Sukses

Lima Cara Cepat Redam Gangguan Kecemasan

Liputan6.com, Jakarta Gangguan kecemasan atau sering disebut anxiety adalah salah satu disabilitas mental yang bisa datang kapan saja. Serangan ini dapat menghilangkan fokus dan mengganggu kegiatan.

Dilansir dari healthline.com, ada lima cara untuk mengurangi gangguan kecemasan. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Mencari tahu pola pikir

“Pikiran negatif dapat merunyamkan pikiran dan membuat situasi menjadi terasa buruk,” tulis Health Line.

Salah satu cara adalah menantang diri untuk menghadapi ketakutan, memastikan hal yang dikira negatif itu apa benar-benar negatif atau hanya pikiran belaka. Setelah itu, pelajari bagaimana cara menenangkan diri sendiri.

2. Melatih fokus, tarik napas

Cobalah menarik napas dalam empat hitungan kemudian buang napas dalam empat hitungan juga dalam lima menit. Saat malam hari, lakukan teknik tersebut untuk melatih ketenangan jantung yang dapat membuat lebih santai.

3. Gunakan aromaterapi

Aromaterapi dapat digunakan untuk menenangkan diri. Bentuknya bermacam-macam seperti minyak, dupa, atau lilin. Pilihan aromanya pun berbeda-beda, seperti lavender, chamomile, dan kayu cendana dapat sangat membantu.

Aromaterapi diketahui dapat membantu mengaktifkan beberapa reseptor dalam otak yang berpotensi meredam kecemasan.

2 dari 3 halaman

Yoga dan Tuliskan Pemicu

5. Berjalan-jalan atau Yoga 15 Menit

Terkadang salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan adalah pergi menjauh dari situasi yang membuat cemas. Meluangkan beberapa waktu untuk fokus pada tubuh dan bukan pada pikiran negatif akan membantu mengurangi kecemasan.

6. Menuliskan segala pemicu

Tuliskan berbagai hal yang dapat memicu cemas, keluarkan semua pemikiran negatif dari kepala dan tekanan pun akan sedikit hilang.

Cara ini dapat membantu orang-orang yang mengalami anxiety yang datang sesekali. Cara ini juga dapat bekerja baik bagi seseorang yang memiliki generalized anxiety disorder (GAD) atau kecemasan yang disebabkan berbagai pemikiran misal kesehatan, keuangan, asmara dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Aktor X-Men Beri Dukungan untuk Korban Bullying dengan Dwarfisme
Artikel Selanjutnya
Rancang Buku Audio, Difabel ini Berhasil Gapai Mimpi Lewat Tulisan