Sukses

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde Akui Anaknya Rugi Investasi Kripto

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde menjelaskan, anaknya hanya kehilangan sekitar 60 persen dari investasi aset kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde mengakui, pada Jumat, 24 November 2023 putranya kehilangan hampir semua investasinya dalam aset kripto. Lagarde dikenal sebagai salah satu penentang kripto.

Lagarde sempat menyebut kripto sebagai aset spekulatif, tidak berharga, dan merupakan alat yang sering digunakan oleh penjahat untuk melakukan aktivitas terlarang.

"Dia mengabaikan saya secara terhormat, yang merupakan hak istimewanya dan dia kehilangan hampir seluruh uang yang telah diinvestasikan.” kata Christine Lagarde, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (27/11/2023). 

Lagarde menjelaskan, anaknya hanya kehilangan sekitar 60 persen dari investasi aset kriptonya. Dia juga menambahkan, anaknya tidak menerima perkataan Lagarde benar terkait aset kripto.

Ketua ECB ini memiliki dua anak laki-laki berusia pertengahan 30-an tetapi tidak mengatakan siapa yang dimaksudnya. 

ECB telah menyerukan regulasi global terhadap aset kripto untuk melindungi konsumen yang tidak menyadari risikonya dan untuk menutup celah yang dapat digunakan untuk menyalurkan dana kepada teroris atau memungkinkan penjahat mencuci uang tunai.

Kekhawatiran mata uang yang diterbitkan swasta dapat menggantikan uang pemerintah adalah salah satu alasan ECB meluncurkan proyek euro digitalnya sendiri, tetapi bank tersebut masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menerbitkan uang digital.

Bulan lalu bank tersebut memulai “tahap persiapan” untuk euro digital tetapi mengatakan akan memerlukan dua tahun lagi sebelum dapat memutuskan apakah akan meluncurkannya atau tidak.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde Sebut Kripto Tak Bernilai Sama Sekali

Sebelumnya diberitakan, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde baru-baru ini membagikan pandangannya terhadap cryptocurrency. Lagarde secara terbuka mengatakan, dirinya berpikir cryptocurrency tidak bernilai sepeser pun.

Hal itu Christine Lagardesampaikan dalam sebuah wawancara dengan acara bincang-bincang Belanda “College Tour” yang ditayangkan pada Minggu waktu setempat. 

"Penilaian saya yang sangat rendah hati adalah bahwa itu tidak ada artinya. Itu tidak didasarkan pada apa pun. Tidak ada aset yang mendasari untuk bertindak sebagai jangkar keamanan,” kata Lagarde dikutip dari CNBC, Selasa (24/5/2022). 

Lagarde meminta pembuat kebijakan global untuk menerapkan aturan untuk melindungi investor yang tidak berpengalaman yang membuat taruhan besar pada kripto. 

Cryptocurrency telah jatuh di seluruh papan tahun ini, dengan bitcoin, kripto terbesar di dunia menghapus lebih dari setengah nilainya sejak tertinggi sepanjang masa pada November tahun lalu. 

“Saya prihatin dengan orang-orang yang berpikir itu akan menjadi hadiah, yang tidak memahami risikonya, siapa yang akan kehilangan semuanya, dan siapa yang akan sangat kecewa, itulah sebabnya saya percaya itu harus diatur,” ujar Lagarde. 

Salah satu penonton acara mengatakan mereka kehilangan 7.000 euro (USD 7.469) atau sekitar Rp 109,4 juta setelah membeli token Cardano. Hal tersebut kemudian ditanggapi Lagarde dengan kalimat “Itu menyakitkan”.

 

3 dari 4 halaman

Departemen Kehakiman AS Sita Rp 140,7 Miliar Kripto Tether Terkait Penipuan

Sebelumnya diberitakan, Departemen Kehakiman AS (DOJ) pada Selasa mengumumkan penyitaan kripto tether senilai hampir USD 9 juta atau setara Rp 140,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.555 per dolar AS). Tether adalah mata uang kripto yang nilainya dipatok ke dolar AS.

Pejabat Asisten Jaksa Agung, Nicole Argentieri dari Divisi Kriminal Departemen Kehakiman menjelaskan para penipu ini menargetkan investor reguler melalui situs web yang menipu, dengan secara keliru mengklaim investasi mereka menghasilkan keuntungan. 

“Sebenarnya para pelaku kriminal internasional ini hanya mencuri mata uang kripto dan tidak memberikan apa-apa kepada korbannya,” kata Argentieri, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (24/11/2023). 

Argentieri menjelaskan dana yang disita ini dilacak ke alamat mata uang kripto yang diduga terkait dengan sebuah organisasi yang mengeksploitasi lebih dari 70 korban melalui penipuan percintaan dan penipuan kepercayaan mata uang kripto, yang secara luas dikenal sebagai modus pig butchering atau penyembelihan babi.

“Departemen berharap pemulihan aset ini akan membawa penyelesaian dan rasa keadilan bagi lebih dari 70 korban yang terkena dampak serangkaian penipuan ini.” jelas Argentieri.

Dokumen pengadilan mengungkapkan penjahat berkolaborasi untuk meyakinkan korban agar menyimpan mata uang kripto dengan secara salah menggambarkan transaksi tersebut sebagai investasi dengan perusahaan dan bursa mata uang kripto terkemuka. 

Minggu ini, Tether mengumumkan mereka secara sukarela membekukan USD 225 juta atau setara Rp 3,4 triliun dalam USDT sehubungan dengan investigasi DOJ terkait dengan skema kripto pemotongan babi. Tether menyebutnya sebagai pembekuan USDT terbesar yang pernah ada dalam sejarah.

 

 

4 dari 4 halaman

2 Platform Kripto Terkait Justin Sun Diretas, Kerugian Sentuh Rp 1,7 Triliun

Sebelumnya diberitakan, dua platform mata uang kripto yang terkait dengan pengusaha digital terkenal Justin Sun diretas dalam dua eksploitasi. Peretas telah mencuri sekitar USD 115 juta atau setara Rp 1,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.558 per dolar AS) hingga saat ini.

Proyek yang ditargetkan termasuk pertukaran mata uang digital HTX, yang sebelumnya dikenal sebagai Huobi, di mana peretas menghabiskan mata uang kripto senilai sekitar USD 30 juta atau setara Rp 466,7 miliar.

HTX juga mengonfirmasi jembatan blockchain Heco Chain, juga diretas. Justin Sun, yang merupakan investor di HTX dan terkait dengan Heco Chain, membenarkan kejadian tersebut.

Jembatan blockchain menghubungkan jaringan yang berbeda untuk memungkinkan pertukaran dan pergerakan cepat berbagai mata uang kripto. Rantai ini terbukti rentan terhadap peretasan.

Perusahaan analisis pasar CryptoQuant menilai total cryptocurrency senilai USD 85,4 juta atau setara Rp 1,3 triliun telah dicuri dari Heco Chain. Sebagian besar berdenominasi stablecoin USDT dan Ether.

"Kami telah menerapkan langkah-langkah mendesak untuk melindungi aset pengguna,” kata HTX dalam pernyataan, dikutip dari CNBC, Jumat (24/11/2023) 

Pertukaran tersebut untuk sementara menangguhkan layanan penyetoran dan penarikan di HTX dan Heco Chain sebagai tindakan pencegahan. Perusahaan juga mengatakan mereka akan mengkompensasi sepenuhnya segala kerugian yang timbul akibat serangan dompet panas. Dompet panas mengacu pada dompet mata uang kripto yang terhubung ke internet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini