyulitkan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan protokol kesehatan selama pandemi berlangsung sudah melemahkan beberapa sektor kegiatan masyarakat, termasuk didalamnya lokakarya seni para penyandang disabilitas. Dilansir dari CBC, pandemi COVID-19 membuat Koneksi Kreatif Saint John merasakan pembatasan yang mengurangi kinerja mereka.

Sebelum pandemi melanda, koneksi kreatif yang terletak di wilayah bisnis kecil Jalan Pangeran William ini selalu memajang karya mereka di etalase galeri untuk menarik perhatian orang yang lalu lalang. Memamerkan lukisan dan gambar dengan sentuhan warna cerah, juga menyapa orang setiap hari. Terkadang mereka membujuk orang yang lalu lalang untuk masuk galeri.

Namun, pandemi membuat koneksi kreatif ini ditutup pada Maret setahun yang lalu. Para seniman, yang terdiri dari dengan disabilitas mental berhenti melakukan kegiatan harian itu.

“Orang-orang merasa kesepian,” ujar Grey Gillies Mott, anggota galeri Koneksi Kreatif Saint John sejak lima tahun lalu, yang juga bekerja dengan komunitas penyedia rumah hunian bagi para penyandang disabilitas mental, L'Arche.

Protokol kesehatan yang selalu berubah sulit untuk diprediksi. Meski galeri dapat dibuka kembali dimasa new normal, tetapi mereka harus memiliki dua lokasi untuk menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak fisik.

Gilles mengatakan, biaya operasi organisasi nirlaba ini sebagian besar diperoleh dari penjualan karya seni. Kondisi pandemi yang mengharuskan galeri tutup, menjadi penyebab mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan.

Hingga akhirnya, Koneksi Kreatif Saint John membuat kampanye penggalangan dana melalui organisasi induknya, L'Arche Saint John.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.