Sukses

Persiapkan 2 Hal Ini Ketika Anak Down Syndrome Mulai Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS) Noni Fadhilah menjabarkan hal apa saja yang perlu disiapkan ketika anak dengan down syndrome hendak masuk sekolah.

Menurutnya, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kesiapan diri dari orangtua. Hal ini berkaitan dengan mental orangtua terhadap hal-hal yang akan terjadi berikutnya.

“Hal pertama yang harus disiapkan jika anak disekolahkan di sekolah umum adalah diri kita dulu. Kuat gak kita akan kata-kata dari orangtua dan teman-teman anak kita nantinya,” ujar Noni dalam webinar POTADS ditulis Rabu (7/10/2020).

Kata-kata yang mungkin diterima dari lingkungan sekolah di antaranya “kok anak down syndrome disekolahkan di sekolah umum? Emang sekolah ini sekolah anak berkebutuhan khusus?.”

“Dari orangtua anak lain banyak tanggapan seperti itu, kita yang harus kuat dan kita harus terima. Katakan pada mereka untuk memberi kesempatan kepada kita karena anak kita butuh sosialisasi.”

2 dari 4 halaman

Melihat Kesiapan Anak

Setelah melihat kesiapan diri, maka hal selanjutnya yang harus diamati adalah kesiapan anak.

“Kita lihat juga anak kita jangan hanya terobsesi bahwa anak harus sekolah. Lihat perilakunya, apakah anak kita menyakiti orang lain atau dirinya sendiri, itu harus kita lihat juga. Apakah anak kita sudah bisa mengerti kata tidak, kata stop, kata marah, kata sayang?”

Setelah melihat potensi anak, maka orangtua bisa memasukkannya ke sekolah namun tetap didampingi.

Noni juga memiliki anak dengan down syndrome bernama Zeina. Ia sendiri mendampingi anaknya hingga jenjang pendidikan SMP kelas 2.

Setelah itu, Zeina didampingi oleh pendamping khusus hingga SMA. Di jenjang pendidikan SMA Zeina sudah bisa sekolah sendiri tanpa didampingi.    

3 dari 4 halaman

Infografis Disabilitas

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: