Sukses

Perusahaan Keamanan Kripto Milik Standard Chartered Luncurkan Layanan di Hong Kong

CEO Zodia, Julian Sawyer mengatakan Hong Kong adalah pasar di mana permintaan kripto didorong oleh institusi

Liputan6.com, Jakarta - Zodia Custody, perusahaan keamanan kripto yang dimiliki oleh raksasa perbankan Inggris Standard Chartered, meluncurkan layanannya di Hong Kong. Hal ini menandai dorongan terbaru bagi perusahaan yang berkantor pusat di Inggris ini untuk memasuki kawasan Asia-Pasifik.

Didirikan pada 2020, Zodia Custody membantu lembaga keuangan menyimpan kripto mereka dengan aman. CEO Zodia, Julian Sawyer mengatakan Hong Kong adalah pasar di mana permintaan kripto didorong oleh institusi, bukan pelanggan ritel, dan menambahkan ini adalah klien ideal untuk Zodia.

“Pemerintah Hong Kong dan regulator melihat aset digital sebagai masa depan dan juga ingin Hong Kong menjadi pusatnya,” kata Sawyer, dikutip dari CNBC, Senin (30/10/2023).

Zodia telah berkembang secara agresif di Asia. Memang, perusahaan membuka layanannya di Jepang, Singapura, dan Australia dalam beberapa bulan terakhir. 

Perusahaan ini sebagian dimiliki oleh Standard Chartered, serta Northern Trust dan SBI Holdings Jepang. Hong Kong adalah perhentian terakhir tur Zodia keliling kawasan Asia-Pasifik, kata Sawyer. 

“Apa yang kami lihat adalah pasti ada klien di keempat pasar tersebut yang ingin melakukan sesuatu. Kami juga melihat banyak klien dan prospek lain di luar keempat yurisdiksi tersebut yang ingin masuk dari sisi institusional,” jelas Sawyer.

Hong Kong semakin melakukan pemanasan terhadap aset kripto meskipun ada dorongan anti-kripto yang lebih luas dari Tiongkok, yang melarang perdagangan dan penambangan bitcoin pada 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rezim Peraturan

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) meluncurkan rezim peraturan untuk aset digital awal tahun ini, memberikan perusahaan kemampuan untuk mengajukan pendaftaran dan menawarkan layanan mereka dengan cara yang diatur.

Sejauh ini, hanya dua perusahaan, OSL Digital dan Hash Blockchain, yang telah diberikan lisensi oleh SFC. Zodia juga sedang berdiskusi dengan SFC dan Otoritas Moneter Hong Kong tentang regulasi di distrik keuangan.

Zodia memulai ekspansinya di Hong Kong secara bertahap. Pada awalnya, mereka akan berusaha menyediakan layanan untuk klien Hong Kong dalam kumpulan aset kripto terbatas.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Bank Standard Chartered Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 1,8 Miliar, Kapan?

Sebelumnya diberitakan, bank multinasional Inggris, Standard Chartered, kembali memberikan prediksi harga Bitcoin. Kali ini bank tersebut mengatakan Bitcoin akan naik menjadi USD 120.000 atau setara Rp 1,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.187 per dolar AS) pada akhir 2024, melonjak 300 persen dari saat ini.

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (11/7/2023), dalam sebuah laporan yang dilihat oleh Reuters, bank memperkirakan kenaikan Bitcoin akan didorong sebagian besar oleh para penambang yang menimbun koin mereka dan memotong penambahan pasokan Bitcoin yang beredar.

Peningkatan profitabilitas penambang per BTC (bitcoin) yang ditambang berarti mereka dapat menjual lebih sedikit sambil mempertahankan arus kas masuk, mengurangi pasokan BTC bersih dan mendorong harga BTC lebih tinggi,” tulis salah satu analis FX terkemuka Standard Chartered, Geoff Kendrick dalam laporan tersebut.

Bitcoin telah naik 82 persen tahun ini, dari USD 16.600 atau setara Rp 252,1 juta pada 1 Januari menjadi USD 30.280 atau setara Rp 459,8 juta. 

Karena penambang dihadiahi BTC dalam jumlah tetap (6,25) per blok, momentum harga bullish seperti itu telah membantu meningkatkan pendapatan industri sejak awal tahun, membalikkan momentum negatif di tengah penurunan pendapatan pada tahun 2022.

