Sukses

Harga Kripto Hari Ini 24 September 2023: Bitcoin Naik Terbatas, Cardano Pimpin Penguatan

Harga kripto jajaran teratas beragam pada perdagangan Minggu pagi 24 September 2023. Harga cardano catat penguatan terbesar. sedangkan bitcoin naik tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran atas terpantau bervariasi pada perdagangan Minggu pagi, (24/9/2023). Harga bitcoin dan Ethereum kompak menghijau.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin naik 0,25 persen. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin naik tipis 0,06 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 26.601,95 atau sekitar Rp 408,51 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah 15.357).

Harga Ethereum naik tipis 0,14 persen dalam 24 jam terakhir, saat artikel ini ditulis. Namun, selama sepekan, harga Ethereum (ETH) merosot 2,5 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 1.594, 18 atau Rp 24,4 juta.

Harga kripto binance coin (BNB) naik tipis 0,01 persen selama 24 jam terakhir. Namun, sepekan terakhir, harga BNB turun 1,98 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 210,62.

Sementara itu, harga XRP tergelinicr 0,56 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP naik 1,8 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5094.

Harga dogecoin naik 0,18 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Dogecoin susut 0,98 persen. Saat ini, harga dogecoin (DOGE) berada di posisi USD 0,06155.

Harga cardano (ADA) naik 0,75 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir harga cardano terbenam 1,5 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,2459.

Harga solana (SOL) naik 0,49 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana melesat 1,87 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 19,44.

Harga toncoin (TON) naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga toncoin terperosok 8,6 persen. Saat ini, harga toncoin berada di posisi USD 2,30.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether (USDT) naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT melemah 0,02 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Demikian juga harga USD Coin (USDC) naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC berada di zona merah. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik tipis 0,19 persen ke posisi USD 1,05 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Terus Turun Usai Keputusan The Fed, Ini Penyebabnya

Sebelumnya, pasar kripto dan Bitcoin terus mengalami penurunan setelah keputusan The Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral Amerika Serikat yang menahan laju kenaikan suku bunga di kisaran 5,25 hingga 5,5 persen. Namun, tidak hanya itu ada beberapa faktor lain yang membuat harga Bitcoin terus tertekan.

Harga Bitcoin kini kembali di bawah USD 27.000 atau setara Rp 415,2 juta (asumsi kurs Rp 15.378 per dolar AS) melewati garis support dan terus bergerak turun. Penurunan bitcoin ini berkorelasi dengan indeks pasar saham AS yang juga mengalami koreksi. 

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan, Wall Street juga merosot dalam aksi jual luas pada Kamis karena selera risiko investor pupus oleh kekhawatiran kebijakan moneter ketat The Fed akan tetap berlaku lebih lama dari yang diperkirakan.

“Keputusan The Fed yang kasih jeda ini dianggap sebagai sentimen netral karena berarti suku bunga acuan belum naik sehingga dianggap kondisi perekonomian mulai membaik walau harga makanan dan energi seperti bensin masih terus naik,” kata Fyqieh dalam siaran pers, dikutip Jumat (22/9/2023).

Fyqieh menambahkan, walau bersifat netral, saat ini dolar AS berhasil bergerak naik dan imbal hasil obligasi pemerintah AS mencapai puncaknya dalam 16 tahun sehari setelah Ketua The Fed, Jerome Powell memperingatkan inflasi masih memiliki jalan panjang sebelum mendekati target sebesar 2 persen.

Pasar kripto cenderung mendapatkan sentimen yang bearish lebih tinggi. Hal ini terlihat dari penurunan indeks Fear and Greed pada Jumat di angka 43 poin kategori Fear, anjlok dari 47 poin kategori Neutral pada Kamis.

Investor mungkin merasa khawatir tentang volatilitas yang tinggi dan ketidakpastian yang terkait dengan pergerakan harga Bitcoin. 

"Sentimen bearish ini bisa mendorong lebih banyak investor untuk menjual kripto mereka, yang pada gilirannya dapat memperkuat penurunan harga,” pungkas Fyqieh.

 

3 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Diprediksi Sentuh Rp 568 Juta pada Akhir 2023

Sebelumnya, kuartal terakhir setiap tahun secara historis merupakan yang terkuat bagi bitcoin (BTC) dalam hal kinerja, dengan pengembalian rata-rata lebih dari 35 persen selama sembilan tahun terakhir.

Dalam laporan terbaru penyedia layanan kripto Matrixport, Rabu, 20 September 2023 memprediksi harga Bitcoin dapat menyentuh USD 37.000 atau setara Rp 568,5 juta (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS). 

“Jika sejarah adalah panduan, bitcoin bisa mencapai USD 37,000 pada akhir tahun,” tulis kepala penelitian Matrixport, Markus Thielen dalam laporannya, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Thielen menjelaskan, Oktober juga menjadi bulan yang sangat kuat, dengan pengembalian bitcoin yang positif dalam tujuh dari sembilan tahun terakhir, dengan pengembalian rata-rata 20 persen.

Analisis teknis Matrixport menunjukkan bitcoin baru-baru ini membuat sinyal terobosan baru. Sepuluh kali terakhir model ini dipicu, harganya naik rata-rata lebih dari 9 persen dalam waktu singkat.

Katalis potensial lainnya pada bulan Oktober adalah tenggat waktu kedua untuk pengajuan dana yang diperdagangkan di bursa spot (ETF) bitcoin, ketika Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) harus mengumumkan atau menunda keputusannya untuk menyetujui ETF ini, tambah laporan itu.

Regulator mengatakan pada Agustus mereka menunda keputusannya apakah akan menyetujui semua aplikasi ETF bitcoin spot atau tidak hingga Oktober.

 

 

4 dari 4 halaman

Kebijakan Pajak Baru Thailand Targetkan Investor Kripto

Sebelumnya, Thailand, negara yang sebelumnya terkenal dengan kebijakan ramah kripto, berencana mengenakan pajak atas pendapatan asing para pedagang kripto untuk mendanai langkah-langkah stimulus ekonominya, termasuk pengiriman airdrop secara nasional. 

Pemerintah yang baru dilantik sedang berjuang mencari cara untuk membiayai langkah-langkah stimulus ekonomi yang direncanakan. Pada 19 September, Bangkok Post melaporkan Departemen Pendapatan Thailand menargetkan pendapatan luar negeri, khususnya menyebutkan pedagang mata uang kripto. 

Menurut peraturan baru, mereka yang memperoleh penghasilan di luar negeri dari pekerjaan atau aset akan dikenakan pajak penghasilan pribadi. Pajak baru yang diusulkan akan menargetkan warga Thailand dan warga negara asing yang tinggal di Kerajaan tersebut selama lebih dari 180 hari per tahun.

Pakar hukum mengatakan kebijakan baru tersebut tampaknya memiliki target khusus, termasuk penduduk melakukan perdagangan di pasar saham asing melalui pialang asing dan pedagang mata uang kripto.

"Prinsip perpajakan adalah memastikan bahwa setiap orang membayar bagiannya secara adil. Pemerintah perlu mencari sumber pendapatan baru untuk mendanai langkah-langkah stimulus ekonominya dan ini adalah salah satu cara untuk melakukannya,” kata sumber Kementerian Keuangan kepada Bangkok Post, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/9/2023).

Perlu dicatat ini bukan pertama kalinya Thailand menerapkan peraturan pajak terhadap pedagang kripto. Pada Januari 2022, keuntungan dari perdagangan mata uang kripto dikenakan pajak keuntungan modal sebesar 15 persen. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini