Sukses

Fidelity Ajukan Pendaftaran ETF Ethereum Spot ke SEC

Fidelity Ethereum Fund bertujuan untuk menerbitkan perdagangan saham di Chicago Board Options Exchange (CBOE).

Liputan6.com, Jakarta - Fidelity resmi menyerahkan formulir ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk pengajuan ETF Ethereum Spot. Langkah ini mengikuti persetujuan awal tahun atas ETF Bitcoin spot pertama di AS, di mana Fidelity muncul sebagai salah satu penerbit awal.

Persetujuan ETF Bitcoin spot pada Januari, membantu mendorong harga BTC ke rekor USD 73.000 atau setara Rp 1,15 miliar (asumsi kurs Rp 15.883 per dolar AS). 

Akibatnya, para pengamat industri kini berspekulasi mengenai mata uang kripto besar berikutnya yang akan dikemas ke dalam ETF. Ethereum sering kali menduduki puncak daftar kandidat.

Fidelity Ethereum Fund bertujuan untuk menerbitkan perdagangan saham di Chicago Board Options Exchange (CBOE). Ini juga memperkenalkan fitur baru dari staking, menawarkan investor jalan baru untuk mendapatkan imbalan.

"Tujuan investasi Trust adalah untuk melacak kinerja ether, yang diukur dengan kinerja Tingkat Referensi Fidelity Ethereum, disesuaikan dengan pengeluaran Trust dan kewajiban lainnya,” kata Fidelity dalam pengajuannya, dikutip dari Coinmarketcap, Kamis (28/3/2024).

Pengajuan ini bukanlah upaya pertama Fidelity dalam ETF Ethereum. Perusahaan ini awalnya mengajukan pengajuan pada November 2023 bersama raksasa keuangan lainnya seperti BlackRock, VanEck, dan ARK Invest.

Namun, jalan menuju persetujuan penuh dengan hambatan regulasi. SEC baru-baru ini memulai upaya hukum untuk menantang status Ethereum, menimbulkan ketidakpastian atas masa depan ETF Ethereum. Meskipun demikian, para pelaku industri yang optimis, seperti Chief Legal Officer GrayScale Craig Salm, tetap bersikap positif.

Sejalan dengan perjalanan ETF Bitcoin, Salm menyarankan dasar yang diletakkan oleh negosiasi sebelumnya dapat menyederhanakan proses persetujuan untuk ETF Ethereum.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tembus Rp 195 Miliar, Blockchain Ethereum Rebut Lagi Posisi Pertama Penjualan NFT Harian

Sebelumnya diberitakan, Ethereum berhasil merebut kembali posisinya sebagai blockchain peringkat teratas dalam penjualan non-fungible token (NFT) selama 24 jam terakhir, dengan kenaikan 12,06% menjadi USD 12,47 juta atau setara Rp 195 miliar (asumsi kurs Rp 15.648 per dolar AS), menurut data CryptoSlam.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (21/3/2024), blockchain Ethereum sempat mengalami sedikit penurunan sebesar 5,29% dalam penjualan pada Rabu, yang biasanya merupakan transaksi tidak asli yang digunakan untuk meningkatkan volume.

Kinerja ini telah berkontribusi pada volume penjualan Ethereum sepanjang masa, yang kini berada pada angka USD 43,27 miliar atau setara Rp 677 triliun yang memimpin pasar.

Sebelumnya, Bitcoin, yang memimpin industri dalam penjualan NFT setiap hari hingga Rabu pekan ini. Saat ini Bitcoin berada di urutan kedua dari sisi penjualan NFT dengan total penjualan USD 10,9 juta atau setara Rp 170,5 miliar.

Kinerja Bitcoin

Kinerja Bitcoin membantu jaringan mencapai tonggak sejarah baru karena menjadi blockchain keempat yang mencapai penjualan sepanjang masa sebesar USD 2,9 miliar atau setara Rp 45,3 triliun.

Solana menduduki peringkat ketiga dengan penjualan mencapai USD 7,67 juta atau setara Rp 120 miliar setelah turun 17,38%. 

Blockchain lain seperti BNB dan Polygon juga menunjukkan aktivitas penting di pasar NFT. Kedua jaringan tersebut merupakan satu-satunya dari lima blockchain yang mencatat penjualan setidaknya USD 1 juta atau setara Rp 15,6 miliar pada Rabu.

