Sukses

Raksasa Game Bandai Namco Meluncurkan Game AI Berbasis NFT

Sebelum rilis, 10.000 telur NFT digital atau yang disebut MARYU dikirimkan ke pemegang NFT seri pertama

Liputan6.com, Jakarta Perusahan pembuat video game besar Bandai Namco telah bekerja sama dengan Oasys, jaringan blockchain yang berpusat pada game, untuk membuat game hewan peliharaan virtual bertenaga AI berbasis NFT yang dikenal sebagai RYU.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (8/8/2023), dikembangkan oleh Bandai Namco Research bersama Attructure startup Jepang, dan diterbitkan oleh Double Jump.Tokyo, game RYUZO diluncurkan pada Rabu, 4 Agustus 2023. 

Sebelum rilis, 10.000 telur NFT digital atau yang disebut MARYU dikirimkan ke pemegang NFT seri pertama Oasys dalam proyek "Oasyx". Setelah menetas, RYU kemudian akan berubah menjadi token, sejenis token yang dikunci ke dompet aslinya dan tidak dapat ditransfer atau dijual. 

Mirip dengan pendekatan game hewan peliharaan virtual Tamagotchi klasik, RYU akan mengembangkan kepribadian dan membuka berbagai kemampuan berdasarkan keterlibatan pengguna. 

Menurut Oasys, makhluk itu mempelajari kemampuan baru berkat kecerdasan buatan, memberikan pengalaman hewan peliharaan virtual yang berpotensi lebih maju daripada upaya sebelumnya.

Oasys juga menjanjikan sejumlah kolaborasi dengan proyek game terkenal" bersamaan dengan rilis NFT lebih lanjut. Yang pertama adalah acara crossover dengan game blockchain Brave Frontier Heroes, yang dikembangkan oleh Double Jump Tokyo.

Bandai Namco adalah salah satu penerbit game tradisional paling terkenal, dibuat dari penggabungan studio game klasik Namco dan perusahaan mainan dan hiburan Bandai pada 2005. 

Penerbit merilis game role-playing aksi sukses besar Elden Ring tahun lalu, dan berada di belakang waralaba ikonik seperti Pac-Man, Soulcalibur, dan Tekken.

RYUZO dikembangkan bersama oleh divisi Riset Bandai Namco perusahaan, yang didirikan oleh Hajime Nakatani, sebelumnya direktur game dan pengawas studio yang mengerjakan serangkaian video game untuk penerbit. Nakatani mengawasi pembuatan proyek Oasys NFT ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Avatar Elvis Presley Siap Ramaikan Metaverse Lewat The Sandbox

Gim metaverse Ethereum, The Sandbox, telah mengkonfirmasi tanggal rilis untuk serangkaian avatar Elvis Presley NFT berlisensi resmi yang dirancang untuk merayakan warisan lama mendiang musisi tersebut.

Masing-masing dari 3.000 avatar akan menyertakan serangkaian emosi unik yang terinspirasi oleh pakaian dan gaya rambut yang sudah dikenal dari karier bersejarah Presley, serta gerakan tarian khasnya.

Avatar berbasis NFT yang dibangun di jaringan penskalaan Ethereum Polygon itu, akan dapat dimainkan sepenuhnya di semua fitur multiplayer Sandbox, dan juga bisa membuka fitur dan konten lain yang akan datang di Metaverse.

Melansir Decrypt, Minggu (6/8/2023), penjualan untuk umum akan dimulai pada 9 Agustus, 24 jam setelah pembelian khusus untuk pemilik lahan di Metaverse berbasis NFT Sandbox dan koleksi avatar tertentu, serta mereka yang mendaftar terlebih dahulu.

Semua avatar Elvis akan terungkap pada 11 Agustus. Avatar akan dibagi menjadi empat tingkat kelangkaan dan masing-masing akan berharga 100 SAND, yang kira-kira USD 41 pada saat penulisan ini.

Nantinya, pemegang avatar juga akan memiliki hak tata kelola dan suara untuk Elvis Legacy Council Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang akan membantu memutuskan langkah selanjutnya seputar ekspansi digital Presley.

Perilisan avatar Elvis bertepatan dengan perayaan digital “The King of Rock and Roll” yang akan digelar selama seminggu, dimulai pada 9 Agustus. Para penggemar akan dapat menonton konser secara langsung, kompetisi penghargaan dan diskusi panel, serta tur digital di Graceland, rumah ikonik Presley.

3 dari 4 halaman

Royalti Seniman NFT Menurun, Ini Penyebabnya

Ketegangan antara pedagang dan seniman atau kreator koleksi digital semakin dalam di tengah kemerosotan yang menyakitkan di pasar Non Fungible Token (NFT). 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (8/8/2023), gesekan ini berasal dari pergerakan bursa NFT teratas Blur dan OpenSea untuk memangkas tarif royalti yang dibayarkan kepada seniman ketika kepemilikan token berubah, dengan harapan biaya yang lebih rendah akan mengangkat tingkat pembelian dan penjualan yang tertekan.

Adanya aturan pemotongan royalti untuk seniman NFT memperparah pendapatan kreator karena volume perdagangan NFT telah turun 95 persen dari USD 17 miliar atau setara Rp 257,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.152 per dolar AS) pada Januari 2022. 

Royalti mencapai puncaknya bulan itu di USD 269 juta atau setara Rp 4 triliun tetapi hanya USD 4,3 juta atau setara Rp 65,1 miliar di Juli tahun ini karena tarif yang dibayarkan turun menjadi 0,6 persen per transaksi dari sebanyak 5 persen. 

Sektor ini kemudian terguncang oleh peluncuran Oktober Blur, sebuah platform yang memberi insentif perdagangan sebagian dengan memangkas tarif royalti dan yang sekarang menguasai lebih dari 70 persen volume harian pada blockchain Ethereum. Strategi Blur memberi tekanan pada pasar yang direbutnya, OpenSea, untuk mengikutinya.

 

4 dari 4 halaman

Masa Depan NFT

Akibat adanya pemotongan royalti untuk seniman NFT sekarang banyak pihak menanyakan bagaimana masa depan dari NFT. Skeptis melihat popularitas koleksi digital sebelumnya sebagai iseng-iseng. 

Namun seniman seperti Michael Winkelmann lebih dikenal sebagai Beeple dengan koleksi Everydays NFT-nya yang menghasilkan USD 69,3 juta atau setara Rp 1 triliun pada 2021 berpendapat sektor ini akan kembali tumbuh.

Beberapa berpendapat tarif royalti harus dikodekan dalam perangkat lunak yang mengatur NFT daripada menjadi variabel yang dapat disesuaikan oleh pertukaran. Yang lain menggembar-gemborkan pasar seperti SuperRare dan Art Blocks yang memberlakukan pembayaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Bandai Namco

Video Terkini