Sukses

Coinbase Bakal Tangguhkan Perdagangan 6 Aset Kripto pada September 2023

Keputusan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Coinbase untuk mempertahankan standar kualitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam langkah yang tidak terduga, Coinbase Assets mengumumkan akan menangguhkan perdagangan enam aset mata uang kripto pada 6 September 2023.

Dilansir dari Crypto Potato, Sabtu (26/8/2023), pengumuman Coinbase menyebutkan enam token, yang meliputi BarnBridge (BOND), DerivaDAO (DDX), Jupiter (JUP), Multichain (MULTI), Ooki (OOKI) dan Voyager (VGX). 

Penangguhan ini berarti aset tidak lagi menikmati beberapa layanan inti bursa, termasuk Perdagangan Sederhana dan Lanjutan, Coinbase Pro, Coinbase Exchange, dan Coinbase Prime.

Berdasarkan rilisnya, penangguhan aset tersebut akan berlaku mulai 7 September, sekitar dua minggu dari sekarang. Pengumuman tersebut mendapat perhatian besar secara online, dengan ribuan penayangan dan suka di Twitter dalam beberapa jam.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Coinbase untuk mempertahankan standar kualitas tinggi yang terkait dengan aset yang terdaftar. 

Setelah peninjauan menyeluruh, perusahaan tersebut menjelaskan aset yang dihapuskan tersebut tidak memenuhi standar pencatatan yang disyaratkan oleh bursa populer.

Setelah pengumuman tersebut, aset-aset, termasuk BOND, DDX, JUP, OOKI, VGX, dan MULTI, masing-masing mencatat penurunan harga sebesar 5,1 persen, 24 persen, 16 persen, 0,5 persen, 6 persen, dan 0,7 persen.

Penghapusan pencatatan baru-baru ini menambah masalah Multichain yang semakin berkembang, termasuk penangkapan CEO dan penutupan jembatan setelah kehilangan lebih dari USD 109 juta atau setara Rp 1,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.298 per dolar AS) dalam bentuk kripto. Faktanya, saat ini, sebagian besar komunitas kripto percaya Multichain adalah proyek mati.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkuat Ekosistem USDC, Coinbase Berinvestasi ke Circle dan Bubarkan Konsorsium Centre

Sebelumnya, pertukaran Cryptocurrency Coinbase (COIN) mengantongi saham minoritas di Circle Internet Financial. Buntutnya, Konsorsium yang menerbitkan stablecoin USDC, Centre Consortium, telah dibubarkan.

"Centre tidak akan lagi ada sebagai entitas yang berdiri sendiri dan Circle akan tetap sebagai penerbit USDC, membawa tanggung jawab tata kelola dan operasi Centre mana pun," kata CEO Circle Jeremy Allaire dan CEO Coinbase Brian Armstrong dalam sebuah blog, dikutip dari laman DeCrypt, Selasa (22/8/2023).

Pengumuman menambahkan, pendapatan bunga dari cadangan dolar yang mendukung token USDC akan terus dibagi antara kedua perusahaan, tetapi pembagiannya sekarang akan sama. Circle, penerbit stablecoin USD Coin (USDC) selalu diasosiasikan dengan Coinbase melalui konsorsiumnya, sebuah kelompok terpisah yang dibentuk untuk mengatur token dalam dolar AS.

Konsorsiumnya sendiri didirikan oleh Coinbase dan Circle pada 2018. Saat itu, konsorsium tersebut mengatakan bahwa mereka menyambut baik partisipasi industri yang luas dan akan memperkenalkan lebih banyak penerbit USDC.

Sekarang Circle akan menjadi satu-satunya penerbit USDC. Unggahan dalam blog tersebut juga mengatakan bahwa USDC akan diluncurkan pada enam blockchain baru hingga akhir Oktober, tetapi tanpa menyebutkan jaringan mana. Artinya, USDC akan tersedia di 15 jaringan berbeda.

 

3 dari 4 halaman

Stablecoin Terbesar Kedua

USDC telah lama menjadi stablecoin terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Yakni sekitar USD 26 miliar. Stablecoin biasanya didukung oleh cadangan fiat, dalam hal ini dolar AS.Token dapat dibeli masing-masing seharga USD 1 dan kemudian ditukarkan dengan dolar.

Sementara itu, Circle memegang cadangan dolar yang dibutuhkan untuk menebus semua token USDC yang beredar. Tapi cadangannya tidak semuanya berupa uang tunai. Stablecoin juga dapat didukung oleh uang kertas pemerintah, seperti Treasury Bills, yang mengalami kenaikan imbal hasil ketika Federal Reserve mencoba memerangi inflasi dengan menaikkan suku bunga.

Stablecoin mempunyai potensi untuk meningkatkan penerapan mata uang kripto di dunia nyata dan memelopori struktur keuangan global yang lebih inklusif dan transparan. Dengan aspirasi yang sama, Coinbase dan Circle bersiap untuk lebih meningkatkan kerangka USDC, memastikan sirkulasi luas dan penerimaan global.

Awal bulan ini, Coinbase melaporkan pendapatan kuartal II lebih dari USD 700 juta. Analis menunjukkan bahwa cara perusahaan menghasilkan uang telah berubah secara dramatis sejak IPO pada 2021. Selama bear market berlangsung, ketika aktivitas perdagangan cenderung berkurang di bursa kripto, pendapatan dari biaya perdagangan berkurang. Namun karena keterlibatannya dalam Konsorsium Centre, Coinbase menghitung perolehan bunga dari cadangan USDC sebagai bagian yang cukup besar dari pendapatannya.

 

4 dari 4 halaman

Intip Kinerja TAP Coin, Kripto Milik The Tap Project

Sebelumnya, The Tap Project (TTT) adalah proyek berbasis blockchain yang dihosting di blockchain Ethereum dan bertujuan untuk memberikan solusi unik di dunia game. 

Dilansir dari NewsBTC, Senin (21/8/2023), Tap Coin disiapkan untuk menjadi token utilitas penuh yang melayani seluruh pasar game. 

Daripada memiliki banyak token digital lama untuk setiap judul atau perusahaan game, semua mata uang dalam game akan didesentralisasi menjadi satu “mata uang game” yang kemudian dapat ditukar dengan cryptocurrency lain atau bahkan dengan uang fiat.

Ekosistem TTT memiliki kripto utilitas sendiri yang dinamakan Tap Coin sebagai pengganti token dalam game. Tap Coin digunakan sebagai saluran untuk monetisasi token tersebut. 

Gamer akan dapat mentransfer koin game yang diperoleh dengan susah payah ke dalam Tap Coins yang memberi mereka akses ke pasar pertukaran mata uang. Di satu sisi, TTT menyediakan platform insentif bagi para gamer untuk mendapatkan hadiah karena memainkan game favorit mereka.

Ekosistem Tap Project terdiri dari Game Developers, Gamer, Cryptocurrency Exchanges, dan Tap Project Network. Hubungan inti dalam ekosistem ada antara TTT dan Pengembang Game. Dengan membentuk kemitraan dengan Pengembang Game, kerangka kerja monetisasi berbasis blockchain dapat dibuat.

Tap Project percaya pengembang Game memiliki banyak keuntungan dengan bermitra dengan mereka. Pertama, Pengembang Game ini akan meningkatkan eksposur untuk judul mereka. Ini adalah sesuatu yang sangat hilang di pasar karena banyak yang tidak memiliki dana untuk melaksanakan kampanye iklan yang ketat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini