Sukses

Mantan Pejabat Sebut Gerakan “Provokatif” Binance terhadap SEC Dapat Percepat Tuntutan Pidana

Mantan pejabat US Securities and Exchange Commission (SEC) John Reed Stark memberikan pandangan tentang konsekuensi potensial dari mosi Binance baru-baru ini terhadap regulator.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pejabat US Securities and Exchange Commission (SEC) John Reed Stark memberikan pandangan tentang konsekuensi potensial dari mosi Binance baru-baru ini terhadap regulator.

Dikutip dari Bitcoin News, ditulis Minggu (25/6/2023), Ia menyatakan, mosi Binance itu dapat mempercepat proses pengajuan tuntutan pidana terhadap Binance.  

Dalam cuitan, mantan pejabat SEC itu menjelaskan kalau Binance mengajukan mosi meminta hakim yang mengawasi kasus penegakan Binance untuk mencegah pengacara SEC membuat pernyataan public yang menyatakan Binance dan CEO Changpeng Zhao (CZ) telah salah menangani aset pelanggan yang berbasis di Amerika Serikat.

Pertukaran kripto klaim kalau regulator sekuritas belum memberikan bukti dugaan percampuran. Stark menilai, pengawas secara terbuka menyatakan Binance telah salah menangani aset pelanggan berisiko pengaruhi juri. “Pendapat saya adalah Binance akan menyesal pernah mengajukan mosi ini,” tutur dia.

Sambil mengakui manfaat potensial dari proposal Binance, termasuk kemungkinan mendorong SEC untuk lebih berhati-hati dan menahan diri dalam pernyataannya mengenai kripto global.

"Menggunakan litigasi sebagai ruang pemasaran tidak pernah direkomendasikan Ketika ada dakwaan pidana yang sedang dipertimbangkan atau sudah diajukan di bawah kesepakatan, IMHO, persis situasinya dengan Binance,” ujar dia.

Ia menilai, langkah Binance bersifat provokatif dan seruan pertempuran etika Binance yang antagonis, sombong, menuduh yang dapat mengobarkan “api” terkait penuntutan pidana soal Binance.

“Telah dilaporkan secara luas Binance dan Zhao sedang diselidiki oleh otoritas di Amerika Serikat,” kata dia.

Ia menemakan, pernyataan semacam ini dalam permohonan SEC tidak biasa dan jarang. Ia mencatat biasanya SEC diam tentang penyelidikan kriminal paralel apapun, terutama dalam pembelaan dan pernyataan publiknya,” tutur dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Gandeng Kejaksaan

Stark percaya dengan menyebutkan penyelidikan kriminal, SEC jelas bekerja sama dengan jaksa penuntut kriminal dan agen FBI, serta menyimpulkan tindakan kriminal dapat segera terjadi.

Sekali lagi ia menegaskan, dengan menuduh staf SEC melakukan pelanggaran etika dan membuat pernyataan menyesatkan tentang dugaan penipuan dan manipulasi pasar Binance, Binance telah menantang otoritas untuk membuktikan kesalahan Binance.

“Ini bukan hal bagus untuk perusahaan yang sudah terjerat dalam bidikan kejaksaaan dan multi segi,” ujar dia.

Selain itu, ia menuturkan, Binance juga sedang diselidiki oleh penyelidik Prancs atas dugaan pencucian uang. Awal bulan ini, Stark mendesak investor untuk keluar dari platform kripto dan memperingatkan kalau platform kripto di bawah pengepungan peraturan yang baru saja dimulai.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Mantan Pejabat SEC Sebut Platform Perdagangan Kripto Berbahaya dan TIdak Aman

Sebelumnya, pendiri dan mantan kepala Kantor Penegakan Internet Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), John Reed Stark baru-baru ini mengeluarkan pendapatnya mengenai tindakan hukum lembaga tersebut terhadap Coinbase dan Binance, dua bursa mata uang kripto.

Stark, yang telah lebih dari 19 tahun bekerja sama dengan SEC, menyatakan ini mungkin menjadi awal dari “pengepungan” peraturan cryptocurrency yang dapat menjangkau perusahaan lain di industri ini.

“Keluar dari platform kripto sekarang, saya tidak bisa mengatakannya dengan lebih jelas. Saya percaya kita sekarang tahu pasti platform perdagangan kripto berada di bawah pengepungan peraturan atau penegakan hukum AS yang baru saja dimulai,” kata Stark, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut, Stark mengklarifikasi, dalam pandangannya, platform perdagangan kripto “berisiko tinggi, berbahaya, dan pada dasarnya tidak aman,” menyatakan SEC berada di jalur yang benar dengan tindakan penegakannya.

Kurangnya Pendaftaran SEC

Stark membahas bagaimana kurangnya pendaftaran pertukaran ini dengan SEC membatasi kapasitas organisasi untuk melindungi investor kripto. Kurangnya pendaftaran ini memungkinkan pasar kripto beroperasi tanpa banyak pengawasan.

“Dengan platform perdagangan kripto, SEC tidak memiliki pengawasan dan akses apa pun dan memiliki sedikit kemampuan untuk mendeteksi, menyelidiki, dan mencegah perilaku penipuan,” ujar Stark.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Kritik untuk SEC

Coinbase dan Binance telah ditugaskan untuk mengoperasikan platform perdagangan yang tidak terdaftar; namun, CEO Coinbase Brian Armstrong mengeluarkan jawaban atas gugatan SEC, menyangkal perusahaan dapat mendaftarkan aktivitasnya setelah melakukan banyak percakapan dengan organisasi tersebut. 

Dengan cara yang sama, anggota parlemen juga mengkritik sikap SEC tentang masalah ini, menuduhnya gagal dalam industri cryptocurrency. 

Senator Cynthia Lummis menyatakan SEC gagal menyediakan jalur bagi pertukaran aset digital untuk mendaftar, dan tidak memberikan panduan hukum yang memadai tentang apa yang membedakan sekuritas dari komoditas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.