Sukses

Gandeng Polygon Labs, Casio Luncurkan NFT dan Virtual G-SHOCK

Sejumlah peminat dapat klaim salah satu dari 15.000 kartu creator G-SHOCK berbasis NFT mulai 23 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu raksasa elektronik Jepang, Casio, meluncurkan jam tangan G-SHOCK virtual yang memanfaatkan protokol Polygon. Proyek tersebut digarap bekerja sama dengan Polygon Labs, solusi skalabilitas Layer-2 terkemuka dari jaringan blockchain Ethereum.

Selain jam tangan virtual, Casio bersiap untuk merilis koleksi akses komunitas yang didasarkan pada teknologi NFT (Non-Fungible Token). Mulai 23 September, para peminat dapat mengklaim salah satu dari 15.000 kartu kreator G-SHOCK berbasis NFT. Inisiatif ini juga memberi pengguna akses eksklusif ke saluran Discord khusus yang dibuat secara eksplisit untuk proyek ini.

Melansir Crypto News, Rabu (6/9/2023), Casio telah menyusun rencana distribusi dua fase untuk tiket ini. Pada tahap awal, individu yang terdaftar untuk ID CASIO di situs keanggotaan resmi berhak untuk berpartisipasi dalam fase pra-distribusi, yang dijadwalkan pada 23-26 September. Setelah itu, tahap distribusi publik akan dimulai pada 26-29 September.

Langkah ini dilakukan setelah pengajuan merek dagang Casio baru-baru ini ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS pada 22 Agustus.

Permohonan tersebut mencakup berbagai domain, termasuk pakaian virtual, media yang didukung NFT, jam tangan, dan etalase barang virtual. Rangkaian G-SHOCK Casio telah menjadi produk andalan perusahaan tersebut. Pengenalan kartu kreator berbasis NFT tampaknya menjadi langkah strategis untuk memanfaatkan popularitas seri G-SHOCK yang sudah ada.

Kontribusi Desain Komunitas

Casio mengundang pengguna untuk menyumbangkan konsep desain kartu kreator G-SHOCK sebagai bagian dari inisiatif komunitas ini. Selain itu, pengguna dapat memilih desain favorit mereka, dan konsep pemenang akan diintegrasikan ke dalam varian tiket NFT di tahap selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluncuran Usaha Web3

Pilihan Casio terhadap Polygon sebagai landasan peluncuran usaha Web3-nya berasal dari kemampuan platform untuk mendukung transaksi cepat, memfasilitasi proses yang lancar dan efisien untuk pembuatan dan pengelolaan NFT, sambil tetap berpegang pada pendekatan netral karbon.

"Pembuatan bersama Proyek G-Shock Virtual bertujuan untuk meningkatkan kehadiran merek G-Shock di dunia virtual dan Web3 serta menumbuhkan budaya memakai jam tangan di dunia virtual," kata Manajer Umum Senior Jam Tangan di Casio, Takahashi Oh.

Inisiatif ini menempatkan Casio sejajar dengan merek terkenal lainnya, seperti Starbucks, Adidas, dan DraftKings, yang semuanya telah memulai proyek NFT masing-masing bekerja sama dengan Polygon Labs.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Penjualan NFT Kembali Terpukul, Catatkan Penurunan 3 Pekan Berturut-turut

Sebelumnya, penjualan Non Fungible Token (NFT) kembali terpukul, turun lebih dari 10 persen pekan ini, dengan total transaksi USD 85 juta atau setara Rp 1,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.225 per dolar AS) sejak Sabtu, 26 Agustus 2023. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (5/9/2023), ini menandai penurunan penjualan NFT selama tiga minggu berturut-turut, mencerminkan penurunan di pasar kripto yang lebih luas. Kemerosotan ekonomi kripto ini sangat dampak signifikan terhadap pasar NFT.

Menariknya, jumlah pembeli NFT melonjak, menunjukkan peningkatan 20.35 persen dari minggu sebelumnya. Data yang dikumpulkan pada 2 September 2023, selama tujuh hari terakhir sejak 26 Agustus, mengungkapkan NFT berbasis Ethereum mendominasi pasar, menghasilkan USD 47,8 juta atau setara Rp 727,7 miliar. 

Namun, penjualan ETH NFT merosot sebesar 18,75 persen minggu ini. Mengikuti Ethereum dalam penjualan NFT adalah Mythos, Solana, Polygon, dan Immutable X, melengkapi lima blockchain teratas. Solana mengalami penurunan paling signifikan dengan penjualan anjlok 24,19 persen. 

Sebaliknya, Mythos menyaksikan lonjakan 12,85 persen minggu ini. Selama tujuh hari terakhir, penjualan Polygon turun 12,14 persen, sementara Immutable X memimpin lima besar dengan peningkatan 36,46 persen. 

NFT Bitcoin (BTC) mempertahankan posisi ketujuh mereka, mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 6,43 persen. Meskipun Arbitrum menikmati lonjakan 57.71 persen minggu ini, Arbitrum hanya mengumpulkan USD 667.646 atau setara Rp 10,1 miliar dalam penjualan NFT.

 

4 dari 4 halaman

Perdagangan NFT di Ethereum Sentuh Level Terendah dalam 2 Tahun

Sebelumnya, volume perdagangan bulanan NFT berbasis Ethereum mencapai level terendah dalam dua tahun pada bulan lalu. Hal itu salah satunya karena aktivitas di pasar OpenSea, Blur, LooksRare, dan X2Y2 disebut mulai mengering.

Melansir The Block, Minggu (3/9/2023), volume perdagangan turun menjadi USD 407 juta pada Agustus, turun 32 persen dari Juli sebesar USD 599 juta. Sekaligus menjadi volume perdagangan terendah sejak Juni 2021. X2Y2 memimpin pelemahan dengan penurunan 40 persen dari bulan ke bulan (month over month/MoM), dengan volume perdagangan Blur, OpenSea, dan LooksRare masing-masing turun 38 persen, 18 persen, dan 8 persen.

OpenSea, yang pernah mendominasi lanskap pasar NFT dan memberikan penawaran investasi dengan penilaian USD 10 miliar juga mencatatkan jumlah pengguna aktif terendah sejak Juli 2021, menurut Dune Analytics. Pengguna aktif OpenSea turun 12 persen menjadi 126,000 di bulan Agustus.

Minat terhadap NFT blue-chip dan koleksi berbasis Solana menurun Sementara pasar kripto yang lebih luas telah mengalami penurunan volume perdagangan yang signifikan. NFT sangat terpukul sejak puncak pasar tahun 2021, kondisi ini menunjukkan penurunan minat.

Indeks Koleksi NFT Blue-Chip Bitwise, yang merupakan beberapa koleksi NFT terbesar, seperti CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, Azuki, dan DeGods, turun 37 persen tahun ini, periode di mana ethereum terapresiasi 37 persen.

Solana, blockchain lain yang populer untuk mencetak dan memperdagangkan NFT, juga mengalami nasib yang sama, dengan volume perdagangan harian di pasar NFT berbasis Solana turun di bawah USD 1 juta untuk pertama kalinya sejak September 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.