Sukses

Hindari Virus Corona, ASEAN Para Games ke-10 Kembali Ditunda

Liputan6.com, Jakarta Ajang olahraga atlet difabel, ASEAN Para Games ke-10 kembali ditunda untuk kedua kalinya. Hal ini disebabkan penyebaran Novel Coronavirus yang semakin meluas.

Dilansir dari Themalaysianreserve.com, penundaan kali ini direkomendasikan oleh Philippine Sports Commission (PSC) yang menyebut keputusan diambil guna menjaga keamanan dan keselamatan.

"Saya sedang berbicara dengan Presiden dan disarankan untuk melakukan langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus, sehingga kami menunda PNG, KTT nasional, dan semua permainan anak-anak kami," kata Ketua PSC William Ramirez minggu lalu, seperti dikutip dari Philstar.com.

Di sisi lain, negara ini disebut sebagai satu-satunya negara di luar China dan Hong Kong yang melaporkan kasus kematian akibat infeksi virus Corona.

Sebelumnya, para atlet yang seharusnya berkompetisi pada 18 atau 24 Januari harus menunggu hingga 20-28 Maret karena isu pembiayaan dan logistik.  

2 dari 3 halaman

Ditunda hingga Mei atau Juni

Presiden Komite Paralimpik Filipina, Michael Barredo, telah berbicara dengan ASEAN Para Sport Federation tentang penundaan ini di Thailand minggu lalu.

Ia berharap dapat menemukan solusi sehingga ASEAN Para Games dapat digelar pada Mei atau Juni.

“Kami akan menjelaskan pada mereka terkait situasi dan berharap menemukan solusi, mungkin dijadwalkan pada Mei atau Juni,” ujar Barredo.

Pesta olahraga ini seharusnya digelar beriringan dengan SEA Games di mana Filipina menjadi tuan rumah pada 30 November sampai 11 Desember.

Para atlet akan bertanding dalam 19 cabang olahraga di New Clark City, Subic dan Manila. Mereka akan mendapatkan nilai kualifikasi untuk bertanding di Tokyo Paralympic 2020.

3 dari 3 halaman

Corona Memengaruhi Acara Lain

Coronoa virus tidak hanya berdampak pada Asean Para Games. Virus ini membuat sejumlah ajang ditunda bahkan dibatalkan.

Dilansir dari Straitstimes.com, ajang yang dibatalkan di antaranya National Sport Summit yang seharusnya digelar pada 27-28 Februari dan Philippine National Games.

Ajang olahraga besar lainnya pun ditunda. Seperti, The World Athletics Indoor Championships pada 13-15 Maret yang ditunda hingga tahun depan. Chinese Super League juga terdampak.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri di Batam Ketar-ketir Kekurangan Bahan Baku Akibat Wabah Corona
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Corona, 2 Negara Ini Terancam Kena Resesi