Tren sebaliknya terlihat pada Juni 2022, ketika jatuhnya harga BTC memaksa penambang besar seperti Core Scientific dan Riot untuk membuang sebagian besar koin mereka ke pasar, hanya berkontribusi pada jatuhnya Bitcoin hingga di bawah USD 18.000 atau setara Rp 273,3 juta.

Menurut perkiraan Kendrick, penambang masih menjual 100 persen koin yang baru ditambang untuk menutupi biaya. Namun, jika harga Bitcoin naik menjadi USD 50.000 atau setara Rp 759,3 juta pada akhir tahun, pangsa koin yang terjual ini mungkin berkurang menjadi hanya 20-30 persen, mengurangi pasokan yang beredar dan menciptakan putaran umpan balik yang bullish.

 

4 dari 5 halaman

Coinbase Kolaborasi dengan Standard Chartered, Sediakan Layanan Baru Crypto bagi pelanggan di Singapura

Sebelumnya diberitakan, pertukaran crypto yang terdaftar di AS, Coinbase Global menjalin kolaborasi dengan Standard Chartered untuk menyediakan layanan baru bagi pelanggan di Singapura.

Pengguna di Singapura dapat dengan mudah memindahkan atau transfer dana mereka dari dan ke akun Coinbase menggunakan bank lokal setempat.

Direktur Coinbase Singapura, Hassan Ahmed menjelaskan kemitraan dengan perbankan ini patut dicermati, mengingat beberapa perusahaan crypto, manajer aset, dan dana lindung nilai sedang berjuang mengembalikan kepercayaan pasar usai gejolak di sektor keuangan AS dalam seminggu terakhir.

Diskusi dengan Standard Chartered sendiri berlangsung sebelum runtuhnya tiga bank AS dalam seminggu terakhir“Untuk integrasi perbankan khususnya, menurut saya latar belakangnya agak menarik,” kata Ahmed, melansir laman Straits Times, Kamis (16/3/2023).

Sebagai gambaran, krisis Silvergate Capital dan Signature Bank dinilai sangat parah bagi industri aset digital. Sebab, keduanya mengoperasikan jaringan pembayaran yang secara real-time dalam 7 hari dan 1 minggu bagi industri kripto. Layanan tersebut selama ini memfasilitasi aliran uang ke kripto dan dari kripto.

Kemitraan Coinbase dengan Standard Chartered akan memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima pembayaran real-time dan juga memungkinkan pertukaran secara otomatis merekonsiliasi akun pengguna.

Coinbase telah menerima persetujuan prinsip atau In-Principle Approval (IPA) dari Otoritas Moneter Singapura (MAS) berdasarkan Undang-Undang (UU) Layanan Pembayaran (Payment Services Act/PSA) untuk menyediakan layanan token pembayaran digital (Digital Payment Token/DPT) di Singapura.

 

5 dari 5 halaman

SEC Tangani 10 Pengajuan Produk ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler mengungkapkan SEC tengah menangani 8 hingga 10 pengajuan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan mendapat izin.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

Hingga saat ini, SEC hanya menyetujui ETF yang terkait dengan kontrak berjangka bitcoin. Mata uang kripto terbesar di dunia ini terakhir turun 1,6 persen pada USD 33.958 atau setara Rp 540,8 juta (asumsi kurs Rp 15.927 per dolar AS), setelah naik hampir 14 persen sepanjang minggu ini.

“Mereka berpotensi datang ke komisi yang beranggotakan lima orang. Saya tidak akan berprasangka buruk terhadap mereka, tetapi saya tidak punya kepastian waktu. Mereka semua memiliki tanggal pengajuan yang berbeda-beda,” kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (27/10/2023). 

Aplikasi ARK Invest milik Cathie Wood berada di garis depan. Periode komentar SEC selama 240 hari untuk permohonan tersebut berakhir pada 10 Januari 2024; regulator harus menolak atau menyetujuinya pada tanggal tersebut.

BlackRock, Bitwise, WisdomTree, Fidelity, dan Invesco adalah beberapa perusahaan lain dengan permohonan dana bitcoin yang tertunda di AS.

Antisipasi terhadap ETF Bitcoin telah meningkat setelah SEC memilih untuk tidak mengajukan banding atas keputusan pengadilan bahwa menolak permohonan dari Grayscale Investments untuk mengubah kepercayaan bitcoin yang ada menjadi ETF bitcoin spot adalah tindakan yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.