Di deretan bawah dalam penjualan NFT ditempati oleh jaringan seperti Flow dan Ronin mengalami perubahan penjualan terbesar dalam 24 jam terakhir.

Penjualan Flow meroket sebesar 90,72%, mencapai hampir USD 497.324 atau setara Rp 7,7 miliar, sementara penjualan Ronin melonjak secara mengesankan sebesar 280,87%, meskipun dimulai dari basis yang lebih rendah, menjadi USD 243.621 atau setara Rp 3,8 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Bitcoin Kuasai Pasar NFT dengan Kenaikan Penjualan 76% dalam Sehari

Sebelumnya, harga Bitcoin sempat turun ke level USD 65.000 atau sekitar Rp 1 miliar (asumsi kurs Rp 15.750 per dolar AS) setelah diperdagangkan pada level tertinggi sepanjang masa. Meskipun terkoreksi, tetapi volume penjualan Non Fungible Token (NFT) jaringan Bitcoin mendominasi.

Dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/3/2024), Bitcoin muncul sebagai blockchain teratas untuk NFT selama 24 jam terakhir pada Sabtu, 16 Maret 2024, mencatat lebih dari USD 22,2 juta atau setara Rp 343,7 miliar. 

Jumlah ini meningkat 76,04% dari penjualan hari sebelumnya sebesar USD 12,6 juta atau setara Rp 197,1 miliar. Menempati posisi di belakang Bitcoin adalah Ethereum dan Solana, yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. 

Ethereum mencatat penjualan lebih dari USD 14,8 juta atau setara Rp 231,5 miliar, turun 15,72% dari Kamis, sementara Solana mencatat penjualan USD 8,7 juta atau setara Rp 136,1 miliar, turun 4,22%.

Polygon, sebuah scaler Ethereum, juga membuat kemajuan penting dalam 24 jam terakhir. Meski menduduki peringkat keempat, namun mencatatkan peningkatan penjualan signifikan sebesar 65,32%, dari USD 1,17 juta atau setara Rp 18,3 miliar menjadi USD 1,94 juta atau setara Rp 30,3 miliar.

Namun Polygon mengalami sedikit penurunan transaksi sebesar 2,2%, dari total 53.247 transaksi menjadi 52.076. 

Kinerja pada Sabtu meningkatkan volume penjualan NFT sepanjang masa Bitcoin menjadi USD 2,8 miliar atau setara Rp 43,8 triliun, menjadikannya peringkat keempat di antara semua blockchain.

 

4 dari 4 halaman

Pasar Ethereum Diprediksi Meningkat pada 2024

Sebelumnya diberitakan, Director Ethics & Impact dari Fasset Mufti Faraz Adam memprediksi Ethereum akan memiliki momen peningkatan pada 2024 ini. Ini mengacu pada tren lanskap pasar digital pada 2022 dan 2023.

Mufti melihat pada 2023 merupakan tahun pemulihan setelah peristiwa-peristiwa turbulensi tahun 2022. Menurutnya, pasar Ethereum telah mengalami fluktuasi signifikan selama bertahun-tahun, dengan utilitas dan adopsi yang tumbuh seiring dengan ekspansi dan fluktuasi pasar kripto secara keseluruhan.

Dia memandang, pada 2023, fokus pasar sebagian besar adalah pada antisipasi upgrade lebih lanjut ke jaringan, perkembangan regulasi, dan integrasi teknologi blockchain ke keuangan tradisional dan industri-industri lainnya.

“Masuk ke tahun 2024, pasar Ethereum mengantisipasi beberapa tren penting dan proyeksi yang didasarkan pada dasar yang kuat seperti dampak berlanjut dari event Merge Ethereum, yaitu transisi ke Proof of Stake yang terus membentuk ekosistem Ethereum," tutur Mufti dalam keterangannya, Minggu (10/3/2024).

"Efisiensi energi yang ditingkatkan dan potensi peningkatan skalabilitas menjanjikan keuntungan lingkungan dan keberlanjutan jangka panjang," sambungnya.

Mufti menyampaikan semakin banyak pemerintah di seluruh dunia berupaya mengembangkan kerangka regulasi untuk pasar kripto. Hal ini akan memiliki pengaruh pada pasar Ethereum.

"Pertumbuhan DeFi, dimana sistem keuangan terdesentralisasi adalah salah satu aplikasi paling menarik yang dibangun di atas Ethereum, dan domain ini kemungkinan akan mengalami pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2024 dengan munculnya protokol dan alat keuangan baru.” paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini