Sukses

Buenos Aires Luncurkan KTP Berbasis Blockchain Oktober 2023

Tahap pertama peluncuran Quarkid akan dimulai dengan mengizinkan warganya untuk mengklaim dokumen dasar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Buenos Aires mengumumkan penerapan proyek kartu penduduk berbasis blockchain digital yang disebut Quarkid untuk warganya. Ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kepemilikan penuh atas data mereka, hanya memberikan akses kepada pihak ketiga yang tepercaya dan berizin.

Quarkid akan menggunakan Zksync Era, protokol Ethereum L2 (Layer 2) zero-knowledge (ZK), sebagai basisnya, memungkinkan penggunaan bukti matematis semacam ini untuk tujuan privasi dan kerahasiaan. 

Quarkid diciptakan bersama oleh Extrimian, sebuah perusahaan layanan blockchain yang berfokus secara institusional di Argentina, yang bertujuan untuk memperluas layanan ini ke seluruh negeri.

Mengenai pentingnya langkah ini, CEO Extrimian Guillermo Villanueva menyatakan, ini merupakan langkah penting menuju masa depan layanan pemerintah yang lebih aman dan efisien di Amerika Latin.

"Quarkid menciptakan hubungan yang lebih erat antara pemerintah dan warganya sekaligus membawa praktik identitas digital dan standar keamanan ke Amerika Latin.” kata Villanueva, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (12/10/2023).

Ketersediaan Dokumen dan Masa Depan

Tahap pertama peluncuran Quarkid akan dimulai pada Oktober, dengan pemerintah Buenos Aires mengizinkan warganya untuk mengklaim dokumen dasar, termasuk akta kelahiran dan pernikahan. 

Namun, pada akhir tahun ini, pada November, warga Buenos Aires akan dapat mengklaim dokumen seperti bukti pendapatan dan verifikasi akademis menggunakan dompet Quarkid mereka. Pada akhir tahun ini, pemerintah akan merancang peta jalan untuk memperluas layanannya kepada lebih dari 2,5 juta warga.

Sekretaris Inovasi Buenos Aires, Diego Fernandez, salah satu pendukung di balik gagasan identitas digital, menjelaskan dengan inovasi ini, kota ini akan menetapkan standar bagaimana negara-negara lain di kawasan ini harus menggunakan teknologi blockchain untuk kepentingan rakyat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini