Sukses

2 Aplikasi untuk Penyandang Disabilitas Akan Diluncurkan di Pesta Inklusif

Dua aplikasi ramah disabilitas akan diluncurkan dalam acara Pesta Inklusif Sabtu 30 November mendatang di M Bloc Space Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Berangkat dari kepedulian terhadap kendala sehari-hari yang dihadapi para penyandang disabilitas, dua kelompok anak muda menciptakan apllikasi ramah disabilitas. Dua aplikasi tersebut dinamai AwasIn dan Teman Netra. 

Meski masih enggan merinci lebih lanjut mengenai detailnya, founder startup sosial yang fokus membangun lingkungan inklusif bagi disabilitas Konekin, Marthella Rivera mengatakan, kedua aplikasi itu bertujuan memudahkan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra dalam aktivitas sehari-hari.

"Sedikit info, aplikasi ini dibuat berdasarkan keluhan para penyandang disabilitas," kata Marthella Rivera Founder Konekin, mewakili dua kelompok penggagas AwasIn dan Teman Netra dalan konferensi pers Kamis (28/11/2019) di Jakarta Selatan. 

Thella memberi contoh keluhan penyandang disabilitas diantaranya terkait uang kembalian. Banyak penyandang tunanetra yang mengeluh mendapat uang kembalian tidak sesuai. Mereka rentan ditipu karena tidak bisa melihat. 

"Selain itu, ketika belanja mereka kesulitan untuk menemukan barang yang diinginkan. Misal, di super market mereka ingin membeli kacang dan yang diambil malah chiki," ujar Thella.

Meski masih enggan merinci lebih lanjut mengenai detailnya, Thella mengatakan, kedua aplikasi itu bertujuan memudahkan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra dalam aktivitas sehari-hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diluncurkan di Pesta Inklusif

Kehadiran kedua aplikasi ini diharapkan akan memaksimalkan fungsi ponsel pintar bagi penyandang disabilitas. Misalnya, setelah mengunduh aplikasi AwasIn atau Teman Netra, para tuna netra akan dapat mengetahui benda apa yang ada di hadapannya. Kemudian, aplikasi tersebut juga bisa menjadi pemandu jalan menggunakan fitur suara dan memberi peringatan bila ada gundukan atau hal yang membahayakan pengguna.

Rencananya, AwasIn dan Teman Netra akan diluncurkan pada Pesta Inklusif, Sabtu (30/11/2019) esok di M Bloc Space, Jakarta Selatan. User testing atau percobaan penggunaan pada dua aplikasi ini akan dilakukan dalam rangkaian acara Pesta Inklusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.