Sukses

Arus Masuk Produk Investasi Kripto Sentuh Rp 1,2 Triliun, Tertinggi Sejak Juli 2023

Peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Ether minggu lalu di AS menarik arus masuk sedikit di bawah USD 10 juta

Liputan6.com, Jakarta - - Arus masuk produk investasi mata uang kripto mencapai USD 78 juta atau setara Rp 1,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.707 per dolar AS) pada minggu lalu, volume tertinggi sejak Juli, menurut data manajer aset kripto CoinShares.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (10/10/2023) peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Ether minggu lalu di AS menarik arus masuk sedikit di bawah USD 10 juta atau setara Rp 157 miliar pada minggu pertama, menyoroti selera yang lemah, kata CoinShares dalam sebuah laporan.

Volume perdagangan untuk produk yang diperdagangkan di bursa juga meningkat sebesar 37 persen menjadi USD 1,13 miliar atau setara Rp 17,7 triliun pada minggu lalu.

Bitcoin mengambil bagian terbesar, dengan USD 43 juta atau setara Rp 675,4 miliar, atau 55 persen dari total arus masuk USD 78 juta dari minggu lalu. Solana mengalami minggu arus masuk terbesar sejak Maret 2022, dengan total USD 24 juta atau setara Rp 376,9 miliar.

Sementara itu, jumlah dana yang dikumpulkan oleh perusahaan kripto turun ke level terendah dalam tiga tahun sebesar USD 2,1 miliar atau setara Rp 32,9 triliun pada kuartal ketiga 2023, menurut perusahaan intelijen on-chain Messari.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Ekspansi ke Eropa, Pertukaran Kripto Kraken Akuisisi Perusahaan Belanda

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto Kraken berencana mengakuisisi platform cryptocurrency yang berbasis di Belanda sebagai basis untuk ekspansi Eropa di masa depan. 

Bursa yang berbasis di Amerika Serikat, Kraken, telah mengumumkan kesepakatan yang tertunda untuk mengakuisisi bursa mata uang kripto yang berbasis di Belanda, Coin Meester BV (BCM) karena perusahaan tersebut mengarahkan pandangannya pada ekspansi Eropa.

Meskipun rincian keuangan dari kesepakatan tersebut belum diungkapkan, Kraken dan BCM mengumumkan akuisisi yang akan terjadi berkat pembentukan kerangka peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA) di Uni Eropa (UE).

Pengumuman dari Kraken menyoroti rencananya untuk mengembangkan bisnisnya di seluruh Eropa, setelah memperoleh lisensi penyedia layanan aset virtual (VASP) untuk beroperasi di Irlandia, Italia, dan Spanyol.

Pernyataan dari CEO Kraken David Ripley menyoroti kekuatan ekonomi Belanda, tingginya tingkat adopsi mata uang kripto, serta budaya inovasi sebagai alasan pendorong untuk membangun basis operasi di negara tersebut.

“Akuisisi BCM akan memberikan Kraken posisi yang cukup besar di pasar Belanda dan memungkinkan klien BCM mendapatkan keuntungan dari penawaran produk yang lebih kuat,” kata Ripley dikutip dari Cointelegraph, Sabtu (7/10/2023).

Salah satu pendiri dan CEO BCM Mitchell Zandwijken mengatakan basis klien yang ada akan mendapatkan keuntungan dari investasi dan inovasi Kraken yang akan dihasilkan dari akuisisi tersebut.

“Kraken adalah pionir dalam bidang ini dengan rekam jejak lebih dari satu dekade, menjadikannya pelayan sempurna bagi bisnis kami di masa depan,” ujar Zandwijken.

BCM, yang baru-baru ini berganti nama dari Bitcoin Meester, didirikan pada 2017 dan menawarkan layanan perdagangan dan staking mata uang kripto yang mencakup akses ke lebih dari 170 mata uang kripto.

Perusahaan ini terdaftar sebagai penyedia layanan cryptocurrency Belanda di De Nederlandsche Bank. Kedua perusahaan mencatat bahwa kesepakatan tersebut masih memerlukan persetujuan regulator yang mencakup izin dari Bank Sentral Belanda.

3 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Nigeria yang Diretas Kumpulkan Modal untuk Penggantian Biaya Pengguna

Sebelumnya diberitakan, platform pertukaran kripto Nigeria Patricia dilaporkan telah mengumpulkan sejumlah modal yang dirahasiakan untuk mendanai rencana penggantian biaya bagi pengguna yang terkena dampak peretasan pada Mei. 

Peningkatan modal yang dilaporkan oleh bursa kripto terjadi hanya beberapa minggu setelah secara sepihak mengubah dana pengguna menjadi token stablecoin yang dikenal sebagai token patricia.

Bursa kripto Patricia kehilangan aset digital senilai sekitar USD 2 juta atau setara Rp 30,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.493 per dolar AS) setelah peretas membobol platform kripto. 

Saat itu, tim Patricia mengatakan hanya aset BTC dan naira yang disusupi. Tim juga mengklaim pembekuan penarikan berikutnya dimaksudkan untuk memberikan waktu pertukaran kripto untuk meningkatkan platform perdagangannya.

Namun, meskipun pernyataan terbaru dan masa lalu Patricia meyakinkan pelanggan yang terkena dampak, sebuah laporan dari Techcabal menunjukkan pengguna semakin tidak sabar. 

Untuk meredakan frustasi pelanggan, CEO perusahaan Hanu Fejiro dilaporkan memberi tahu pengguna Patricia telah mendapatkan dana untuk memulai proses penggantian.

“Kami telah mengumpulkan uang dan kami telah bekerja sangat keras untuk mengembalikan uang tersebut kepada Anda. Saat kami meluncurkan aplikasinya, pelanggan pertama akan bisa mendapatkan uangnya kembali dengan segera dan penuh,” kata Fejiro dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (7/10/2023).

Namun, kegagalan CEO untuk memberikan tanggal pasti kapan pelanggan yang terkena dampak akan mendapatkan pengembalian dana dilaporkan membuat pengguna gusar. Sebagai konsekuensinya, beberapa pengguna telah mengusulkan untuk melakukan protes terhadap bursa tersebut sementara yang lain dilaporkan sekarang mempertimbangkan kemungkinan untuk menuntut Patricia.

 

 

4 dari 4 halaman

Insiden Peretasan Kripto Melonjak 153 Persen pada Kuartal Tiga 2023

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan keamanan Blockchain ImmuneFi melaporkan jumlah insiden peretasan kripto melonjak 153 persen pada kuartal ketiga dibandingkan 2022, dengan jumlah insiden melonjak menjadi 76 di dari hanya 30 pada periode yang sama tahun lalu.

Kerugian akibat peretasan dan penipuan meningkat menjadi lebih dari USD 685 juta atau setara Rp 10,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.540 per dolar AS) pada kuartal tiga, meningkat 60 persen dari sekitar USD 429 juta atau setara Rp 6,66 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

“Kuartal 3 mengalami kerugian tertinggi tahun ini, didorong oleh serangan skala besar seperti yang terjadi pada Mixin Network dan Multichain,” kata CEO ImmuneFi, Mitchell Amador dalam laporan, dikutip dari Crypto Briefing, Jumat (6/10/2023). 

Amador menambahkan, aktor-aktor yang didukung negara memainkan peran penting karena mereka diduga berada di balik beberapa kasus pada kuartal ini. 

Dua eksploitasi terbesar baru-baru ini yaitu peretasan Mixin Network senilai USD 200 juta atau setara Rp 3,1 triliun dan peretasan Multichain senilai USD 126 juta atau setara Rp 1,9 triliun menyumbang hampir setengah dari total kerugian pada kuartal tersebut. 

Para pejabat Korea Selatan menyalahkan peretasan Mixin pada peretas yang disponsori Korea Utara yang dikenal sebagai Lazarus Group. Grup Lazarus juga diduga berada di balik peretasan besar-besaran terhadap bursa kripto CoinEx, Alphapo, dan Stake serta perusahaan pembayaran digital CoinsPaid selama kuartal tersebut.

Lonjakan insiden ini menyoroti meningkatnya kecanggihan kelompok peretas yang menargetkan proyek-proyek blockchain, serta kompleksitas kode kontrak pintar yang mendasari banyak aplikasi DeFi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.