Sukses

SEC Sebut Tindakan Penegakan Hukum terhadap Kripto Melonjak pada 2023

SEC menjelaskan telah mengambil berbagai tindakan penegakan hukum dalam ruang mata uang kripto, yang mencakup skema penipuan kripto bernilai miliaran dolar, penawaran aset kripto yang tidak terdaftar.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menerbitkan hasil penegakan terbaru terkait dengan aset kripto. Menurut SEC, tahun fiskal 2023 adalah tahun yang sangat produktif dan berdampak bagi upaya penegakan SEC terkait sekuritas aset kripto.

"Masyarakat yang berinvestasi mendapat manfaat dari pekerjaan Divisi Penegakan sebagai polisi,” kata Ketua SEC Gary Gensler dikutip dari Bitcoin, Kamis (16/11/2023).

SEC pun mengumumkan hasil penegakan hukumnya untuk tahun fiskal 2023 pada Selasa lalu. Regulator sekuritas tersebut mengungkapkan kalau mengajukan total 784 tindakan penegakan hukum, meningkat 3 persen dibandingkan tahun fiskal 2022. 

Regulator sekuritas menjelaskan telah mengambil berbagai tindakan penegakan hukum dalam ruang mata uang kripto, yang mencakup skema penipuan kripto bernilai miliaran dolar, penawaran aset kripto yang tidak terdaftar, platform, dan perantara, serta promosi ilegal oleh selebritas. 

SEC kemudian menyoroti sejumlah kasus penting yang melibatkan Terraform Labs dan salah satu pendirinya Do Kwon, Richard Heart dan entitas yang dikendalikannya, mantan CEO FTX Samuel Bankman-Fried (SBF), Genesis dan Gemini, Celsius, Kraken, Nexo, Beaxy, Bittrex, Binance, dan Coinbase.

SEC juga mengajukan tindakan pertamanya terhadap penerbit non-fungible token (NFT) pada tahun fiskal 2023, dengan menuntut Impact Theory LLC dan Stoner Cats 2 LLC.

Selain itu, SEC mengambil tindakan dalam beberapa kasus di mana "influencer" diduga mempromosikan sekuritas aset kripto tanpa mengungkapkan kompensasi mereka atas tindakan tersebut. Orang-orang ini termasuk Paul Pierce, Kim Kardashian, Lindsay Lohan, Jake Paul, Michele Mason (Kendra Lust), Miles Parks McCollum (Lil Yachty), Shaffer Smith (Ne-Yo), Aliaune Thiam (Akon), DeAndre Cortez Way (Soulja Boy ), dan Austin Mahone.

Pekan lalu, regulator AS lainnya, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC) mengajukan sejumlah tindakan penegakan kripto pada tahun fiskal ini.  

"Pada tahun fiskal 2023, CFTC mengajukan 47 tindakan yang melibatkan tindakan terkait komoditas aset digital, mewakili lebih dari 49 persen dari seluruh tindakan yang diajukan selama periode tersebut,” kata regulator.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ketua SEC Gary Gensler Minta Perusahaan Kripto Berhenti Tipu Investor

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah postingan X, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS Gary Gensler mengingatkan perusahaan kripto untuk mematuhi undang-undang sekuritas, dengan tidak menipu investor. 

Ini dilakukan Gensler dalam rangka memperingati 15 tahun whitepaper Bitcoin. Gensler juga menanyakan apakah pencipta mata uang kripto pertama Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto, dapat diidentifikasi dalam kostum Halloween.

"Setiap perusahaan kripto yang menipu investor harus mulai memperlakukan mereka untuk mematuhi undang-undang sekuritas,” kata Gensler, dikutip dari Coinmarketcap, ditulis Selasa (6/11/2023). 

Di bawah kepemimpinan Gensler, SEC telah mengambil sikap tegas terhadap industri aset digital, menuntut pemain kripto besar seperti Binance, Coinbase, dan Kraken. Sumber utama kekhawatiran Gensler adalah penjualan sekuritas yang tidak terdaftar oleh perusahaan kripto. 

Kritikus, termasuk para pemimpin industri dan anggota parlemen, menuduh Gensler menciptakan ambiguitas peraturan dan menghambat inovasi. Hal ini terjadi ketika SEC sedang meninjau banyak ETF Bitcoin spot, karena industri kripto memantau dengan cermat peristiwa ini.

Terkait ETF Bitcoin, Gensler kembali mengungkapkan SEC memiliki 8 hingga 10 pengajuan kemungkinan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

 

3 dari 5 halaman

Hakim Desak Keputusan SEC Soal Rencana Celsius Jadi Penambang Kripto

Sebelumnya diberitakan, regulator sekuritas Amerika Serikat (AS) telah didesak untuk memutuskan apakah mereka akan menyetujui rencana untuk mengubah Celsius Network menjadi perusahaan penambangan bitcoin. 

