Sukses

Syuci Indriani, Targetkan 3 Emas di ASEAN Para Games 2020

Syuci adalah atlet renang penyandang tuna grahita yang akan bertanding di ASEAN Para Games 2020 di Filipina.

Liputan6.com, Jakarta Pagi itu, Syuci Indriani berlatih renang di Kolam Renang Tirta Bhirawa Yudha, Solo. Syuci adalah atlet renang penyandang tuna grahita yang akan bertanding di ASEAN Para Games 2020 di Filipina.

“Persiapannya latihannya lebih semangat lagi, lebih fokus lagi untuk yang ditargetkan,” kata Syuci, ditemui di Tirta Bhirawa Yudha, Solo, Kamis (19/12/2019).

Dalam ASEAN Para Games kali ini, Syuci akan turun di nomor 50, 100, dan 200 meter gaya bebas. Ia pun memiliki target untuk mendapatkan tiga emas dari ketiga nomor tersebut. Ia yakin akan adanya peluang dalam meraih targetnya.

Sebelumya, di ASEAN Para Games 2018, gadis kelahiran Riau, 28 Januari 2001 ini berhasil membanggakan Indonesia dengan meraih 4 medali.

Syuci berhasil meraih medali perunggu di nomor 200 meter gaya bebas putri. Kemudian, Syuci meraih medali emas di nomor 100 meter gaya dada dalam waktu 1 menit 23,95 detik.

Tak berhenti di situ, Syuci kembali berhasil meraih satu medali perak di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri. Syuci kembali berjaya mendapatkan medali emas di nomor 200 meter gaya ganti putri.

Menyandang tuna grahita, Syuci bisa membuktikan bahwa dirinya mampu melaju lebih dari yang orang bayangkan. Menurut salah satu pelatih Syuci, Dinda Ayu Sekarjati, tuna grahita didefinisikan sebagai anak dengan IQ kurang dari 70 tapi lebih dari 55.

“Kalau diibaratkan, tuna grahita itu tubuhnya orang dewasa tapi emosinya masih seperti anak kecil usia sembilan tahun,” ujar Dinda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini