Sukses

Kiat Merawat Mata Ala Rumahan untuk Jauhi Glaukoma

Liputan6.com, Jakarta Disabilitas sensori berupa kehilangan penglihatan karena disebabkan glaukoma sudah banyak terjadi. Pencegahan awal dapat mengurangi potensi kebutaan.

Dilansir dari mayoclinic.org ada beberapa kiat ala rumahan yang dapat dillakukan guna menjaga kesehatan mata.

“Makanlah makanan yang sehat. Makan makanan yang sehat dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Beberapa vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan mata antara lain seng, tembaga, selenium, vitamin C, E, dan antioksidan,” tulis Mayo Clinic.

Kiat lainnya adalah membatasi konsumsi kafein yang dapat meningkatkan tekanan pada mata. Olagraga teratur dengan jenis olahraga yang cocok dan tidak terlalu berat juga dapat membantu mengurangi risiko glaukoma.

Minum air putih yang cukup setiap harinya. Minum perlahan dan jangan tergesa-gesa karena cairan yang masuk terlalu banyak di waktu bersamaan dapat meningkatkan tekanan pada mata walau pun hanya sementara.

Usahakan tidur dalam posisi yang tepat yaitu posisi kepala lebih tinggi daripada kaki. Menggunakan bantal yang membuat kepala sedikit terangkat sekitar 20 derajat, telah terbukti mengurangi tekanan cairan mata saat tidur.

“Minum obat yang diresepkan. Menggunakan obat tetes mata atau obat lain sesuai resep dapat membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari perawatan. Pastikan untuk menggunakan tetes persis seperti yang ditentukan. Jika tidak, kerusakan saraf optik Anda dapat memburuk,” tulis Mayo Clinic Staff.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video yang Satu ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Chandra Berbagi Kiat Jaga Semangat untuk Kawan Difabel
Artikel Selanjutnya
3 dari 10 Anak Disabilitas di Indonesia Tak Pernah Bersekolah