Sukses

Capres AS Ini Janji Melindungi Bitcoin dari Campur Tangan Pemerintah Jika Terpilih

Vivek Ramaswamy menekankan jika mata uang kripto menjadi lebih populer, hal itu akan menciptakan ancaman terhadap status petahana Federal Reserve AS.

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Vivek Ramaswamy membahas sejumlah topik, termasuk bitcoin, dalam sebuah wawancara baru-baru ini. Dia juga mengungkapkan kerangka kebijakan kripto-nya jika nanti terpilih.

Ramaswamy menekankan jika mata uang kripto menjadi lebih populer, hal itu akan menciptakan ancaman terhadap status petahana Federal Reserve AS itu sendiri. Dia berjanji untuk melindungi Bitcoin dari campur tangan pemerintah. 

"Tugas saya adalah memastikan pemerintah tidak ikut campur dalam urusan orang-orang yang berinovasi dan merintis di berbagai bidang, termasuk sistem keuangan,” kata Ramaswamy, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (20/11/2023). 

Ramaswamy juga menekankan dirinya ingin memperjuangkan dolar AS agar tetap menjadi mata uang cadangan dunia, Ramaswamy menyebut ada dua cara untuk melakukannya. 

“Pertama adalah jika Anda benar-benar merasa tidak aman dengan proposisi nilai Anda sendiri, Anda mungkin mencoba untuk mengalahkan pesaing. Kedua, saya pikir keberadaan Bitcoin menahan dolar untuk memastikan hal itu tidak dapat dimanipulasi sedemikian rupa sehingga orang tidak memilih keluar dan beralih ke arah lain,” ujar Ramaswamy. 

Calon presiden Amerika Serikat itu turut mengomentari terkait aturan-aturan yang diambil Joe Biden terkait kripto. Menurut dia, mereka terancam dengan keberadaan Bitcoin.

Mereka tidak ingin orang-orang menambang bitcoin lebih banyak karena hal itu akan membuat Bitcoin lebih populer yang pada gilirannya menciptakan ancaman terhadap status petahana Federal Reserve AS itu sendiri.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wakil Pengawas Bank The Fed Sebut Stablecoin Dapat Ganggu Stabilitas Keuangan AS

Sebelumnya diberitakan, Wakil ketua pengawasan bank utama Federal Reserve (the Fed), Michael Barr mengatakan stablecoin kripto dapat menjadi uang pribadi yang mungkin mengganggu stabilitas sistem keuangan Amerika Serikat (AS) jika dibiarkan.

Barr menegaskan kekhawatiran bank sentral terhadap token kripto industri swasta yang dipatok pada aset seperti dolar AS dan potensinya mengganggu dunia keuangan yang lebih luas. 

"Kami membutuhkan kerangka yang kuat. Lebih baik jika Kongres dapat memutuskan peraturan lalu lintas,” kata Barr, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (14/11/2023). 

Barr menambahkan, ada minat yang kuat terhadap regulasi federal mengenai stablecoin yang memastikan Federal Reserve dapat menyetujui, mengatur, dan menegakkan hukum terhadap penerbit stablecoin, termasuk dompet.

The Fed terus mempelajari teknologi yang akan mendasari mata uang digital yang didukung oleh bank sentral. Dia sebelumnya mengatakan The Fed tidak akan mengambil tindakan tanpa persetujuan Kongres dan cabang eksekutif.

Barr, yang menjabat sebagai gubernur The Fed untuk memberikan suara mengenai kebijakan moneter, mengatakan lembaga tersebut tetap berkomitmen untuk mengendalikan inflasi AS. 

Regulator perbankan terkemuka lainnya, Michael Hsu, pejabat pengawas keuangan mata uang tersebut, membuat perbedaan antara kripto, yang menurut dia  terganggu oleh penipuan, dan tokenisasi, yang menjanjikan efisiensi nyata.

3 dari 5 halaman

FTX Gugat Pertukaran Kripto ByBit, Ada Apa?

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan kebangkrutan FTX yang dipimpin oleh CEO John J. Ray, telah mengajukan gugatan terhadap pertukaran kripto ByBit, cabang investasinya Mirana, dan beberapa eksekutifnya. 

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (13/11/2023), tujuannya adalah untuk memulihkan dana dan aset digital yang ditarik ByBit dari FTX sesaat sebelum keruntuhannya, dengan nilai saat ini mendekati USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.694 per dolar AS).

