Sukses

2 Aplikasi untuk Penyandang Disabilitas Akan Diluncurkan di Pesta Inklusif

Liputan6.com, Jakarta Berangkat dari kepedulian terhadap kendala sehari-hari yang dihadapi para penyandang disabilitas, dua kelompok anak muda menciptakan apllikasi ramah disabilitas. Dua aplikasi tersebut dinamai AwasIn dan Teman Netra. 

Meski masih enggan merinci lebih lanjut mengenai detailnya, founder startup sosial yang fokus membangun lingkungan inklusif bagi disabilitas Konekin, Marthella Rivera mengatakan, kedua aplikasi itu bertujuan memudahkan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra dalam aktivitas sehari-hari.

"Sedikit info, aplikasi ini dibuat berdasarkan keluhan para penyandang disabilitas," kata Marthella Rivera Founder Konekin, mewakili dua kelompok penggagas AwasIn dan Teman Netra dalan konferensi pers Kamis (28/11/2019) di Jakarta Selatan. 

Thella memberi contoh keluhan penyandang disabilitas diantaranya terkait uang kembalian. Banyak penyandang tunanetra yang mengeluh mendapat uang kembalian tidak sesuai. Mereka rentan ditipu karena tidak bisa melihat. 

"Selain itu, ketika belanja mereka kesulitan untuk menemukan barang yang diinginkan. Misal, di super market mereka ingin membeli kacang dan yang diambil malah chiki," ujar Thella.

Meski masih enggan merinci lebih lanjut mengenai detailnya, Thella mengatakan, kedua aplikasi itu bertujuan memudahkan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra dalam aktivitas sehari-hari.

 

2 dari 2 halaman

Diluncurkan di Pesta Inklusif

Kehadiran kedua aplikasi ini diharapkan akan memaksimalkan fungsi ponsel pintar bagi penyandang disabilitas. Misalnya, setelah mengunduh aplikasi AwasIn atau Teman Netra, para tuna netra akan dapat mengetahui benda apa yang ada di hadapannya. Kemudian, aplikasi tersebut juga bisa menjadi pemandu jalan menggunakan fitur suara dan memberi peringatan bila ada gundukan atau hal yang membahayakan pengguna.

Rencananya, AwasIn dan Teman Netra akan diluncurkan pada Pesta Inklusif, Sabtu (30/11/2019) esok di M Bloc Space, Jakarta Selatan. User testing atau percobaan penggunaan pada dua aplikasi ini akan dilakukan dalam rangkaian acara Pesta Inklusif.

Loading
Artikel Selanjutnya
1 Tangan Hilang Digigit Hiu Tak Hentikan Bethany Hamilton Jadi Peselancar Dunia
Artikel Selanjutnya
Berkaki Satu Tak Halangi Melissa Stockwell Jadi Atlet Triathlon Profesional