Sukses

Coinbase Kantongi Persetujuan untuk Perdagangan Berjangka Kripto

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Coinbase, sekitar 75 persen volume perdagangan kripto global terdiri dari perdagangan berjangka

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan Coinbase akan segera dapat mengakses fitur future atau berjangka melalui penawaran Coinbase Financial Markets dari bursa.

Coinbase kini telah memperoleh persetujuan untuk menghadirkan perdagangan berjangka kripto yang diatur secara federal kepada pelanggannya.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Selasa (22/8/2023), persetujuan ini menjadikan Coinbase sebagai platform perdagangan cryptocurrency murni pertama yang dapat menawarkan produk semacam itu. 

Bitcoin berjangka sudah tersedia melalui Chicago Mercantile Exchange (CME) dan CBOE Digital, bagian dari Chicago Board Options Exchange (CBOE), juga menerima anggukan untuk meluncurkan bitcoin dan eter berjangka leverage pada Juni.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Coinbase, sekitar 75 persen volume perdagangan kripto global terdiri dari perdagangan berjangka, oleh karena itu persetujuan dari National Futures Association (NFA) dipandang sebagai tonggak penting.

Saham Coinbase sempat naik sekitar 1 persen setelah pengumuman ini. Namun, mereka turun sekitar tengah hari dan turun sekitar 1 persen. Klien institusional Coinbase juga dapat memperdagangkan kripto berjangka di platform namun, persetujuan peraturan terbaru ini akan membuka masa depan bagi pelanggan Coinbase AS lainnya yang memenuhi syarat.

Persetujuan Coinbase untuk perdagangan berjangka datang di tengah pertarungan hukum bursa dengan SEC. Sejumlah perusahaan kripto yang berbeda, termasuk Binance dan Coinbase, mendapat kecaman dari SEC tahun ini karena menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

CEO Coinbase Brian Armstrong telah secara terbuka membagikan keyakinannya bahwa iklim peraturan seputar kripto di AS dapat mendorong industri ke negara lain.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertukaran Kripto Coinbase Rugi Rp 1,4 Triliun

Sebelumnya, pendapatan perdagangan kripto Coinbase turun pada kuartal kedua karena regulator meningkatkan tekanan hukum pada pertukaran cryptocurrency terbesar di AS ini, yang menyebabkan kerugian bersih yang melebar dari kuartal pertama.

Perlambatan dalam penghasil uang utama untuk Coinbase (COIN) terjadi ketika pertukaran tersebut berhadapan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), yang menggugat pertukaran tersebut pada Juni. 

Biaya yang diperoleh dari pelanggan yang memperdagangkan kripto di platform Coinbase turun 13 persen dari kuartal terakhir dan 50 persen dari tahun lalu menjadi USD 327 juta atau setara Rp 4,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.168 per dolar AS), penjualan terendah sejak akhir tahun lalu.

Itu menyebabkan kerugian bersih USD 97 juta atau setara Rp 1,4 triliun, sedikit lebih tinggi dari kuartal pertama. Itu masih lebih baik dari yang diharapkan dan jauh lebih kecil dari miliaran dolar yang terjadi di bursa selama kuartal kedua yang sulit tahun lalu. 

Perusahaan mengatakan telah menurunkan biaya sebesar 50 persen sejak tahun lalu, termasuk melepaskan 30 persen staf selama setahun terakhir.

"Beberapa kuartal terakhir ini sama-sama menantang dan menyegarkan," kata Coinbase mengatakan kepada para pemegang saham, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (4/8/2023)

Penurunan perdagangan Coinbase terjadi selama periode tiga bulan aktivitas rendah dan ketidakpastian peraturan AS yang meningkat. Namun, tindakan hukum dari SEC tersebut sampai saat ini tidak merugikan kinerja saham Coinbase.

SEC menuduh perusahaan mengoperasikan pertukaran yang tidak terdaftar, dealer broker, dan agen kliring dengan menawarkan token kripto tertentu yang diklaim agensi sebagai sekuritas. 

 

3 dari 3 halaman

Coinbase Batasi Fitur Staking Kripto untuk Investor Ritel di 4 Negara Bagian

Sebelumnya, pelanggan ritel pertukaran kripto Coinbase di California, New Jersey, South Carolina, dan Wisconsin tidak akan dapat menikmati program staking terkait regulasi. 

Coinbase mengatakan pada Jumat, 14 Juli 2023 dalam sebuah posting blog, investor harus menunggu proses yang dimulai negara bagian bulan lalu karena menentang layanan tersebut.

“Cryptocurrency apa pun yang telah dipertaruhkan oleh pengguna di negara bagian tersebut sebelum perintah dikeluarkan pada 6 Juni tidak terpengaruh,”  kata Coinbase dikutip dari Channel News Asia, Senin (17/7/2023).

Sepuluh negara bagian menuduh Coinbase pada Juni melanggar undang-undang sekuritas negara melalui program pertaruhannya, yang memungkinkan pemegang mata uang kripto mengunci aset tertentu untuk jangka waktu tertentu dengan imbalan hasil.

Coinbase bulan lalu juga tengah menghadapi tuntutan dari Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) karena dianggap telah melanggar peraturan sekuritas. 

CEO Coinbase, Brian Amstrong mengatakan mengenai keluhan SEC terhadap Coinbase, dirinya bangga Coinbase mewakili industri di pengadilan untuk akhirnya mendapatkan kejelasan seputar aturan kripto. 

Eksekutif Coinbase itu melanjutkan untuk menguraikan sejumlah faktor yang mempengaruhi dugaan pelanggaran hukum sekuritas pertukarannya. Coinbase juga menyatakan pada Maret, setelah menerima pemberitahuan Wells dari SEC, ia mencoba mendaftar ke regulator tetapi pengawas sekuritas tidak akan membiarkan perusahaan kripto masuk dan mendaftar.

Armstrong menunjukkan di Twitternya SEC dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) telah membuat pernyataan yang bertentangan, dan bahkan tidak menyetujui apa itu sekuritas dan apa itu komoditas. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini