Sukses

Perspektif Unik Penyandang Disabilitas Asal Afrika Selatan dalam Paduan Seni Bikin Takjub

Meski dengan sepasang kaki prostetik, ia mampu menunjukkan keahliannya melukis menggunakan mulut dan tangannya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman asal Afrika Selatan Surprise Khoza dengan disabilitas sejak lahir membuat kagum warganet. Meski dengan sepasang kaki prostetik, ia mampu menunjukkan keahliannya melukis menggunakan mulut dan tangannya.

Uniknya, Surprise yang mempelajari seni rupa di Wits University dan berspesialisasi dalam lukisan dan media campuran menciptakan seni ala Afrika Selatan menurut perspektif uniknya dalam memandang dunia.

Pada salah satu postingannya di Facebook, ia menunjukkan bahwa ia melukis menggunakan mulut atau tangannya tergantung lukisan yang akan ia buat. Ia memanfaatkan tubuhnya dengan cara apapun yang ia mampu.

Seperti dikutip Nigerianews, Surprise sangat mandiri dan sangat jarang meminta bantuan. Ia tidak membiarkan disabilitas mendefinisikan siapa dirinya melebihi apa yang ia mampu.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar positif

Adapun komentar-komentar yang ia dapat semuanya adalah hal positif dan penuh dukungan.

Orang-orang yang mampir di facebooknya meninggalkan ungkapan takjub, kagum dan menyukai postingan serta membagikannya pada orang lain.

"Menakjubkan!!!" Tulis salah satu komentar. "Cantik," komentar lainnya.

Selain Surprise, sebelumnya ada juga seorang seniman dari Nigeria, Chubby Onyesoro, yang membuat takjub pengguna sosial media dengan karyanya. Ia adalah seorang seniman pensil 3D dan membagikan salah satu dari banyak karyanya di Twitter pada hari Sabtu, 21 November 2020. Orang-orang tidak hanya membantunya menaikkan trending dengan membagikan postingannya secara massal, mereka juga takjub akan kemampuannya dalam membuat gambar hidup hanya degan pensil.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.