Gugatan tersebut mengklaim ByBit menggunakan akses “VIP” dan hubungan dengan staf FTX untuk menarik uang tunai dan aset digital dalam jumlah besar dari Mirana, Time Research (entitas lain yang terkait dengan ByBit), dan eksekutif tepat sebelum keruntuhan FTX.

Selama kesulitan penarikan FTX pada November 2022, karyawan FTX melacak permintaan penarikan pelanggan VIP dalam spreadsheet berlabel Permintaan VIP Prioritaskan (Penyelesaian). 

Gugatan tersebut menuduh tim penyelesaian FTX berusaha keras untuk memprioritaskan penarikan Mirana yang signifikan, sehingga menghasilkan lebih dari USD 327 juta atau setara Rp 5,1 triliun transfer ke Mirana.Nilai total aset yang ditarik oleh ByBit dan eksekutifnya dari FTX kini dilaporkan mencapai hampir USD 1 miliar.

Gugatan tersebut juga mengklaim ByBit telah memberlakukan batasan pada properti FTX, mencegah penarikan aset melebihi USD 125 juta atau setara Rp 1,9 triliun di bursa ByBit. Diduga, ByBit menggunakan aset ini sebagai leverage untuk mencari pemulihan sisa saldo sebesar USD 20 juta atau setara Rp 313,8 miliar yang tidak dapat ditarik dari FTX sebelum keruntuhannya.

4 dari 5 halaman

Keruntuhan FTX Picu AS Perluas Perlindungan bagi Pedagang Berjangka Kripto

Sebelumnya diberitakan, regulator Amerika Serikat (AS) sedang menyusun rencana untuk memastikan lebih banyak bursa berjangka memisahkan dana klien dari uang tunai perusahaan mereka.Ini sebuah respons terbaru dari pembuat kebijakan AS terhadap kekacauan yang ditimbulkan oleh jatuhnya raksasa kripto FTX.

Rancangan proposal yang sedang dikerjakan oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS (CFTC) akan memperluas cakupan pertahanan peraturan yang ada untuk diterapkan pada bursa yang memungkinkan pelanggan berdagang tanpa melalui perantara. 

Versi batasan tersebut membantu mencegah FTX menggerebek dana pelanggan di anak perusahaan LedgerX, bekas unit dunia kripto Sam Bankman-Fried yang diawasi oleh CFTC, menurut salah satu komisaris agensi tersebut.

CFTC mengharuskan perusahaan untuk memisahkan aset pelanggan dan perusahaan sebagai syarat untuk membiarkannya menawarkan derivatif kripto yang sepenuhnya didukung oleh agunan langsung kepada pelanggan.

Anggota CFTC dari Partai Demokrat, Kristin Johnson mengatakan aturan yang mewajibkan pemisahan aset pelanggan harus berlaku untuk perusahaan mana pun yang menggunakan atau mencari model langsung ke pelanggan serupa, baik mereka menawarkan produk kripto atau jenis turunan lainnya. 

Argumen tersebut didukung oleh isolasi LedgerX dari kehancuran kerajaan FTX yang lebih luas dan keinginan untuk menghindari krisis serupa di masa depan.

CFTC Harus Segera Bertindak

CFTC harus segera bertindak untuk menerapkan aturan guna mencegah penyalahgunaan atau hilangnya dana pelanggan, mengingat kejadian seperti keruntuhan FTX.

"Hal ini sangat penting ketika kita mempertimbangkan struktur pasar langsung ke ritel untuk produk keuangan yang kompleks, seperti leverage, transaksi derivatif kripto, dan sangat penting ketika mengizinkan pendekatan likuidasi dan resolusi yang belum teruji,” kata Johnson, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (11/11/2023).

5 dari 5 halaman

Tuduhan terhadap Sam Bankman-Fried

Awal bulan ini, juri memutuskan Sam Bankman-Fried, mantan kepala eksekutif bursa, bersalah atas tujuh tuduhan penipuan dan konspirasi. 

Jaksa mengatakan Bankman-Fried mengarahkan transfer uang pelanggan FTX ke Alameda Research, dana lindung nilai yang berafiliasi, untuk investasi berisiko, sumbangan politik, dan real estat mahal sebelum kedua perusahaan tersebut bangkrut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.