Sukses

Penyandang Disabilitas Kini Bisa Ikut Audisi di NBCUniversal, Termasuk Film Disney dan Netflix

Aktor atau aktris penyandang disabilitas kini juga dapat berpartisipasi dalam audisi untuk setiap produksi film dan televisi baru di NBCUniversal

Liputan6.com, Jakarta Aktor atau aktris penyandang disabilitas kini dapat berpartisipasi dalam audisi untuk setiap produksi film dan televisi baru di NBCUniversal (sebuah perusahaan media besar di AS), termasuk proyek-proyek oleh Universal Filmed Entertainment Group, Universal Studio Group, NBC network and Peacock streaming service.

Janji tersebut sekaligus merupakan tanggapan atas seruan perubahan oleh Ruderman Family Foundation, menyusul komitmen serupa yang diterima advokat hak disabilitas dari CBS Entertainment pada tahun 2019.

"Harapan saya adalah studio besar lain di industri ini sekarang akan melihat NBCUniversal dan berkata, 'Ini adalah sesuatu yang masuk akal dan kami juga akan berkomitmen untuk ini," kata kepala yayasan yang berbasis di Boston, Jay Ruderman, dilansir dari WTSP. Adapun Disney, Sony dan layanan streaming utama termasuk Netflix dan Amazon adalah beberapa di antara yayasan yang ingin mendaftar, katanya.

Semakin banyaknya mengikutsertakan penyandang disabilitas akan berdampak pada masyarakat, kata Ruderman. NBCUniversal milik Comcast melakukan komitmen ini setelah diskusi panjang dengan yayasan, katanya.

Ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan yang ingin membuat konten yang secara otentik mencerminkan dunia tempat kita tinggal, dan meningkatkan peluang bagi penyandang disabilitas adalah bagian integral dari itu, kata wakil presiden eksekutif NBCUniversal Janine Jones-Clark.

Menurut laporan lembaga perfilman terbaru, hanya sekitar 22% karakter dengan disabilitas yang secara otentik digambarkan oleh aktor penyandang disabilitas di acara jaringan dan streaming pada tahun 2018. Angka tersebut merupakan peningkatan dari tahun 2016 yang hanya 5% dari peran penyandang disabilitas di TV.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

kata aktor disabilitas

Aktor Kurt Yaeger, anggota SAG-AFTRA Performers with Disability Committee, memuji kesepakatan baru tersebut. "Itu yang saya dorong selama 10 tahun," katanya, mengingat jarangnya studio dan produser memberi kesempatan berpartisipasi bagi penyandang disabilitas. Yaeger menggunakan kaki palsu karena kecelakaan sepeda motor namun berhasil menjadi aktor tamu di lebih dari 50 episode TV, termasuk "The Good Doctor" dari ABC dan "Another Life" Netflix yang akan datang.

Itupun hasil upayanya setelah mengikuti setiap audisi untuk peran tersebut secara teratur, tambahnya. "Saya ingin lebih banyak kesempatan itu untuk saya dan sesama pemain saya yang memiliki disabilitas."

Sementara Yaeger memuji komitmen NBCUniversal yang merupakan awal yang baik dan ia berharap agar setiap jaringan dan studio lain juga melakukan hal serupa.

Sementara seorang aktor dan aktivis disabilitas, Eileen Grubba, mengatakan tindakan NBCUniversal tersebut ditambah dengan CBS Entertainment, dapat membawa perubahan besar. Grubba yang menerima penghargaan atas perannya di "Watchmen" dari HBO dan "New Amsterdam" dari NBC, telah menganggap kedua perusahaan tersebut sebagai pemimpin dalam keragaman disabilitas.

Grubba, yang menggunakan penyangga kaki karena kerusakan sumsum tulang belakang masa kanak-kanak mengatakan, "ini adalah kemenangan besar bagi komunitas disabilitas dan untuk inklusi, dan semoga juga termasuk orang-orang adalah kemenangan besar bagi komunitas."

Meningkatnya tekanan pada pembuat film dan TV untuk memberi perempuan, orang kulit berwarna dan komunitas LGBTQ representasi yang lebih besar mungkin telah meningkatkan kesadaran salah satu kelompok minoritas terbesar dan terabaikan di negara itu, kata Ruderman.

“Tidak melihat penyandang disabilitas di film dan di TV memang berdampak pada masyarakat, itu memang membentuk sikap,” kata Ruderman.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.