Sukses

Membedah ARKM Coin, Kripto Platform Blockchain Berbasis AI Arkham

Arkham menggunakan mesin AI internal dengan berbagai sumber data, seperti catatan publik, media sosial, web scraping, dan kiriman pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Arkham adalah platform analisis blockchain yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeanonimkan blockchain dan data on-chain. Kripto asli platform Arkham adalah ARKM Coin.

Dilansir dari Coinmarketcap, dua komponen utama platform ini adalah Platform Analytics dan Intel Exchange. Platform Analisis mencakup analisis pada berbagai entitas, bursa, dana, dan token. 

Pengguna dapat memeriksa kepemilikan portofolio, riwayat transaksi, arus pertukaran, hubungan jaringan, dan analisis on-chain lainnya. Intel Exchange memungkinkan siapa saja untuk membeli dan menjual label alamat dan informasi intelijen lainnya, baik melalui bounty, lelang, atau Program DATA.

Arkham menggunakan mesin AI internal dengan berbagai sumber data, seperti catatan publik, media sosial, web scraping, dan kiriman pengguna. Data tersebut digunakan untuk memberi label alamat dan menyediakan analisis entitas untuk ULTRA, algoritma AI perusahaan.

Platform Arkham dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti melacak dana curian, mengidentifikasi penipu, memverifikasi pihak lawan, mengaudit transaksi, menyelidiki peretasan, dan banyak lagi. 

Arkham mengklaim platformnya dapat membantu memerangi proliferasi kejahatan dan penipuan kripto dengan memberi insentif pada penelitian on-chain.

Siapa Pendiri Arkham?

Akrham Intelligence didirikan oleh Miguel Morel pada 2020. Miguel adalah pengusaha veteran di pasar mata uang kripto. 

Pengalaman Miguel dalam menavigasi pasar kripto baru membuatnya akrab dengan kebutuhan intelijen para pengambil keputusan di pemerintahan, modal ventura, dan perdagangan. Ia juga merupakan investor di sejumlah startup teknologi.

Arkham Intelligence juga telah menarik beberapa investor paling terkemuka di bidang kripto dan sekitarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keunikan Arkham

Arkham memiliki, Cakupan Total dan Integrasi Multi-Rantai. Tidak seperti banyak platform lain yang berfokus pada blockchain tertentu atau sumber data terbatas, Arkham bertujuan untuk menyediakan cakupan total blockchain dengan mengumpulkan dan menggabungkan data dari berbagai rantai. 

Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan sistem AI miliknya, ULTRA. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menganalisis dan mendapatkan wawasan dari pandangan komprehensif tentang ekosistem kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Mengenal Lebih Dekat Signa Coin, Kripto Milik Platform Signum

Sebelumnya diberitakan, Signum menghadirkan solusi blockchain yang kuat ke dunia dengan cara yang lebih modern. Seperti Bitcoin, Signum menyediakan mata uang digital yang disebut Signa atau Signa Coin yang didistribusikan, diperdagangkan, dan disimpan menggunakan sistem buku besar yang terdesentralisasi.

Apa itu Signum?

Dilansir dari Coinmarketcap, Signum lebih dari sekadar mata uang digital. Sebagai platform yang dapat disesuaikan, Signum memiliki kekuatan untuk menampilkan aplikasi terdesentralisasi yang tidak dapat dihentikan dan tahan sensor.

Signum dijelaskan dalam whitepaper nya sebagai blockchain pertama yang menghasilkan kurang dari 0,002 persen energi dari Bitcoin. Signum juga menghindari limbah elektronik dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. 

Arsitektur Signum mencakup kontrak cerdas yang mudah digunakan. Dengan begitu, Signum dapat menjadi solusi pembayaran yang lancar dan aman. Selain pembayaran digital, Signum menghadirkan keuangan, game, dan aplikasi terdesentralisasi dengan cara yang aman.

Signa atau Signum Coin adalah cryptocurrency pertama yang  dapat digunakan di semua aplikasi Signum. Signa adalah cryptocurrency pertama yang menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Capacity. 

Pendiri Signum

Sejak 2019, tim pengembangan inti dengan komunitas teknologinya yang besar dan menarik telah bekerja di atas fondasi Signum. Signum berevolusi dari mantan blockchain Burstcoin yang memiliki blok genesis pada 2014. 

Asosiasi Jaringan Signum, Organisasi Nirlaba Swiss berdiri di belakang Signum dan mendukung jaringan untuk tumbuh dan memenuhi visinya tentang blockchain yang berkelanjutan dan inovatif.

Keunikan Signum

Hal yang membuat unik dari Signum adalah tidak adanya kerugian energi dan tidak ada limbah elektronik. Gagasan tentang teknologi blockchain yang lebih modern bukanlah hal baru, banyak yang sudah mengklaim memiliki teknologi terbaru blockchain, tetapi Signum benar-benar berada di garis depan gerakan keberlanjutan.

 

4 dari 5 halaman

Kredit Swasta di Sektor Kripto Melonjak 55% pada 2023

Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan kredit swasta berbasis blockchain dalam mencari pembiayaan di dunia dengan suku bunga yang tinggi. Ini memicu kebangkitan sebagian sektor yang merosot di tengah krisis kripto tahun lalu.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (21/12/2023), pinjaman swasta aktif di sektor kripto naik 55 persen sejak awal 2023 menjadi sekitar USD 408 juta atau setara Rp 6,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.503 per dolar AS) pada 28 November, menurut RWA.xyz, sebuah platform yang melacak utang. 

Nilai tersebut masih lebih rendah dibandingkan angka tertinggi yang mendekati USD 1,5 miliar atau setara Rp 23,2 triliun pada Juni lalu dan hanya sebagian kecil dari pertumbuhan pasar tradisional kredit swasta yang mencapai USD 1,6 triliun atau setara Rp 24.804 triliun.

Meskipun biaya pinjaman bervariasi berdasarkan kesepakatan, beberapa protokol blockchain mengenakan biaya kurang dari 10% sedangkan penyedia tradisional mencari suku bunga dua digit dalam kondisi saat ini, berdasarkan angka dari RWA.xyz dan pemberi pinjaman kredit swasta.

5 dari 5 halaman

Kontrak Pintar

Para pendukung buku besar digital mengatakan bahwa mereka membuat transaksi dan pembayaran kembali transparan karena blockchain terbuka untuk pengawasan publik, dan perangkat lunak yang disebut kontrak pintar dapat memantau tekanan dan secara otomatis menarik kembali pinjaman atau agunan.

Kredit swasta tradisional telah dicap terlalu buram oleh raksasa obligasi seperti Pimco dan Bank Sentral Eropa. Industri ini telah berkembang tiga kali lipat sejak 2015, dengan memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan kecil, pembiayaan pembelian, real estate dan infrastruktur. 

Dalam versi blockchain, protokol seperti Centrifuge, Maple Finance, dan Goldfinch dapat mengumpulkan atau memberikan akses ke dana investor, biasanya menggunakan blockchain Ethereum dan stablecoin seperti USDC yang dipatok terhadap dolar. Peminjam menggunakan dana berdasarkan ketentuan yang dikodifikasikan dalam kontrak pintar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.