Sukses

Sosialisasi Hari Disabilitas Internasional, Sahabat Difabel Unjuk Bakat Seni di CFD

 

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda di Car Free Day Sudirman Jakarta, Minggu (1/12/2019). Sejumlah penyandang disabilitas memadati Gate 7 Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Sebuah lagu berkumandang dari panggung yang berdiri tepat di pintu masuk gerbang 7. Suara merdu itu rupanya berasal dari salah seorang penyandang disabilitas yang ikut unjuk bakat seni di hadapan Menteri Sosial RI Juliari Batubara. 

Suara sang biduan tak kalah merdu dari penyanyi profesional. Tak heran bila Juliari dan beberapa pejabat di Kementerian Sosial yang turut hadir begitu menikmati penampilan teman disabilitas tersebut. 

Ikut tampil mengiringi teman tunanetra yang bernyanyi, dua belas teman tuli yang menerjemahkan lagu ke dalam buahasa isyarat. Dengan begitu, para pengunjung disabilitas yang berkumpul usai jalan sehat pagi harinya bisa ikut menikmati pertunjukan seni itu. 

Komika difabel Dani Aditya pun ambil bagian memeriahkan suasana. Celetukan dan celotehnya tak hanya mengocok perut tapi juga menyadarkan pengunjung akan masih adanya stigma terhadap para penyandang disabilitas

"Terima kasih dalam acara ini kami merasa dihargai. Saya adalah seorang stand up comedian tapi tidak pernah stand up," kata Dani membuka lawakan. 

 

2 dari 3 halaman

Hari Disabilitas Internasional

Dani juga mempergunakan kesempatan itu untuk menebar pesan cinta. Bersama sang istri, Dian Destiwijaya, yang kemudian mendampingi di atas panggung, bercerita mengenai stigma hubungan individu difabel dengan individu "normal". Keduanya menyadarkan bahwa keterbatasan bukanlah penghalang atau pembeda bagi hubungan cinta. 

"Ketika cinta tak mengenal kata cacat. Kadang kita masih dapat keluhan dari teman difabel tentang sulitnya mendapat izin orangtua jika ingin menikah dengan penyandang disabilitas. Mereka punya hak dicintai dan mencintai. Karena Tuhan tidak pernah memberikan cacat dalam cinta," kata istri Dani yang non disabilitas.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang akan diselenggarakan pada 3 Desember mendatang oleh Kementerian Sosial RI. Tema HDI tahun ini adalah 'Indonesia Inklusif Disabilitas Unggul'. 

Menteri Sosial mengungkapkan acara ini digelar untuk menunjukkan kebersamaan dan inklusifitas. Dari tema 'Indonesia Inklusif Disabilitas Unggul' ini Juliari menegaskan, "Kita itu sama, tidak ada yang berbeda. Jika anak bangsa saling bersatu saling membantu saya yakin Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju lagi," kata Juliari.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendobrak Stereotip Penyandang Disabilitas (Bagian 2): Saat Mereka Bicara Cinta
Artikel Selanjutnya
Perjuangan Remaja Tunarungu Jadi Penari Jaipong Berprestasi