Proposal tersebut berupaya untuk membayar kembali pelanggan pemberi pinjaman mata uang kripto yang bangkrut dengan aset kripto dan saham di entitas pertambangan publik baru.

Melansir Bitcoin, Rabu (1/11/2023), Hakim Martin Glenn, yang mengawasi kebangkrutan Celsius, telah meminta Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk segera memutuskan apakah mereka akan memberi wewenang kepada perusahaan tersebut untuk mengubah dirinya menjadi perusahaan penambangan kripto. Hal itu diungkapkan oleh Bloomberg. 

Dalam sidang pengadilan pada Senin, Glenn mengatakan kepada pengacara yang mewakili regulator dia berharap SEC akan mempercepat proses pengambilan keputusan karena Celsius dan kreditornya telah segera menyelesaikan Bab 11. 

"SEC akan mengambil keputusan apa pun yang dianggap benar.  Saya hanya berharap prosesnya akan berjalan maju, jadi jika ada kendala yang menghadang, kami dapat mencoba menyelesaikannya di sepanjang jalan,” kata dia. 

Rencananya adalah membayar sebagian pelanggan yang memiliki rekening yang dibekukan sejak sebelum pemberi pinjaman mengajukan kebangkrutan pada Juni 2022, menggunakan campuran mata uang kripto dan saham di entitas penambangan kripto.  Dalam rincian laporan tersebut, yang terakhir akan memiliki tim manajemen baru yang dipimpin oleh Arrington Capital. 

Glenn mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan keputusan sesegera mungkin, tetapi meskipun demikian, pengaturan tersebut masih memerlukan persetujuan dari regulator sekuritas.  Jika rencana untuk keluar dari Bab 11 melalui transformasi yang disarankan menjadi bisnis baru gagal, perusahaan kripto tersebut dapat dilikuidasi.

 

4 dari 5 halaman

Keluhkan Biaya

Proposal pembayaran kembali, yang telah banyak didukung oleh kreditor, ditentang oleh beberapa pelanggan Celsius yang lebih memilih likuidasi karena mereka akan menerima lebih banyak kripto daripada saham di perusahaan baru yang belum membuktikan diri di pasar. 

Kemudian, yang lain mengeluhkan biaya yang dibayarkan kepada penasihat kebangkrutan yang bekerja untuk memastikan dukungan kreditor terhadap rencana tersebut.

Pada Juli tahun ini, SEC menggugat pemberi pinjaman kripto yang gagal tersebut dengan menuduhnya dan mantan CEO Alexander “Alex” Mashinsky membuat janji palsu untuk “Program Dapatkan Bunga” platform dan menyesatkan investor tentang keadaan keuangan perusahaan.  Badan tersebut juga menunjukkan bahwa investor tidak dapat menarik aset kripto senilai miliaran dolar AS ketika bisnisnya mulai runtuh.

 

5 dari 5 halaman

Uni Eropa Tetapkan Aturan Modal dan Likuiditas Penerbit Stablecoin

Sebelumnya diberitakan, pengawas perbankan Uni Eropa menetapkan proposal yang mewajibkan penerbit stablecoin untuk memiliki dana yang cukup untuk menebus investor sepenuhnya dan mengusulkan persyaratan modal dan likuiditas minimum untuk penerbit stablecoin dan jenis token digital lainnya.

EBA meluncurkan konsultasi publik mengenai persyaratan likuiditas untuk cadangan aset yang mendukung stablecoin, yang berarti hanya aset yang memenuhi syarat dengan kualitas cukup tinggi yang dapat digunakan.

Tujuannya adalah untuk memastikan aset-aset tersebut dapat dijual dengan cepat guna mengumpulkan uang tunai untuk membayar penebusan bahkan di pasar yang sedang tertekan, yang merupakan kunci untuk menghentikan penjualan dan penularan krisis

EBA mengatakan penerbit stablecoin yang didukung oleh suatu mata uang harus dapat menawarkan penebusan penuh yang setara dengan investor..

“Setelah penerapan pedoman tersebut, pengawas dapat memperkuat persyaratan likuiditas emiten terkait untuk menutupi risiko-risiko tersebut berdasarkan hasil stress test likuiditas,” kata EBA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (15/11/2023).

Stablecoin yang didukung oleh aset seperti emas, hanya perlu menawarkan penebusan sesuai harga pasar yang berlaku untuk aset tersebut pada saat penebusan. 

Bank-bank dikecualikan dari persyaratan likuiditas dalam beberapa kasus, mengingat bank-bank tersebut telah memiliki penyangga likuiditas berdasarkan peraturan permodalan dan likuiditas bank UE yang ada, kata EBA.

Aturan likuiditas yang diusulkan memastikan penerbit stablecoin, yang dapat berupa lembaga non-bank, memenuhi perlindungan yang sama, dan juga menghindari keuntungan modal atau likuiditas yang tidak adil terhadap bank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini