Sukses

Pria dari Pasangan Down Syndrome di Inggris Meninggal karena COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Tommy Pilling menjadi tenar di Inggris setelah ia dan istrinya, Maryanne, menjadi salah satu pasangan dengan down syndrome pertama yang menikah di negara itu. Namun sayangnya Tommy harus meninggalkan Maryanne karena komplikasi virus corona (COVID-19).

Pada bulan Juli 1995 Pilling dan Maryanne bertukar sumpah di sebuah gereja di Essex setelah mereka bertemu dua tahun sebelumnya di sebuah pusat pelatihan bagi orang-orang dengan kesulitan belajar.

Saat pasangan ini diwawancara pada tahun 2017, Maryanne menyebut pernikahannya merupakan "hari terbaik" dalam hidupnya, dan keluarga Pillings sebagai "sahabat"-nya, dikutip dari The Express.

Pernikahan keduanya cukup bersejarah, karena keduanya merupakan pasangan down syndrome, kelainan genetik yang menyebabkan disabilitas intelektual dan keterlambatan perkembangan, pertama yang menikah di Inggris, dikutip dari BBC.

Sementara keduanya menjadi sasaran kritik yang percaya pernikahan mereka tidak akan berhasil karena disabilitas mereka, mereka tetap bersama sampai kematian Tommy yang disebabkan pneumonia terkait virus corona pada 1 Januari, hanya beberapa bulan setelah ia dan Maryanne merayakan ulang tahun pernikahan ke-25 mereka pada Juli, dilansir dari Health.

 

2 dari 4 halaman

Saling percaya

Menurut keluarganya, Tommy, 62 tahun, telah diisolasi selama pandemi tetapi tertular virus selama kunjungan rumah sakit baru-baru ini.

"Tommy kami meninggal dengan damai ... setelah pertempuran dengan COVID-19-pneumonia. Terima kasih telah menunjukkan kepada saya apa itu cinta tanpa syarat, saya akan mengingat ajaran indah Anda selamanya, hati murni Anda, kecintaan Anda pada musik, Elvis, tarian Anda. Sikap positif Anda dan bagaimana Anda menghargai hal-hal kecil. Terima kasih telah membuat Maryanne menjadi begitu senang," tulis saudara ipar Tommy, Lindi Newman, di halaman Facebook pasangan itu pada hari Senin (4/1/2021).

"Terima kasih telah menjadi diri Anda dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, menyentuh kehidupan jutaan orang hanya dengan menjadi Anda. Pernikahan menjadikanmu saudara iparku, cinta menjadikanmu saudaraku," lanjutnya.

Newman sebelumnya pernah mengatakan bahwa salah satu kunci pernikahan Pilling dan Maryanne adalah kepercayaan mereka satu sama lain, dikutip dari People.

"Mereka sangat mencintai satu sama lain, saling menghormati dan benar-benar jujur," katanya.

Linda Martin, ibu mertua Pilling, mengatakan kehilangan suami putrinya telah meninggalkan lubang besar dalam hidup mereka yang tidak akan pernah diisi oleh siapa pun.

"Saya tidak pernah menyesali satu momen pun dari 30 tahun ia hidup dalam perawatan saya, ia membawa begitu banyak kegembiraan hanya dengan menjadi dirinya, saya akan selalu bersyukur atas tawa dan kesenangan yang ia bawa dalam hidup kami," tulisnya. "Terbanglah tinggi Tommy, kami akan mencintaimu selamanya."

Menurut database New York Times, hingga Selasa pagi, lebih dari 86 juta orang di seluruh dunia telah tertular virus corona, dan 1,8 juta lainnya telah meninggal karenanya.

3 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19.

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: