Sukses

Pengabdian Jiang Shengfa, Guru Disabilitas di Tiongkok

Dalam melakukan pekerjaannya, penyandang disabilitas bernama Jiang Shengfa ini menggunakan seluruh anggota tubuhnya yang tersisa.

Liputan6.com, Jakarta - Pria berusia 41 tahun asal Provinsi Yunnan, Tiongkok bernama Jiang Shengfa membuat netizen terharu. Bagaimana tidak, Jiang yang berprofesi sebagai guru ini tetap menjalankan tugasnya walaupun seorang disabilitas tidak punya tangan.

Jiang mengalami kecelakaan kerja pada 1996. Kala itu Jiang yang bekerja dekat dengan alat-alat elektronik mengalami kecelakaan kerja hingga mengakibatkan dirinya menjadi disabilitas.

Dilansir dari laman Shanghaiist, usai tangannya diamputasi, Jiang kemudian belajar menulis dan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menggunakan tangan. Kemudian Jiang memutuskan untuk menjadi guru.

"Saya memilih jadi guru. Hanya itu yang bisa saya lakukan, yaitu membagi ilmu," kata Jiang.

Dalam melakukan pekerjaannya saat ini, dia menggunakan seluruh anggota tubuhnya yang tersisa.

Jiang menggunakan mulutnya untuk membuka buku, kemudian menempelkan kapur di tangannya dengan menggunakan alat perekat untuk menulis di papan.

Saat Jiang mendapat sorotan dari media lokal, banyak keuntungan didapatnya. Ia kemudian ditawarkan pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan di sebuah institusi di Hunnan.

Selain mengajar, Jiang yang merupakan disabilitas ini juga ahli dalam membuat kaligrafi Tiongkok.

 

Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.