Sukses

Film The Witches Tuai Kritik dari Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan film Amerika Warner Bros merilis film bertajuk The Witches pada Oktober 2020 lalu, namun tak lama dari itu kritikan muncul dari komunitas disabilitas.

Film yang bercerita tentang penyihir ini menampilkan adegan bintang utama Anne Hathaway yang memerankan Grand High Witch dengan jemari yang tidak sempurna. Tiga jari di masing-masing tangan seolah membangun kesan menyeramkan.

Dalam kenyataanya, orang yang memiliki fisik yang tidak sempurna adalah orang dengan disabilitas daksa. Para penyandang disabilitas khawatir anak-anak akan merasa takut ketika melihat penyandang disabilitas di kehidupan sehari-hari.

Ditambah lagi, film ini ditujukkan untuk anak-anak, hal ini juga menuai kritikan karena film tersebut dinilai terlalu menyeramkan untuk anak-anak.

Melansir New York Post, pihak Warner Bros telah meminta maaf atas penggambaran karakter dalam film The Witches setelah mendapat reaksi keras dari para penyandang disabilitas.

Salah satu penyandang disabilitas yang mengemukakan kekecewaannya adalah atlet paralimpiade Amy Marren. Dalam Twitternya ia menyerukan bahwa memiliki anggota tubuh yang berbeda bukan berarti orang tersebut adalah penyihir.

“Harap pelajari tentang #LimbDifferences dan dukung gagasan bahwa Anda #NotAWitch!” tulisnya, dikutip pada Sabtu (14/11/2020).

Twitt tersebut mengundang tanggapan dari difabel lain yang menyebut bahwa perbedaan bentuk anggota tubuh atau disabilitas bukanlah hal yang menyeramkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warner Bros

Pihak pembuat film telah membuka suara. Mereka mengaku sedih karena ternyata penggamabar karakter dalam film tersebut menyinggung para penyandang disabilitas.

"Kami pembuat film dan Warner Bros Pictures sangat sedih mengetahui bahwa penggambaran karakter fiksi dalam The Witches dapat membuat penyandang disabilitas tersinggung dan kami menyesali pelanggaran yang ditimbulkan," kata studio dalam sebuah pernyataan.

Adegan jemari penyihir yang tidak sempurna ini diadaptasi dari cerita aslinya. Pihak pembuat film bekerja sama dengan desainer dan seniman untuk menghasilkan interpretasi baru dari cakar mirip kucing yang dijelaskan di buku.

“Pemirsa tidak pernah merasa bahwa makhluk fantastik non-manusia dimaksudkan untuk mewakili mereka. Film ini tentang kekuatan kebaikan dan persahabatan. Harapan kami adalah keluarga dan anak-anak dapat menikmati film tersebut dan merangkul tema penuh kasih. ”

The Witches yang tayang perdana pada 22 Oktober dan juga menampilkan Octavia Spencer, Stanley Tucci, Kristin Chenoweth, Chris Rock, dan Jahzir Bruno adalah konsep ulang dari buku Roald Dahl tentang sekelompok penyihir, yang dipimpin oleh karakter Anne.

Film ini disutradarai oleh pemenang Oscar Robert Zemeckis (Forrest Gump) dan skenarionya ditulis bersama oleh Zemeckis, pencipta Black-Ish, Kenya Barris dan Guillermo del Toro.

3 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: