Sukses

Pesepakbola Messi Bakal Berkolaborasi dengan Perusahaan Teknologi Peduli Tunanetra

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Israel OrCam Technologies mengumumkan pada hari Rabu (9/9/2020) bahwa legenda sepak bola Lionel Messi akan menjadi duta baru perusahaan tersebut.

Kolaborasi antara OrCam dan Messi diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas tunanetra melalui teknologi AI sekaligus meningkatkan kesadaran akan tantangan yang para tunanetra alami, dilansir dari Calcalistech.

Perangkat OrCam MyEye adalah perangkat alat bantu yang dapat mengenali wajah, membaca teks, mengidentifikasi produk, catatan uang, warna, dan banyak lagi, untuk orang-orang tunanetra atau dengan gangguan penglihatan atau dengan disleksia (kesulitan membaca).

OrCam (perangkat penglihatan buatan portabel yang memungkinkan orang-orang tunanetra untuk memahami teks dan mengidentifikasi objek melalui umpan balik audio, menjelaskan apa yang tidak dapat mereka lihat) akan mengatur pertemuan dengan puluhan orang tunanetra dari seluruh dunia dengan superstar sepak bola, Messi, dan Messi akan menghadiahkan mereka OrCam MyEye (salah satu produk OrCam).

Setiap tahun, Messi akan menghadiahkan OrCam MyEye, perangkat penglihatan buatan nirkabel, ringan, yang mampu membacakan teks cetak dan digital, kepada para tunanetra. Masing-masing individu yang dipanggil akan menjadi anggota "OrCam Dream Team", yang dipimpin oleh Messi.

Sekitar 300 juta orang di seluruh dunia mengalami tunanetra atau gangguan penglihatan di berbagai tingkat keparahan.

Pertemuan pertama sudah dilakukan. Nama anak yang beruntung tersebut adalah Bailey Martin, seorang siswa sekolah menengah berusia 18 tahun dari Hubbart, Lowa, AS. Dokter menyebutkan bahwa Bailey kehilangan 90% penglihatannya ketika dia berusia 12 tahun. Dokter mendiagnosisnya dengan penyakit mata langka yang disebut Acute Macular Neuroretinopathy dan dokter mengatakan tidak bisa memperbaikinya.

 

2 dari 4 halaman

Cerita Bailey

Bailey bercerita, kebutaan itu dimulai saat suatu pagi saat ia sedang berbaring, dan kebetulan menutupi mata kirinya, dia tidak bisa melihat apa-apa. Dia sangat bingung, penglihatan mata kanannya hilang. Sebulan kemudian, ia juga kehilangan penglihatan pusat dan bawah pada mata kirinya.

Bailey cukup aktif dalam olahraga. Dia selalu bermain bisbol atau softball, renang, trek, bola gawang. Dia sangat aktif. "Menjadi kompetitif, Anda harus tangguh. Saya bertekad untuk tidak mengubah hidup saya. Jelas tujuan besar saya adalah menjadi pemain di Pusat Pelatihan Olimpiade dan Paralimpiade di Colorado," ujarnya dengan antusias saat diwawancara tim OrCam.

Saat dipanggil untuk bertemu dengan Messi dan menjadi salah satu OrCam Dream Team, tentu dia takjub terharu. Messi sendiri meletakkan perangkat itu ke kacamatanya dan perangkat tersebut memberi tahu apa yang ada di depannya. "Lionel Messi," ujar perangkat tersebut menjelaskan bahwa Messi sedang berada di hadapannya.

"Messi. Saya belum pernah bertemu selebriti sebelumnya. Sungguh menakjubkan bagaimana dia berinteraksi dengan individu tunanetra," ujar Bailey takjub.

"Kehilangan penglihatan telah membuat saya menjadi orang yang lebih kuat, lebih mandiri. Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan, dan hanya karena Anda kehilangan penglihatan yang normal atau tunanetra, tidak berarti hal itu bisa menghentikan Anda melakukan apa pun," ujar Bailey dengan penuh percaya diri. Saat ini Bailey sedang mempersiapkan Paralimpiade 2024.

"Emosinya luar biasa. Bertemu dengan sekelompok orang yang luar biasa ini dari seluruh dunia benar-benar momen yang ajaib dan menginspirasi," kata Messi. "Menyaksikan setiap anggota 'Dream Team' mencoba fitur OrCam MyEye, jelas terlihat bahwa ini akan menjadi perangkat yang mengubah hidup mereka masing-masing. Saya bangga menjadi Duta OrCam untuk benar-benar membuat perubahan bagi hidup banyak orang."

"Ini adalah momen yang sangat menarik bagi saya dan OrCam. Kisah berdirinya OrCam adalah, pertama dan terutama, kisah orang - orang yang berjuang dengan masalah dan tantangan nyata dalam hidup mereka. Tujuan kami adalah menggunakan Teknologi Ayang canggih sebagai pendamping yang membantu penyandang disabilitas secara real time, di dunia nyata," jelas Amnon Shashua, salah satu pendiri dan co-CEO OrCam.

"Dalam kinerja aktivitas sehari-hari, perangkat ini menawarkan kemandirian, memberikan dukungan kritis kepada pengguna untuk berintegrasi lebih baik ke dalam masyarakat, terutama dalam lingkungan kerja dan pendidikan. Teknologi ini mendukung pengguna dalam memperkuat potensi yang melekat. Kami yakin bahwa kolaborasi dengan Messi ini, yang merupakan perwujudan dari memaksimalkan potensi, dan individu yang dikagumi di seluruh dunia, akan memungkinkan kami menjangkau jutaan orang yang membutuhkan," ujar Amnon.

3 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: