Sukses

Hari Disabilitas Internasional, Ajang Silaturahmi bagi Penyandang Difabel

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) sudah digelar mulai hari ini Minggu (1/12/2019). Acara berlangsung dengan meriah dan dihadiri Menteri Sosial Juliari P Batubara dan jajarannya.

Beberapa kawan disabilitas yang berhasil diwawancarai mengaku senang dengan acara ini. Brigita contohnya, ia adalah penyandang tuna daksa pengguna kursi roda.

Menurutnya salah satu anggota dari komunitas Young Voice ini, acara hari ini membantunya memperluas jaringan.

"Di acara ini kita bisa memperbanyak teman sesama disabilitas. Kami juga bisa nonton karya-karya seni dari penyandang disabilitas lainnya," kata Brigita.

 

2 dari 2 halaman

Merasa setara

Selain Brigita, ada Nuraliyah seorang penyandang tunanetra juga ikut datang ke Gelora Bung Karno Senayan. Ia berharap dengan adanya acara ini para disabilitas bisa mendapat perhatian lebih.

"Pekerjaan juga semoga lebih beragam dan sarana untuk pejalan khususnya disabilitas pun semoga terus ditingkatkan agar kami bisa lebih mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang normal," kata Nur.

Nur juga akan menghadiri acara puncak HDI pada 3 Desember mendatang. Ia akan menjadi salah satu penari saman tunanetra dan nampil di hadapan Mentri Sosial serta Presiden.

Ristan seorang tuna daksa juga mengaku acara ini membantunya untuk bersosialisasi. Ia dapat bertemu dengan teman-teman sesamanya dari semua golongan disabilitas.

"Dalam acara ini kami merasa disetarakan," kata Ristan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendobrak Stereotip Penyandang Disabilitas (Bagian 2): Saat Mereka Bicara Cinta
Artikel Selanjutnya
Perjuangan Remaja Tunarungu Jadi Penari Jaipong Berprestasi