Sukses

Ini Dia Foundation NFT, Galeri dan Marketplace Seni Digital

Foundation hanya mengundang beberapa seniman NFT baru untuk membuat aset digital

Liputan6.com, Jakarta Didirikan pada 2020, Foundation NFT adalah pasar Decentralized Finance (DeFi) NFT yang menjadi kurator seni digital murni. Beroperasi lebih seperti galeri seni, perusahaan secara khusus memilih artis atau seniman mana yang mereka pilih untuk mengisi platform mereka.

Dilansir dari situs nftclub, Rabu (28/6/2023), Foundation hanya mengundang beberapa seniman NFT baru untuk membuat aset digital untuk mereka setiap bulan. Artis terkenal yang bekerja dengan Foundation termasuk Pak, Kevin Roose, dan Jack Butcher.

Cara Kerja Platform Foundation NFT

Foundation beroperasi sebagai rumah lelang. Saat seorang seniman mencetak gambar, video, atau dunia virtual, mereka akan menetapkan harga cadangan untuk aset tersebut. 

Setelah calon pembeli menawar harga minimum atau lebih untuk barang tersebut, maka secara otomatis akan ditempatkan dalam lelang 24 jam. Jika tawaran dibuat dalam 15 menit terakhir, pengatur waktu akan disetel ulang menjadi 15 menit tanpa batas waktu hingga tidak ada tawaran lagi yang dibuat.

Seniman Tertentu yang Bisa Menjual Karya di Foundation NFT

Untuk menjual seni kripto mereka sendiri di platform Foundation, seniman perlu diundang oleh pemilik saat ini di platform. Banyak orang mengisi formulir undangan di situs web dengan harapan akan dipilih berikutnya.

Mirip dengan pasar NFT bergaya galeri lainnya (seperti SuperRare dan KnownOrigin), Foundation mengambil komisi 15 persen untuk semua penjualan utama di platform. Mereka juga melacak kontrak pintar di blockchain Ethereum untuk memastikan bahwa artis akan menerima royalti 10 persen untuk semua penjualan sekunder.

Perbedaan Dengan Pasar NFT OpenSea

Banyak orang mungkin lebih mengenal OpenSea sebagai salah satu platform penjualan NFT terbesar di dunia, tetapi nyatanya ada beberapa perbedaan antara Foundation dan OpenSea.

OpenSea menawarkan inventaris lebih dari 34 juta NFT yang dapat dibeli, dijual, atau diperdagangkan. Mereka memiliki komunitas besar pendukung setia yang mulai mengikuti mereka di server Discord akar rumput pada tahun 2017.

Sedangkan Foundation mengembangkan platform yang lebih mirip dengan galeri seni atau rumah lelang (seperti Christie's, Nifty Gateway, MakersPlace, atau SuperRare). Karya seni yang mereka tampilkan unik untuk platform. 

Seniman hanya dapat menemukan jalan mereka ke platform melalui undangan, sehingga menciptakan suasana yang lebih eksklusif. Berbeda dengan OpenSea setiap kreator NFT dapat menjual karya mereka di OpenSea.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.